APA ITU 5S BESERTA PENERAPANNYA DI PERUSAHAAN

Apakah itu 5S pengertianartidefinisidari.blogspot.com - 5S adalah suatu metode sistematik housekeeping, terdiri dari lima istilah kata bahasa Jepang berawalan huruf "S" yaitu: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke. Sistem ini umumnya digunakan sebagai manajemen sistem pemeliharaan, ketertiban, efisiensi, serta disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatan kinerja organisasi secara menyeluruh.


Penerapan 5S Sekarang dikenal dengan 6S dengan penambahan Safety umumnya menjadi konsep dasar Kaizen, TPM (Total Productive Maintenance), dalam pengertian implemantasi Toyota Production System.


Selain 5S adalah sebuah metode, 5S juga memiliki fungsi beriringan dengan visual management seperti visual control juga visual display. Fungsi 5S berdasarkan visual tersebut akan menjadi prinsip dalam melakukan Kaizen.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Tahap-tahap 5S

Ada lima 5S tahap atau urutan, jika diartikan dalam bahasa Inggris "sort", "set in order", "shine", "standardize", and "sustain" akan tetapi di Indonesia dikenal dengan 5R "Ringkas", "Rapi",  "Resik", "Rawat"dan "Rajin".

整理 (seiri) - Short -  Ringkas. Ringkas yaitu aktivitas menyingkirkan semua barang yang tidak diperlukan. Intinya di area kerja hanya terdapat sesuatu yang diperlukan atau dibutuhkan.


整頓 (seiton) - Set in order - Rapi. Rapi maksudnya segala sesuatu harus diletakkan sesuai posisi yang ditetapkan sehingga siap digunakan pada saat dibutuhkan.


清楚 (seiso) - Shine - Resik. Resik yaitu kegiatan membersihkan peralatan dan daerah kerja sehingga segala peralatan kerja tetap terjaga dalam kondisi yang baik.


清潔 (seiketsu) - standardize - Rawat. Maksud Rawat yaitu kegiatan menjaga kebersihan pribadi sekaligus mematuhi ketiga tahap sebelumnya.


躾け (shitsuke) - sustain - Rajin. Maksud Rajin yaitu pemeliharaan kedisiplinan pribadi masing-masing pekerja dalam menjalankan seluruh tahap 5S.


Penerapan 5S

Penerapan metode 5S dalam lean telah meluas diterapkan pada perusahaan bukan hanya industri pabrik / manufaktur akan tetapi juga penerapannya sudah dilakukan oleh Rumah sakit, pendidikan, bahkan pemerintah. Contoh penerapan 5S di Toyota telah menjadi inspirasi bagi pengusaha yang akhirnya metode ini di contoh berbagai kalangan.


5S dalam Kaizen

Kaizen adalah aktivitas perbaikan menuju ke arah lebih baik. Dalam melakukan aktivitas Kaizen sangat perlu dimulai dari implemantasi 5S. Dengan begitu akan memudahkan tim kaizen ketika mengidentifikasi masalah, apalagi kaizen 5S dapat digunakan sebagai salahsatu cara untuk mengajak semua karyawan dari berbagai level agar mempromosikan proses perbaikan di area kerja masing-masing. Demikian artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!

Post a Comment for "APA ITU 5S BESERTA PENERAPANNYA DI PERUSAHAAN"