MAKNA HARI TRI SUCI WAISAK 2566 BE/ 2022 - PENGERTIAN KATA BE DALAM KALENDER BUDDHA

pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Apa Yang dimaksud dengan Hari Raya Waisak atau Waisaka (Pali; Sanskrit: Vaiśākha वैशाख) adalah merupakan hari suci agama Buddha. Waisak adalah Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu; kelahiran, penerangan Agung, serta wafatnya Buddha Gautama parinibbana.


Tahun 2022, umat Buddha merayakan Hari Raya Suci Waisak 2566 BE. Dulu saya bingung sebenarnya apa arti BE yang terdapat dalam tulisan Waisak?


Mungkin juga ada beberapa orang memiliki pertanyaan sama, karena belum memahami tujuan maupun sejarah waisak sehingga kita kurang dapat mengambil makna dari perayaan waisak tersebut. Sebelum gema detik2 waisak dilaksanakan oleh teman ada baiknya ketahui terlebih dahulu tentang ucapan kata waisak sebagai gambaran pesan juga cara menghormati serta toleransi umat beragama di Indonesia.


Sesuai tema tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com ini terkait dengan makna hari raya tri suci Waisak 2566 BE/ 2022 mengenai pengertian kata BE Dalam Kalender Buddha, silahkan simak ya.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/





SEJARAH SINGKAT WAISAK

Di kutip dari wikipedia tentang sejarah waisak. Bahwa Hari Waisak juga dikenal dengan nama Visakah Puja atau Buddha Purnima di India, Saga Dawa di Tibet, Vesak di Malaysia, dan Singapura, Visakha Bucha di Thailand, dan Vesak di Sri Lanka. Nama ini diambil dari bahasa Pali "Wesakha", yang pada gilirannya juga terkait dengan "Waishakha" dari bahasa Sanskerta. Di beberapa tempat disebut juga sebagai "hari Buddha".


Dirayakan dalam bulan Mei pada waktu terang bulan (purnama sidhi) untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu :
  1. Lahirnya Pangeran Siddharta di Taman Lumbini pada tahun 623 S.M.,
  2. Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha di Buddha-Gaya (Bodh Gaya) pada usia 35 tahun pada tahun 588 S.M.
  3. Buddha Gautama parinibbana (wafat) di Kusinara pada usia 80 tahun pada tahun 543 S.M.


Tiga peristiwa ini dinamakan "Trisuci Waisak". Keputusan merayakan Trisuci ini dinyatakan dalam Konferensi Persaudaraan Buddhis Sedunia (World Fellowship of Buddhists - WFB) yang pertama di Sri Lanka pada tahun 1950. Perayaan ini dilakukan pada purnama pertama di bulan Mei.


Waisak sendiri adalah nama salah satu bulan dalam penanggalan India Kuno.


Sekarang artinya hari waisak 2022 akan berada pada 2566 BE. Disinilah detik-detik toleransi antar umat beragama di Indonesia akan terlihat. Biasanya untuk mencapai tujuan perayaan hari waisak tentu saja banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara merayakan hari raya suci waisak tersebut. Jika mengacu dari sejarahnya pasti banyak pesan kedamaian didalamnya.


PENGERTIAN KATA BE DALAM KALENDER BUDDHA

BE singkatan Buddhist Era, dalam sistem kalender internasional dikenal singkatan BCE yang merupakan singkatan dari Before Christ Era atau SM (Sebelum Masehi). Sedangkan pada kalender Islam dikenal singkatan H yang merupakan singkatan dari Hijriah.


Buddhist Era (BE) menjadi dasar dimulainya kalender Buddha. Dimana perhitungan kalender Buddha dimulai dalam sejarah sejak sang Buddha wafat atau paranibbana pada usia 80 tahun. Tahun 1 BE (Buddhist Era) adalah pada tahun 544 SM, Apabila kita menghitungnya maka tahun 2022 merupakan tahun 2566 BE.


KATA UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN HARI WAISAK

Kumpulan Gambar kartu ucapan kata-kata "Selamat Merayakan Hari Raya Waisak 2020 Terbaru berikut bisa dikirim lewat pesan maupun update status FB, Twitter, DP BBM, Line, Path, caption IG, WhatsApp, dll. Pesan kata ucapan waisak dapat diberikan sebelum detik detik gema waisak atau pemukulan gong 3 kali dimulai untuk teman, maupun buat pacar baik dalam bahasa Inggris atau Indonesia.


Jadi apabila kamu memiliki sahabat, pacar, keluarga ataupun relasi jauh namun tidak dapat merayakan hari raya waisak, jangan berkecil hati. Silahkan memberi ucapan memperingati waisak ke mereka menggunakan media sosial seperti Status Facebook, DP WA, Line, Path, Caption Instagram berupa kata-kata atau kartu berlogo gambar stiker dengan tema memperingati dan merayakan Waisak.


Kata kata berupa gambar juga kartu ucapan selamat merayakan hari waisak 2020 dalam bahasa Inggris dengan artinya maupun Indonesia bisa kamu download.


1. Selamat Merayakan Hari Suci Waisak. Selamat Waisak


2. Selamat Damai Waisak untuk Anda dari pengertianartidefinisidari.blogspot.com. Bersinarlah bersama cahaya Waisak


3. Waisak adalah hari kemenangan
Kalahkan amarah dengan ketenangan dan keanggunan

Happy Vesak


4. Seorang pangeran lahir pada hari bulan purnama ini
Bunga-bunga bermunculan untuk menjadi begitu hebat
Jadi mari kita merayakannya

A happy Vesak day


5. Tema Waisak: Dalam damai dan tenang "semoga kita semua dapat menerima cahaya waisak"


6. Semoga ada mendapat kedamaian waisak. Selama Hari Buddha


7. Kata Ucapan Waisak dalam Bahasa Inggris dan artinya:

"wishing that the teachings of the buddha guide you and blesses you with peace - Happy Vesak Day


artinya:

"Semoga ajaran buddha membimbing Anda dan memberkati Anda dengan damai - selamat merayakan hari waisak"


8. Ucapan Waisak dalam bahasa inggris serta artinya:

Inggris:

May your life be full of blessings
on this day of enlightenment
wish you and Your family a happy vesak


Artinya:


Semoga hidup Anda penuh dengan berkah pada hari pencerahan ini,
Selamat hari Waisak untuk Anda dan keluarga



Itulah beberapa kata-kata ucapan untuk merayakan hari suci waisak 2020 dalam bahasa Indonesia maupn bahasa Inggris. Dimana ucapan waisak dalam bahasa Inggris dan artinya bisa digunakan sebagai update status FB, di jadikan gambar DP BBM, WhatsApp, Line, Path, juga caption IG dengan kata-kata berbahasa Inggris tersebut kemudian diberi logo gambar pada stiker dengan tema merayakan Waisak bersama pengertianartidefinisidari.blogspot.com.



GAMBAR KATA HARI RAYA WAISAK

Gambar-gambar kartu ucapan hari raya dengan logo waisak tahun 2566 BE/ 2022 ini merupakan yag terbaru. Adapun gambarnya:


1. Gema harapan hari-hari Waisak yang Meriah dan Damai untuk bertindak, berucap, berpikir baik memperkokoh keutuhan bangsa.

Gambar DP BBM tema Kata kata Ucapan Selamat Hari Waisak
Wallpaper Gambar DP BBM tema Kata kata Ucapan Selamat Hari Waisak


2. "Selamat Hari Waisak"

Hari Waisak 2018 | Gambar Kata Ucapan "Selamat Merayakan Hari Raya Waisak 2562 BE Terbaru


3. Hari Waisak 2022 Memaknai detik-detik Vesak

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


4. Kartu Ucapan Selamat Hari Raya Buddha

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


5. Stiker Tema Selamat Hari Waisak 2022

Gambar stiker harapan selamat hari buddha - logo waisak


6. Kata Mutiara Selamat Hari Raya Waisak

Gambar Kata Mutiara Selamat Hari Raya Waisak



Demikian sedikit ulasan mengenai makna hari raya Tri Suci Waisak 2566 BE/ 2022, pengertian kata BE dalam kalender Buddha juga gambar kata ucapan "Selamat Merayakan Hari Raya Waisak Terbaru semoga bermanfaat bagi pengunjung pengertianartidefinisidari.blogspot.com!.



Daftar disarikan dari: Wikipedia - https://id.wikipedia.org/wiki/Waisak

Post a Comment for "MAKNA HARI TRI SUCI WAISAK 2566 BE/ 2022 - PENGERTIAN KATA BE DALAM KALENDER BUDDHA"