SUMBER DAYA ALAM: PENGERTIAN, JENIS DAN MANFAAT

Pengertian Definisi Arti : Sumber daya adalah sesuatu yang memiliki nilai guna. Sumber Daya Alam (SDA) adalah keseluruhan faktor fisik, kimia, biologi dan sosial yang membentuk lingkungan sekitar kita. Menurut para pakar bahasa dan ahli seperti dalam Suryanegara (1977) mengemukakan bahwa Sumberdaya Alam (disingkat: SDA) adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup. Sumber Daya Alam merupakan kekayaan bumi yang memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Sebagai salah satu sumber penting pembiayaan pembangunan, sumber daya alam yang ada dewasa ini masih belum dirasakan manfaatnya secara nyata oleh sebagian besar masyarakat. Pengelolaan sumber daya alam tersebut belum memenuhi prinsip-prinsip keadilan dan keberlanjutan. Selain itu lingkungan hidup juga menerima beban pencemaran yang tinggi akibat pemanfaatan sumber daya alam dan aktivitas manusia lainnya yang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan. Persebaran sumber daya alam tidak selamanya melimpah. Ada beberapa sumber daya alam yang terbatas jumlahnya, kadang-kadang dalam proses pembentukannya membutuhkan jangka waktu yang relatif lama dan tidak dapat di tunggu oleh tiga atau empat generasi keturunan manusia. Oleh sebab itu, ada dua jenis Sumber Daya Alam yaitu Sumber Daya Alam yang dapat di perbaharui dan Sumber Daya Alam yang tidak dapat di perbaharui. Alam memiliki kemampuan untuk memberikan kehidupan bagi penduduk dunia


Dalam memahami Sumberdaya Alam diperlukan beberapa klasifikasi secara umum sehingga memudahkan kita mengetahui apa itu yang dimaksud dengan Sumber Daya Alam (SDA) termasuk pendapat ahli dibidang ini. Oleh karenanya, pembahasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com kali ini akan mengulas tentang Sumber daya alam dilihat dari pengertian, jenis, manfaat dan sifat dari SDA (Sumber Daya Alam)






PENGERTIAN DAN ARTI SDA (SUMBERDAYA ALAM) MENURUT PARA AHLI

1. KATILI (1983)

Menurut Katili tahun 1983 mengemukakan bahwa pengertian sumberdaya alam adalah semua unsur tata lingkungan biofisik yang dengan nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia atau semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam, yang dapat dipakai untuk kepentingan hidupnya.


2. ISHEMAT SOERIANEGARA (1977)

Menurut Soerianegara tahun 1977 mendefinisikan bahwa pengertian sumber daya alam adalah unsur-unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup.


3. IRELAND (1974)

Menurut Ireland dalam Soerianegara tahun 1977, sumber daya alam berarti keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.


4. ISARD (1972)


Menurut Isard dalam Soerianegara tahun 1977, mendefinisikan sumber daya alam merupakan keadaan lingkungan dan bahan-bahan mentah yang digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kesejahteraannya.


5. GARRY DESSLER (2006)

Menurut Dessler tahun 2006 mendefinisikan bahwa pengertian manajemen sumber daya manusia adalah proses memperoleh, melatih, menilai dan memberikan kompensasi kepada karyawan, memperhatikan hubungan kerja karyawan, kesehatan, keamanan dan masalah keadilan.


6. UNDANG-UNDANG NO.32 TAHUN 2009

Menurut UU No. 32 tahun 2009 pasal 1 ayat 9, menyebutkan bahwa pengertian bahwa pengertian sumber daya alam adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri atas sumber daya hayati dan  non hayati yang secara keseluruhan membentuk kesatuan ekosistem




PENGERTIAN DAN ARTI SDA (SUMBER DAYA ALAM) MENURUT PARA PAKAR DALAM KESIMPULAN SECARA UMUM

Secara umum, apa yang dimaksud sumber daya alam? apa bila dilihat dari pendapat para pakar diatas, dapat disimpulkan bahwa Sumber Daya Alam (SDA) adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Artinya, bagi manusia, hakikat sumber daya alam sangat penting baik sumber daya alam yang berupa benda hidup (hayati) maupun yang berupa benda mati (non hayati). Kedua macam sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Suatu negara yang banyak sumber daya alamnya maka negara tersebut akan menjadi negara yang kaya.


Pada prinsip dasarnya semua SDA (SumberDaya Alam) termasuk SDA hayati harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat dan umat manusia sesuai dengan kemampuan dan fungsinya. Pemanfaatannya harus sedemikian rupa sesuai dengan UU No. 5 tahun 1990 tentang Konservasi SDA Hayati dan Ekosistemnya, sehingga dapat berlangsung secara lestari untuk masa kini dan masa depan. Pemanfaatan dan pelestarian tersebut seperti tersebut di atas harus dilaksanakan secara serasi dan seimbang sebagai perwujudan dari asas konservasi SDA hayati dan ekosistemnya.


SUMBERDAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA

1. Sumber daya alam (SDA) ruang

Pemanfaat SDA ruang adalah tempat yang diperlukan manusia dalam hidupnya. Makin besar kenaikan jumlah penduduk maka sumber daya alam ruang makin sempit dan sulit diperoleh. Ruang dalam hal ini dapat berarti ruang untuk areal peternakan, pertanian, perikanan, ruang tempat tinggal, ruang arena bermain anak-anak, dan sebagainya.

2. Sumber daya alam (SDA) Materi

Pemanfaat SDA Materi adalah apabila yang dimanfaatkan oleh manusia berupa materi sumber daya alam itu sendiri. Contoh: Mineral magnetit, hematit, limonit, siderit, dan pasir kuarsa dapat dilebur menjadi besi/baja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, di antaranya untuk kerangka beton, kendaraan, alat rumah tangga, dan lain-lain.

3. Sumber daya alam (SDA) Energi

Pemanfaat SDA energi adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam. Bahan bakar minyak (contohnya; bensin, solar, minyak tanah), batu bara, gas alam, dan kayu bakar merupakan sumber daya alam energi karena manusia menggunakan energinya untuk memasak, menggerakkan kendaraan, dan mesin industri.

4. Sumber daya alam (SDA) Hayati

Pemanfaat SDA hayati adalah sumberdaya alam berbentuk makhluk hidup, yaitu hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam tumbuh-tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, sedangkan sumber daya hewan disebut sumber daya hewani.

SUMBERDAYA ALAM: PENGERTIAN, JENIS DAN MANFAAT


MANFAAT SDA

Manfaat Sumberdaya Alam (SDA) bagi Manusia:

  • Menurut para praktisi pembangunan. Pembangunan yang berkelanjutan pada sistem program, sarana dan prasarana, sumber daya manusia dan dana untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pendapat ini menekankan pada aspek segala sumber yang ada guna terlaksananya pelaksanaan dan pembangunan.
  • Menurut para praktisi lingkungan. Pembangunan yang berkelanjutan harus memikirkan kelestarian sumber daya alam untuk digunakan di masa yang akan dating, pendapat ini menekankan pada pelestarian pada sumber daya alam.

Manfaat Sumberdaya Alam (SDA) bagi Kehidupan Sehari-hari:

Lalu apa manfaat SDA bagi masyarakat sekitarnya dalam kehidupan mereka?

1. Sebagai sumber energi dan bahan bakar

Manfaat bagi masyarakat dari sumber daya alam ialah sebagai salah satu sumber energi, sumber bahan bakar, dan sumber yang dipakai buat kepentingan hidup kita sehari-hari. Rata-rata sumber daya alam yg diperlukan buat kebutuhan ini memanfaatkan sumber daya alam dalam wujud minyak bumi juga gas bumi. Tidak Hanya minyak dan gas bumi, energy matahari pun tidak jarang digunakan buat jadi salah satu sumber energi dan bahan bakar.

Adapun contoh pemanfaatan SDA yang dipakai sebagai sumber energi dan bahan bakar ini adalah:
  • Menyalakan generator listrik
  • Untuk memasak
  • Untuk mengolah limbah pabrik
  • Dan banyak lagi pemanfaatan dari sumber daya alam untuk sumber energi dan bahan bakar

2. Sebagai sumber energi pembangkit listrik

Selain pemanfaatan sebagai bahan bakar, SDA dimanfaatkan dengan cara mengelola sumberdaya alam sebagai pembangkit listrik yang sekarang ini kita nikmati di rumah kamu tiap-tiap harinya.


Adapun contoh pemanfaatan SDA yang dipakai sebagai sumber energi kelistrikkan adalah:
  • Menggunakan minyak bumi dan energi matahari sebagai sumber daya alam yang dikonversi jadi energi listrik, digunaan untuk menyuplai kepentingan listrik rumah tangga.


3. Sebagai sumber energi bagi hewan dan manusia

Manfaat SDA bagi manusia selain ada kepada mineral dan minyak bumi yang terdapat di dalam perut bumi namun terdapat terhadap hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang berasal dari hewan dan tumbuhan ini tidak jarang dipakai oleh manusia juga sebagai salah satu bahan konsumsi untuk energi mereka. Kebanyakan, sumber daya alam dalam wujud hewan dan tumbuhan ini diambil daging dan daunnya untuk seterusnya diolah jadi bermacam-macam makanan yang tentunya sudah tidak jarang kita nikmati sampai sekarang.


4. Sebagai sumber untuk kepentingan area tinggal

Pohon adalah salah satu tipe-tipe sumberdaya alam (SDA) yang seringkali digunakan oleh manusia tidak cuma tipe mineral. Umumnya, pohon diambil kayunya, terutama pohon dengan mutu kayu yang bagus dan keras kemudian difungsikan untuk kepentingan konstruksi sebagai tempat tinggal (rumah). tentu saja sumberdaya alam dalam pengertian jenis, manfaat dan fungsi buat rumah-rumah ruangan tinggal lebih tidak sedikit memanfaatkan SDA berbentuk kayu, dibandingkn gedung perkantoran yang memakai sumber daya alam dari mineral, adalah besi.


5. Sebagai pengembangan teknologi

Teknologi adalah sesuatu yang berfungsi konsisten juga berkembang. Untuk mengembangkan tehnologi jadi tambah baik lagi dibandingkan sebelumnya, ini mencakup pengertian, manfaat dan henis SDA (Sumberdaya Alam) yang benar-benar utama buat digunakan sebagai dukungan pengembangan teknologi ini. Segala macam wujud perkembangan tehnologi yang kita rasakan disaat ini tentulah membutuhkan SDA yang serasi.


6. Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan alam

Manfaat sumber daya alam bagi kehidupan dan difungsikan sehari-hari dengan serasi untuk menjaga kelestarian alam dan bumi sebagai pengembangan ruangan tinggal kita. Tak seluruhnya jenis dan penggunaan sumberdaya alam mesti kita habiskan untuk kebutuhan pribadi maupun kebutuhan dalam jangka pendek saja. Karena pemanfaatan dari macam-macam dan jenis penggunaan yang berlebihahan akan berdampak kepada seluruh ekosistem kelestarian bumi dan alam sekitar kita.


7. Sebagai Penyuplai Oksigen untuk Kehidupan di Bumi

Bumi dengan Sumberdaya alam yang dimilikinya tentu sangat penting diperlukan manajemen sumber daya manusia yang memahami dan peduli terhadap kelestarian sumber daya alam dalam berbagai bentuk atau wujud hewan, pepohonan dan tumbuhan. Pepohonan dan tumbuhan yang dilestarikan tuntu akan memberikan suplai oksigen bagi kehidupan makhluk di bumi temasuk hewan dan manusia.



8. Sebagai Sumber Mata Pencaharian dan Pendapatan

Manfaat SDA (Sumber daya alam) tidak jarang diperlukan penduduk sekitarnya sebagai salah satu sumber mata pencaharian dan juga sumber pendapatan mereka. Contohnya; pekerja-pekerja tambang dan pembisnis tambang yang menggantungkan pendapatan mereka kepada sumber daya alam yang mereka tekuni.


9. Sebagai Sumber Cadangan Devisa Negara

Devisa adalah salah satu media yang sanggup dimanfaatkan oleh sebuah negara buat melaksanakan transaksi yang dipercaya dengan cara dunia Internasional. Manfaat sumberdaya alam bagi negara sebagai cadangan devisa yang artinya ketika negara membutuhkan sumber dana, sumber daya alam bisa dipasarkan dan dikomersilkan secara global.


10. Untuk Menjaga kelangsungan Aktivitas Ekonomi Dengan Cara Global


Tak akan dipungkiri, segala gerakan ekonomi global yang berajaln sekarang 24 jam sehari melakukan proses transaksi ekonomi dan ini melibatkan penggunaan SDA (sumber daya alam). Mulai Sejak dari perdagangan hasil bumi, seperti kayu, bunga, mineral, dll, ini mendefinisakan bahwa banyak manfaat yang didapatkan dalam mengelola sumber daya alam dalam pengertian sumber daya manfaat dan macamnya.




JENIS-JENIS SUMBER DAYA ALAM (SDA)

Sumberdaya alam sendiri kepada dasarnya terdiri dari 2 jenis, adapun jenis-jenis dan macamnya adalah:

1. Sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui

SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah macam-macam dan type sumber daya alam, di mana cadangan maupun jumlah dari SDA ini terbatas. Seterusnya bakal habis kalau dimanfaatkan dan dipakai terus-menerus.


2. Sumber daya alam yang bisa diperbaharui

SDA yang dapat diperbaharui adalah kebalikan dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Rata Rata sumber daya alam ini tidak akan habis dan dapat juga diperbaharui ulang, baik diperbaharui ulang lewat siklus alam, maupun dibuat dengan menggunakan teknologi.



KESIMPULAN SUMBERDAYA ALAM: PENGERTIAN, JENIS DAN MANFAAT

Meskipun sumberdaya alam yang ada dewasa ini masih belum dirasakan manfaatnya secara nyata oleh sebagian besar masyarakat dikarenakan masih banyak pemanfaatan SDA yang belum memenuhi prinsip-prinsip keadilan dan keberlanjutan terutama Ada beberapa sumber daya alam yang terbatas jumlahnya, kadang-kadang dalam proses pembentukannya dalam hal ini SDA yang dapat diperbaharui dimanfaatkan dalam sekala besar tanpa memperhatikan cara mengelola SDA yang baik bahkan aktivitas manusia lainnya yang tidak memperhatikan pelestarian lingkungan mengakibatkan kerusakan pada ekosistem dibumi, laut bahkan polusi udara. Meskipun Sumber daya merupapakan sesuatu yang memiliki nilai guna namun dibutuhkan kesadaran dan manajemen sumber daya manusia sebagai proses memperoleh, dan melatih kepedulian mereka terhadap lingkungan dan ekosistem temasuk sumber daya alam yang dimiliki.



DAFTAR PUSTAKA

Dessler, Garry. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 2, Edisi Ke-7. Alihbahasa : Benyamin Mollan, Prehallindo, Jakarta.

Soerianegara, Ishemat. 1977. Pengelolaan Sumberdaya Alam Bagian I. IPB: Bogor.

Katili, J. A. 1983. Sumberdaya Alam untuk Pembangunan Nasional. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Post a Comment for "SUMBER DAYA ALAM: PENGERTIAN, JENIS DAN MANFAAT"