PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL: PENGERTIAN DARI PUSPA DAN SATWA NASIONAL

Pengertian Definisi Arti Puspa dan Satwa. - Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) adalah bertujuan untuk kepedulian, pelestarian serta perlindungan terhadap kelangsungan hayati nasional Indonesia.


Memperingati HCPSN yang jatuh pada tanggal 5 November setiap tahun mengusung tema-tema berbeda umumnya diliris oleh kementerian lingkungan hidup (MENLH). Tema Hari Cinta Puspa dan Satwa akan berkaitan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat buat melindungi, melestarikan Puspa dan Satwa dari kepunahannya. Ini juga penting terhadap rantai makan dalam ekosistem di kehidupan bumi.


Menurut sejarahnya, peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pertama kali dimulai pada tahun 1993 berdasarkan Kepres Nomor 4 tahun 1993.


Seperti diketahui banyak sekali Puspa dan Satwa yang dilindungi di wilayah Indonesia dikarenakan minimnya pengetahuan bahkan ketidakpedulian sebagian masyarakat mengenai lingkungan hidup sehingga merusak ekosistem di dunia. Banyak faktor perusakan tersebut terjadi mulai dari perburuan liar, penjualan bebas, pembalakan liar hingga perusakan alam sekitar, tentu ini sangat disayangkan.


Lalu apa itu Puspa dan apa itu Satwa, berikut penjelasan artinya.

Arti Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional



PUSPA NASIONAL

Mengutip wikipedia, Puspa (Bunga) Nasional adalah bunga yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Indonesia sendiri memiliki tiga puspa nasional yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4/1993.


Spesies bunga yang ditetapkan sebagai bunga nasional dalam keputusan tadi adalah:
  • Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa
  • Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona dan
  • Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka.

SATWA NASIONAL

Arti Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Satwa (Fauna) Nasional adalah hewan atau fauna yang dapat mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Indonesia sendiri memiliki tiga satwa nasional yang ditetapkan bertepatan dengan hari Tritura ke-27 tanggal 10 Januari 1993.

Spesies satwa yang ditetapkan sebagai satwa nasional dalam keputusan tadi adalah:
  • Komodo sebagai satwa nasional
  • Siluk merah sebagai satwa pesona dan
  • Elang jawa sebagai satwa langka.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk melestarikan Puspa dan Satwa demi masa depan bumi.


KESIMPULAN PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL: PENGERTIAN DARI PUSPA DAN SATWA NASIONAL


Melalui Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional sebaiknya peringatan HCPSN bukan kegiatan acara seremonial belaka tanpa tindak lanjut. Selain itu pendidikan tentang lingkungan hidup juga sangat perlu diberikan tidak hanya melalui materi pelajaran sekolah namun aplikasi dikehidupan sehari-hari melalui dukungan orangtua, generasi muda serta semua pihak. Dengan kesimpulan jangan jadikan hari peringatan sekedar kata-kata maupun ucapan tetapi semanagat juga dorongan terhadap diri sendiri buat memberikan contoh.

Akhir kata dari tulisan, saya mengucapkan selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 5 November.

Mari jadikan HCPSN momentum kesadaran terhadap pelestarian serta perlindungan seluruh keseimbangan ekosistem bumi.

Post a Comment for "PERINGATAN HARI CINTA PUSPA DAN SATWA NASIONAL: PENGERTIAN DARI PUSPA DAN SATWA NASIONAL"