APA ITU ENERGI DAN BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Pengertianartidefinisidari.blogspot.com -  Menurut pakar bahasa dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (contohnya; untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, contohnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga.


Banyak slogan kita temukan di jalan-jalan. Slogan dalam bentuk mengajak untuk menghemat energi. Menghemat sumber energi berarti menggunakan energi seperlunya saja sebab energi yang digunakan tidak dapat diperbarui. Oleh karenanya kita menghematnya.


Energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, bisa diubah bentuknya namun tak memungkinkan diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil berdasarkan jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter bersama gaya 1 newton.


Energi tidak bisa kita lihat tetapi dapat dirasakan. Seperti contoh energi listrik yang mengalir ke rumah penduduk. Tahukah kamu energi yang paling banyak digunakan oleh manusia adalah energi listrik. Hampir sebagian besar peralatan yang ada di rumah-rumah memanfaatkan energi listrik. Berbagai aktivitas manusia juga dapat ditunjang oleh energi listrik seperti cahaya.


Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Indonesia cukup banyak. Beberapa diantaranya:
  1. PLTA Karangkates di Jawa Timur
  2. PLTA Jatiluhur di Jawa Barat
  3. PLTA Gajah Mungkur di Jawa Tengah
  4. PLTA Sigura-gura di Sumatera Utara



APA ITU ENERGI DAN BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Beberapa usaha dilakukan untuk membuat pembangkit listrik yang lainnya. Misalnya; PLTU (singkatan dari kepanjangan: Pembangkit Listrik Tenaga Uap), PLTS (singkatan dari: Pembangkit Listrik Tenaga Surya), PLTG (Singkatan: Pembangkit Listrik Tenaga Gas bumi), dll. Setiap pembangkit ini membutuhkan biaya yang sangat besar dalam pembangunannya. Oleh karena itu, harus berhemat dalam menggunakan listrik.


Banyak pendapat para pakar atau ahli termasuk dalam fisika mempelajari serta mengemukakan tentang apa yang dimaksud dengan energi, cara dan macam-macam energi termasuk listrik serta bagaimana cara menghematnya dalam kehidupan sehari-hari, baik di kantor maupun rumah. Simak terus!!





PENGERTIAN ENERGI MENURUT PARA AHLI

Jika dilihat dari pendapat para ahli atau pakar secara umum dapat disimpulkan bahwa pengertian dari energi adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, bisa diubah bentuknya namun tak memungkinkan diciptakan maupun dimusnahkan. Singkatnya dalam mendefinisikan ini menurut beberapa para ahli dalam penjelasan mengenai pengertian energi dari sudut pandang para ahli yang berbeda:

1. Sumantoro (1993)

Menurut Sumantoro menyatakan bahwa pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan sebuah pekerjaan yang sifatnya mendorong / memindahkan sebuah benda atau objek.


2. Aip Saripudin (2009)

Menurut Saripudin, ia mengemukakan bahwa energi adalah kemampuan untuk melakukan urusan.


3. Abudullah Mikrajuddin (2007)

Menurut Mikrajuddin mengemukakan bahwa pengertian energi adalah kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan sebuah pekerjaan objek.


4. Robert L. Wolke (2004)

Sedangkan menurut pendapat Wolke apa yang dikatakan dengan arti energi adalah kemampuan untuk membuat sesuatu terjadi.


5. Heinz Frick dan Pujo L. Setiawan (2007)

Menurut kedua penulis juga pakar ini bahwa listrik merupakan energi yang dapat diubah menjadi energi lain, menghasilkan panas, cahaya, kimia, atau gerak (mekanik)


6. Abudullah Mikrajuddin (2007)


Masih kembali kepada pendapat Mikrajuddin bahwa ia mengemukakan listrik merupakan salah satu bentuk energi. Selain BBM, listrik telah menjadi bentuk energi terpenting bagi kehidupan kita


Baca:


CARA MENGEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Keberadaan listrik dirumah kita juga memerlukan biaya cukup tinggi. Berawal dari biaya pemasangan kemudian biaya pemakaian per bulannya. Maka semakin boros kita menggunakan energi listrik, maka akan semakin besar pula biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan energi listrik. Jadi sangat perlu menghematnya, Adapun caranya:
  1. Menggunakan lampu hemat energi
  2. Matikan lampu pada siang hari
  3. Nyalakan lampu saat diperlukan
  4. Matikan peralatin listrik saat tidak digunakan



KESEIMPULAN APA ITU ENERGI DAN BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Setelah kita mengetahui arti dari energi terutama apalagi panas cahaya berupa listrik, maka penting bagi setiap orang untuk menghematnya dalam kehidupan keseharian kita, baik di rumah ataupun di kantor, semoga dapat menyimpulkan tulisan Pengertianartidefinisidari.blogspot.com tentang kelistrikan diatas!



DAFTAR PUSTAKA

Frick, Heinz, Setiawan L. Pujo. 2007. Ilmu Konstruksi Bangunan I. Jurnal Online

Mikrajuddin, Abdullah. 2007. Fisika Dasar 1 Edisi Revisi. Bandung: ITB.

Robert L. Wolke, Prof. Kalo Einstein Lagi Cukuran Ngobrolin Apa Ya? (What Einstein Told His Barber – More Scientific Answer to Everyday Questions). PT Gramedia Pustaka Utama, Cetakan Keempat : Agustus 2004

Saripudin, Aip. 2009. Praktis Belajar Fisika 3 : untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumantoro. 1993. Masalah Pengaturan Alih Teknologi. Penerbit Alumni,. Bandung.

Frick, Heinz, Setiawan L. Pujo. 2007.Ilmu Konstruksi Bangunan I. Kanisius. Ching, D. K. Francis. 2008. Arsitektur, Bentuk, Ruang, dan Tatanan.

Post a Comment for "APA ITU ENERGI DAN BAGAIMANA CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI"