PENGERTIAN & CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK

Verifikasi dan Validasi (verval) Nomor Ponsel Peserta Didik (Siswa) digunakan untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet. pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Dalam Menindaklanjuti surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor 8202/C/PD/2020 tentang Program Pemberian Kuota Internet Bagi Peserta Didik serta menunjang pelaksanaan implementasi SKB 4 Menteri Tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), Kemendikbud akan memberikan bantuan kuota bagi seluruh peserta didik yang belum mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) atau Program Indonesia Pintar (PIP) dari pemerintah. lalu apa itu Verifikasi dan Validasi dan bagaimana cara verval Nomor Ponsel Peserta Didik (Siswa) digunakan untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet. berikut penjelasan untuk panduan tersebut di pengertianartidefinisidari.blogspot.com

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Baca:



VERIFIKASI

Verifikasi adalah sebuah metode bermaksud untuk membuktikan bahwa Nomor Ponsel Peserta Didik baik Siswa dan guru yang digunakan benar adanya sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet atau secara singkat bahwa metode tersebut memiliki hasil yang valid.


VALIDASI

Validasi adalah suatu tindakan pembuktian, artinya validasi merupakan suatu pekerjaan “dokumentasi”. Tata cara atau metode pembuktian tersebut harus dengan “cara yang sesuai”, artinya proses pembuktian tersebut ada tata cara atau metodenya, sesuai dengan prosedur yang tercantum dalam buku panduan Verifikasi dan Validasi (verval) Nomor Ponsel Peserta Didik tahun ajaran 2020/2021 dari kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud)


PENGERTIAN VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK

Menurut ahli bahasa Kemendikbud dalam surat edaran buku verval ponsel sekolah, Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik digunakan untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet. Kebenaran nomor ponsel peserta didik perlu dipastikan oleh Kepala Sekolah sehingga bantuan kuota internet dapat dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan pada masa pandemi COVID-19.


Meskipun Satuan Pendidikan melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel peserta didik dengan Data awal nomor ponsel peserta didik diambil dari cut off Dapodik 11 September 2020, namun Pusat Data dan Informasi Kemendikbud atau Pusdatin akan melakukan validasi nomor ponsel peserta didik.


CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI (VERVAL) NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK SISWA

1.

Silahkan akses laman vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel



2.

Klik login, masukan Username dan Password Verval PD (Peserta Didik)



3.

Silahkan Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik, dan Ingat yang bisa divalidasi adalah siswa yang tidak menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP)



4.

Silahkan lakukan Validasi dengan cara Klik tanda pensil kemudian akan muncul Verval Nomor Ponsel Peserta Didik, jangan lupa simpan jika sudah melakukan Verifikasi.

Lakukan panduan Verval Nomor Ponsel Peserta Didik selanjutnya dengan cara

5.

Terakhir apabila sudah selesai jangan lupa buat SPTJM dengan cara Klik SPTJM.




KESIMPULAN VERIFIKASI DAN VALIDASI NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK - PENGERTIAN BERESTA CARA

Verifikasi dan Validasi Nomor Ponsel Peserta Didik dapat diakses melalui laman vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/vervalponsel/


Berdasarkan Nomor ponsel peserta didik yang diisikan pada aplikasi Dapodik, maka Sistem melakukan identifikasi Provider nomor ponsel berdasarkan nomor ponsel yang diisikan pada aplikasi Dapodik (data Pokok pendidikan).


Dapodik digunakan untuk menjaring semua data terkait data kelembagaan dan kurikulum sekolah, data siswa, data guru dan karyawan, serta data sarana dan prasarana setiap sekolah di seluruh Indonesia bahkan hingga sekolah-sekolah Indonesia yang berada di luar negeri termasuk didalamnya adalah Nomor Ponsel (Hp) Siswa untuk Bantuan Kuota Internet. Demikian pengertianartidefinisidari.blogspot.com Validasi dan Verifikasi (verval) Nomor Ponsel Peserta Didik (Siswa) digunakan untuk memastikan kebenaran no hp murid, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PENGERTIAN & CARA VERIFIKASI DAN VALIDASI NOMOR PONSEL PESERTA DIDIK"