MAKNA HARI GURU DALAM PENGERTIAN PROFESI GURU (SEJARAH, TUJUAN, TANGGAL PERINGATAN, UCAPAN)

Pengertian Definisi Arti - Guru adalah seseorang yang berjasa karena telah membimbing, mendidik, hingga memotivasi setiap hari di sekolah maupun kehidupan seseorang selain ibu dan bapak. Sedangkan secara profesionalisme guru didefinisikan sebagai pengetahuan, keterampilan, juga praktik dimana harus dimiliki oleh guru untuk menjadi pendidik efektif.


Secara umum, keterampilan dan pengetahuan adalah dua elemen kunci yang menjadi pusat konstitusi profesionalisme guru. Sayangnya, Tidak sedikit guru yang tidak memahami hakekat profesinya sehingga ia tidak bertindak profesional dalam mengemban tugasnya. Inilah yang kemudian profesi keguruan berada jauh dari harapan ataupun tujuannya sehingga penghargaan serta pengakuan di mata masyarakat Indonesia masih rendah. Tentu saja hal tersebut semakin menurunkan derajat profesionalisme guru.


Untuk kembali memberikan motivasi saya sengaja membahas mengenai makna hari guru termasuk pengertian dari profesi guru mencakup sejarah, tujuan, tanggal peringatan hingga ucapan hari guru nasional, simak terus.

Makna Hari Guru Dalam Pengertian Profesi Guru (Sejarah, Tujuan, Tanggal Peringatan, Ucapan)



Apa itu profesionalisasi guru

Banyak para ahli mendefinisikan profesi seorang guru (juga disebut guru sekolah atau, dalam beberapa konteks, seorang pendidik) adalah orang yang membantu orang lain memperoleh pengetahuan, kompetensi atau nilai. Secara informal peran guru dapat diambil oleh siapa saja (misalnya ketika teman menunjukkan cara melakukan tugas tertentu).


Dalam UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 1 disebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah.


Ini menunjukkan bahwa mengajar adalah aplikasi khusus pengetahuan, keterampilan, dan atribut yang dirancang untuk memberikan layanan unik untuk memenuhi kebutuhan pendidikan individu dan masyarakat. Pilihan kegiatan belajar di mana tujuan pendidikan diwujudkan di sekolah adalah tanggung jawab profesi guru.


Oleh sebab itu profesionalisme keguruan dalam Pendidikan. Membutuhkan pengetahuan profesional para guru untuk memanfaatkan pengetahuan dan penelitian profesional untuk menanggapi kebutuhan siswa dalam konteks pendidikan mereka. Para guru harus mengenal siswa dengan baik, termasuk latar belakang bahasa, budaya dan agama mereka yang beragam.


Daftar Hari Guru

Hari Guru adalah hari yang istimewa sebagai apresiasi terhadap guru (pahlawan tanpa tanda jasa) dan mungkin termasuk perayaan bertujuan untuk menghormati guru atas kontribusi terutama di bidang pendidikan.


Ide merayakan atau memperingati Hari Guru berakar dari banyak negara di dunia selama abad ke-19; dalam banyak kasus, mereka merayakan seorang pendidik lokal atau tonggak penting dalam pendidikan. Ini adalah alasan utama mengapa negara merayakan hari ini pada tanggal yang berbeda, tidak seperti banyak Hari Internasional lainnya. Sebagai contoh, Indonesia Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang jatuh pada 25 November.; sementara di Malaysia tanggal 16 Mei ditetapkan sebagai Hari Guru di Malaysia, karena pada 16 Mei 1956, Majelis Undang-Undang Persekutuan Tanah Melayu menerima rancangan kurikulum dari Laporan Jawatankuasa Pelajaran. Begitu juga beberapa negara-negara lainnya memiliki tanggal berbeda menyesuaikan sejarah mereka.


Ini semua menjadi Hari Guru Nasional tiap negara selain itu banyak negara merayakan Hari Guru Sedunia, yang didirikan oleh UNESCO pada tahun 1994, pada tanggal 5 Oktober sebagai Hari Guru Internasional.

Berikut ini daftar-daftar tanggal hari guru diberbagai negara didunia.

No.
Negara
Tanggal
1. Amerika Serikat Minggu pertama di bulan Mei (Minggu Apresiasi Guru)
2. Argentina 11 September
3. Brasil 15 Oktober (sejak 1963)
4. Chili 16 Oktober
5. Meksiko 15 Mei (sejak 1918)
6. Peru 6 Juli (sejak 1953)
7. Filipina 5 Oktober
8. Hong Kong 10 September (hingga 1997: 28 September)
9. India 5 September
10. Indonesia 25 November
11. Iran 2 Mei
12. Korea Selatan 15 Mei
13. Malaysia 16 Mei
14. Pakistan 5 Oktober
15. RRC 10 September
16. Singapura 1 September (hari libur sekolah)
17. Taiwan 28 September (ulang tahun Konfusius)
18. Thailand 16 Januari (sejak 1957)
19. Turki 24 November (sejak 1981)
20. Vietnam 20 November
21. Albania 7 Maret
22. Ceko 28 Maret
23. Rusia 5 Oktober
24. Polandia 14 Oktober

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Ucapan Hari Guru (Bahasa Inggris: Teachers day)


Untuk mengucapkan selamat hari guru sebenarnya banyak cara kreatif. Apalagi sebentar lagi kita akan merayakan Hari Guru Nasional tentu pada hari itu akan ada keingin untuk mengucapkan ke guru di sekolah.


Berikut ini kata-kata mutiara yang indah bisa dijadikan sebagai kumpulan ucapan di hari guru nanti. Adapun ucapan-ucapan terbaik adalah.


1. Saya suka ketika seorang guru memberi sesuatu buat dibawa pulang untuk memikirkan selain pekerjaan rumah. pengertianartidefinisidari mengucapkan Selamat Hari Guru.


2. Yang terhormat guru Bahasa Indonesiaku, terimakasih telah mengajarkan bagaimana cara menulis, merangkai hingga mengatakan dengan bahasa ibu secara benar. Singkat kata "SELAMAT HARI GURU"


3. Profesi Guru adalah pekerjaan yang lebih besar untuk mendidik seorang anak, dalam arti yang sebenarnya dan besar dari frase untuk memerintah sebuah negara. Happy Teachers Day 2020


4. Selamat Hari Guru Doa dan harapan selamanya dari muridmu
Selamat Hari Guru 2020
Selamat Hari Guru my cikgu.
Saya doakan cikgu sihat selalu.
Terima kasih kerana mengajar saya


5. Pendidikan bukanlah pengisian ember, tetapi pencahayaan mutiara. Selamat Hari Guru di 2020!


6. Guru yang terhormat, saya selalu menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sangat membosankan. Namun, cara mengajar mu sangat interaktif sehingga muridmu selalu menantikan pelajaranmu. Semoga di Hari Guru, engkau bahagia. Selamat Hari Guru Nasional


7.  Ujian seorang guru yang baik bukanlah berapa banyak pertanyaan yang dia ajukan kepada murid-muridnya karena dia akan menjawab dengan mudah, tetapi berapa banyak pertanyaan yang diberikan kepada muridnya untuk bertanya kepadanya dimana dia merasa sulit untuk menjawabnya. Selamat Hari Guru Nasional di 2020!


Demikian sedikit ulasan mengenai makna Hari Guru Dalam pengertian profesi Guru dalam sejarah, tujuan, hari perayaan hingga ucapan untuk Hari Guru Nasional 25 November 2020 terbaru semoga bermanfaat!.



Daftar Pustaka:

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005http://www.jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm

Hari Guruhttps://id.wikipedia.org/wiki/Hari_Guru

KUMPULAN PANTUN DAN UCAPAN SELAMAT HARI GURU 2021. https://cgkata.blogspot.com/2020/11/hari-guru-252020.html

Post a Comment for "MAKNA HARI GURU DALAM PENGERTIAN PROFESI GURU (SEJARAH, TUJUAN, TANGGAL PERINGATAN, UCAPAN)"