PENGERTIAN ARAFAH DAN TARWIYAH PADA PUASA MENJELANG IDUL ADHA (HARI RAYA)

Arti Tarwiyah dan Arafah Pada Puasa Menjelang Idul Adha (Hari Raya) - Mungkin Anda pernah mengengar kata Tarwiyah dan Arafah Pada Puasa sunnah bulan Dzulhijjah, terkadang membikin bingung apa itu Tarwiyah dan Arafah yang dilaksanakan pada Dzulhijjah setiap tahun (Hari raya) untuk lebaran haji. Saking bingung dengan pengertian antara Tarwiyah dan Arafah, tidak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian Tarwiyah dan Arafah khususnya ketika membaca niat puasanya. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dari Tarwiyah dan Arafah, berikut pembahasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

ARTI TARWIYAH DAN ARAFAH PADA PUASA MENJELANG IDUL ADHA (HARI RAYA)

Tarwiyah dan Arafah adalah ibadah menyambut hari lebaran qurban atau dikenal sebagai perayaan Idul Qurban yang merupakan puncak ibadah haji dimana jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah setiap tahun di kalender Hijriah Islam. Ibadah puasa Tarwiyah dan Arafah ini hukumnya sunnah. Jadi jika kamu ingin melaksankan puasa hari Tarwiyah dan hari Arafah harus ketahui tata cara melaksanakannya. Seperti diketahui bahwa puasa sunnah ini dilaksanakan sebelum puncak ibadah haji 10 Dzulhijjah, puasa pada hari ini termasuk dianjurkan karena memiliki banyak manfaat dan faedah didalamnya.


Pertama Adalah Tarwiyah. Maksud dari Puasa Tarwiyah adalah puasa yang dilaksanakan pada hari ke 8 Dzulhijjah. Hari ini bertepatan dengan peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim AS yang bermimpi diperintah Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail AS, dimana waktu itu ia merenung dan berpikir (rawwa-yurawwi-tarwiyah) tentang takwil mimpi tersebut oleh karena itulah dinamakan sebagai puasa tarwiyah.


Yang kedua adalah Arafah. Untuk Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan pada hari ke 9 Dzulhijjah. Hari ini bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan oleh jamaah haji, oleh karena itulah dinamakan sebagai puasa Arafah.


Bagaimana, sekarang sudah mengerti tentang maksud dari Tarwiyah dan Arafah Pada Puasa Menjelang Idul Adha (Hari Raya). Ada yang tau bagaimana tatacara bacaan niat untuk kedua puasa hari raya Idul Adha tersebut? silahkan bagikan dalam kotak komentar pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga pembahasan tentang hari Idul Adha ini bermanfaat!!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN ARAFAH DAN TARWIYAH PADA PUASA MENJELANG IDUL ADHA (HARI RAYA)"