APA ITU KAIZEN DAN MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN

pengertianartidefinisidari.blogspot.com - KAIZEN merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang yaitu kai memiliki arti perubahan dan zen adalah baik. Jika dapat diartikan secara bahwa Kaizen adalah perubahan kepada arah lebih baik. Kaizen banyak diterapkan untuk meningkatkan perkembangan bisnis karena telah terbukti bermanfaat di banyak perusahaan.


Pengertian kaizen adalah usaha perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan para ahli industri telah banyak melakukan penelitian tentang aktivitas ini yang kemudian dikembangkan di Amerika.


Banyak orang mungkin telah mendengar istilah kaizen, akan tetapi tidak sedikit juga yang bertanya apa itu kaizen dan mengapa diterapkan?. Pada ulasan kami kali ini sengaja kami bahas tentang arti dari Kaizen serta manfaatnya bagi perusahaan.


Kaizen - Continuous Improvement

Kaizen adalah filosofi yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan (continuous improvement) dalam bisnis. Contoh penerapan kaizen bermula dari seorang ahli survey AS bernama Dr. W. Edward Deming , beliau mencoba membantu negara Jepang untuk pembangunan kembali ekonomi Jepang, terutama negara tersebut sangat di kenal perusahaan otomotif.


Siring perkembangannya sejarah teori kaizen mulai dari fenomena pertumbuhan ekonomi jepang pasca PD II hingga kini, yang kemudian diulas oleh Masaaki Imai dalam bukunya “Kaizen : the key to Japan’s competitive success” (1986).
Kaizen merupakan aktivitas secara terus menerus dan mengatakan kepada kita untuk  tetap sadar dan membuat beratus-ratus ribu peningkatan kecil, maka dimungkinkan untuk menghasilkan barang dan jasa yang mutunya otentik sehingga memuaskan pelanggan. Cara paling mudah mencapainya adalah dengan keikutsertaan, motivasi dan peningkatan terus menerus dari masing-masing dan semua karyawan dalam organisasi. Keikutsertaan staf tergantung pada komitmen manajemen senior, strategi yang jelas dan ketabahan – karena kaizen bukan jalan pintas melainkan proses yang berjalan secara terus menerus untuk menciptakan hasil yang diinginkan. (Cane, 1998:265)
Dari kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kaizen di perusahaan baik itu otomatif maupun lainnya harus tetap mengutamakan keikutsertaan seluruh karyawan dari berbagai level dengan diikuti serta didorong melalui komitment perusahaan melalui strategi visi dan misinya.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Tujuan kaizen adalah untuk mengeliminasi pemborosan baik itu mura, muri yang menyebabkan muda dan penerapan dari kaizen ini harus dilakukan dengan memiliki fungsi continuous improvement, akan aktivitas kaizen ini dimulai dari perbaikan dalam scoop kecil terlebih dahulu.


Manfaat Penerapan Kaizen Di Perusahaan

Kunci keunggulan perusahaan jepang yaitu sangat unggul dalam persaingan salah satu kemampuannya adalah menghilangkan pemborosan dan menghindari berbagai kesulitan, dari situ dapat dilihat manfaat yang diperoleh dalam penerapan teori Kaizen yaitu:
  • Setiap karyawan akan mampu menemukan masalah dengan cepat.
  • Setiap karyawan akan memberikan perhatian dan penekanan pada tahap perencanaan.
  • Mendukung cara berfikir yang berorientasi proses.
  • Setiap karyawan berkonsentrasi pada masalah-masalah yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan.
  • Setiap karyawan akan berpartisipasi dalam membangun sistem yang baru.
Cara membuat aktivitas kaizen di perusahaan tidak semudah dari teori yang di dapat, akan tetapi kaizen akan berjalan dengan baik apabila adanya dukungan penuh dari top level, contoh kaizen seperti kaizen event, kaizen daily dengan 5S sebagai landasan dasar melakukan perbaikan secara terus menerus.


Perusahaan yang menerapkan aktivitas kaizen tentunya memiliki pondasi yang sangat kuat berupa pengetahuan perbaikan dan keinginan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan mulai dari top level (management level), contoh penerapan kaizen di perusahaan dapat dilihat dari aktivitas perbaikan di tempat kerja (work station).

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Prinsip-prinsip kaizen dalam peningkatan produktivitas akan terfokus kepada kaizen yang memiliki landasan dasar seperti yang disebutkan diatas, seperti perbaikan proses dilakukan dengan menggunakan metodologi ilmiah seperti PDCA Cycle, DMAIC serta analisis dengan menggunakan pareto, 5 why analysis, cause effect (fish-bone) dan lain sebagainya. Demikian artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!

Post a Comment for "APA ITU KAIZEN DAN MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN"