APA ITU PUASA: CARA DOA NIAT DAN BERBUKA BULAN RAMADHAN

Pengertian Definisi Arti - Iftar (atau Fatoor) (bahasa Arab: إفطار ʾifṭār 'buka puasa') adalah makan malam di mana umat Islam mengakhiri puasa Ramadhan harian mereka saat matahari terbenam. Umat ​​Muslim berbuka puasa pada saat panggilan untuk sholat malam (Jadwal Maghrib). Ini adalah makanan kedua mereka hari itu; puasa harian selama Ramadhan dimulai segera setelah makan sahur (imsak) dan berlanjut selama siang hari, berakhir dengan matahari terbenam dengan makan malam Iftar (berbuka).


Salah satu tindakan ibadah paling berharga yang bisa dilakukan seseorang yang berpuasa adalah membaca doa kepada Allah SWT. Perhatikan betapa indahnya Allah memiliki ayat yang terkenal dan menakjubkan tentang doa, bahkan ayat-ayat puasa dalam Al-Qur'an menunjukkan pentingnya seorang muslim melakukan niat dalam setiap awal tindakan. Ini juga diperkuat dengan dalil-dalil dari hadits berdasarkan tindakan dan perkataan Rasulullah SAW yang kemudian menjadi pedoman dalam menjalankan agama Islam agar tidak tersesat.


Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata: "Telah bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ‘Aku tinggalkan dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selama kalian berpegang teguh dengan keduanya yaitu Kitabullah dan Sunnahku, serta keduanya tidak akan berpisah sampai keduanya mendatangiku di Telaga (di Surga)". - Hadits shahih riwayat al-Hakim (I/93) dan al-Baihaqy (X/114).

APA ITU PUASA: CARA DOA NIAT DAN BERBUKA BULAN RAMADHAN


Umat Islam diwajibkan berpuasa apabila telah memenuhi syarat berdasarkan dalil sebagai berikut: AL-Quran: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Surah Al Baqarah: ayat 183)


Hadits: Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Islam dibangun di atas lima perkara (tonggak): Syahadat Laa ilaaha illa Allah dan (syahadat) Muhammad Rasulullah, menegakkan shalat, membayar zakat, hajji, dan puasa Ramadhan”. (HR Bukhari, no. 8).


Muslim yang berpuasa disunnahkan menyegerakan waktu buka puasa. Ini yang dikatakan sebagai sunnah puasa. Bahkan berbuka mesti ada karena Islam melarang melakukan puasa terus menerus tanpa ada waktu berbuka atau yang dikenal dengan istilah melakukan puasa wishol.


Umat Islam disunnahkan menyegerakan waktu buka puasa berdasarkan dalil sebagai berikut:
Hadits: Disunnahkan menyegerakan berbuka puasa ketika telah tiba waktunya yaitu saat matahari tenggelam. Demikianlah yang jadi petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya.


Disebutkan oleh Imam Bukhari,

وَأَفْطَرَ أَبُو سَعِيدٍ الْخُدْرِىُّ حِينَ غَابَ قُرْصُ الشَّمْسِ

“Abu Sa’id Al Khudri berbuka puasa ketika bulatan matahari telah hilang.” (Fathul Bari, 4: 196).


CARA BACAAN DOA NIAT BERPUASA DAN BERBUKA PUASA BULAN RAMADHAN

BACAAN NIAT PUASA

Lafaz Dalam Bahasa Arab:

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ


Lafaz Dalam Bahasa Indonesia:
Nawaitu sauma ghodin an adaa'i fardhisyahri romadhoona haadzihissanati lillahita aalaa

Lafaz Dalam Artinya:
Aku niat puasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan ramadhan tahun ini sebab allah ta'alaa.


BACAAN BERBUKA PUASA

Dikutip dari laman resmi Nahdlatul ulama (NU) tentang Doa Lengkap Berbuka Puasa:

Lafaz Dalam Bahasa Arab:

اللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَبِكَ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ. ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شاءَ اللهُ. يا وَاسِعَ الفَضْلِ اِغْفِرْ لِي الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ، وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ.


Lafaz Dalam Artinya:
Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap.

Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya.


Dikutip dari laman resmi Muhammadiyah tentang Doa Lengkap Berbuka Puasa:

Lafaz Dalam Bahasa Arab:

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ.


Lafaz Dalam Artinya:
Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala akan tetap, insya Allah.



KESIMPULAN : APA ITU PUASA: CARA DOA NIAT DAN BERBUKA BULAN RAMADHAN

Buka puasa adalah salah satu keberkahan Ramadhan dan sering dilakukan sebagai komunitas, dengan orang-orang berkumpul untuk berbuka puasa bersama. Buka puasa tepat setelah panggilan untuk shalat Maghrib, yaitu sekitar matahari terbenam. Secara tradisional tetapi tidak wajib, tiga kurma dimakan untuk berbuka puasa yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW yang berbuka puasa dengan cara ini. Banyak Muslim percaya bahwa memberi makan seseorang berbuka puasa sebagai bentuk amal sangat bermanfaat dan hal itu juga dipraktikkan oleh Nabi SAW.


Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "APA ITU PUASA: CARA DOA NIAT DAN BERBUKA BULAN RAMADHAN"