PENGERTIAN CUACA & PRAKIRAAN CUACA, CONTOH BESERTA JENISNYA

Pengertian Definisi Arti Cuaca - Cuaca adalah keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu. Keadaan Cuaca setiap saat bisa berubah-ubah, sebagai contoh saat pagi hari cuaca sangat cerah, tetapi pada sore hari cuaca mendung dan turun hujan sangat deras. Keadaan cuaca dipengaruhi oleh matahari, awan, hujan angin, dan suhu udara. Jenis-jenis cuaca di Indonesia, antara lain cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca panas, cuaca dingin, dan cuaca hujan.

Keadaan cuaca di suatu tempat dapat kita ketahui dari prakiraan cuaca yang ditayangkan di televisi atau koran. Jadi apa yang kamu ketahui tentang prakiraan cuaca? Prakiraan cuaca adalah suatu ramalan tentang cuaca. Adanya prakiraan cuaca memiliki banyak manfaat tanpa melihat iklim. Prakiraan cuaca bagi seseorang pilot bermanfaat untuk mengetahui keadaan cuaca pada saat akan melakukan penerbangan. Apabila cuaca sedang buruk maka penerbangan ditunda sampai keadaan cuaca membaik. Hal ini untuk menjaga keselamatan penumpang dan diri sendiri. Bagi seorang petani, prakiraan cuaca bermanfaat untuk menentukan waktu yang tepat untuk menanam benih padi.

Apa itu Cuaca & Prakiraan Cuaca, Contoh Beserta Jenisnya
Gambar: Contoh prakiraan Cuaca


Cuaca cerah ditunjukkan dengan unsur-unsur keadaan langit yang bersih dan matahari bersinar terang. Unsur cuaca berawan ditunjukkan dengan keadaan langit yang lebih banyak ditutupi oleh awan. Awan-awan tersebut akan menghalangi sebagian cahaya matahari yang sampai ke bumi. Cuaca panas ditunjukkan dengan tingginya suhu udara sehingga udara akan terasa panas. Cuaca dingin ditunjukkan dengan rendahnya suhu udara sehingga udara akan terasa dingin. Cuaca hujan ditujukkan dengan sering terjadi hujan.

Dari pembahasan cuaca diatas, semoga kamu dapat menjawab soal di kelas:

1. Sebutkan macam-macam cuaca? cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca panas, cuaca dingin, serta cuaca hujan.

2. Apa yang dimaksud cuaca? Cuaca memaknai keadaan udara pada tempat dan waktu tertentu

3. Apa yang kamu ketahui tentang prakiraan cuaca? Prakiraan cuaca berarti suatu ramalan tentang cuaca

4. Apa manfaat prakiraan cuaca bagi seorang pilot? bermanfaat buat mengetahui keadaan cuaca pada saat akan melakukan penerbangan

5. Bagaimana ciri-ciri cuaca berawan? keadaan langit yang lebih banyak ditutupi oleh awan

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "PENGERTIAN CUACA & PRAKIRAAN CUACA, CONTOH BESERTA JENISNYA"