KIHAJAR 2020 - APA ITU KIHAJAR STEM DAN BAGAIMANA CARA DAFTARNYA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Luncurkan KIHAJAR 2020 dengan Format Baru dan berbeda. Temukan informasi tentang Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk wadah eksplorasi siswa dari berbagai tingkatan sekolah melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) di pengertianartidefinisidari.blogspot.com


Apabila kamu merupakan siswa dari berbagai tingkatan sekolah dan baru mendengar istilah kata Kihajar STEM, tentu sangat membutuhkan panduan apa itu arti dari Kihajar STEM, Persyaratan Tata Cara dan Jadwal Pendaftaran Kuis Kihajar Stem Tahun 2020 yang diluncurkan oleh Kemendikbud. Pembuatan akun baru dibutuhkan untuk dapat ikut serta dalam program kihajar 2020, diantaranya; KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks.



APA ITU KIHAJAR

Generasi KIHAJAR (GEN KIHAJAR) merupakan siswa yang turut serta dalam kegiatan KIHAJAR, yang tujuan utamanya adalah mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21. Adapun aktivitas Kita Harus Belajar (singkatan dari: KIHAJAR) dilakukan secara daring dengan tetap melibatkan dinas pendidikan di daerah, Telkom, para guru, dan seluruh siswa di Tanah Air.


APA PROGRAM KIHAJAR 2020

Selain dengan Format dan logo baru, KIHAJAR tahun 2020 ini hadir dengan tiga program baru, diantaranya; KIHAJAR STEM, KIHAJAR EXPLORER dan KIHAJAR TIK Talks

KIHAJAR STEM

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar STEM merupakan wadah eksplorasi siswa jenjang SD, SMP, SMA dan SMK sederajat melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM)


KIHAJAR STEM dalam pengertian, ini merupakan media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi, selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran.


KIHAJAR EXPLORER

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar Explorer merupakan Permainan berhadiah yang memanfaatkan media sosial TV Edukasi dan Suara Edukasi.


KIHAJAR EXPLORER dalam pengertian, program Kemendikbud ini hadir melalui akun Instagram tvedukasi_kemdikbud dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri yang akan menjawab kuis dari permainan atau pertanyaan tersebut, maka peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi. Jawaban peserta terdaftar dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaannya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.


KIHAJAR TIK Talks

Mengutip dari situs resmi Pusat Data dan Teknologi Informasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kihajar TIK Talks merupakan satu bagian dari gelaran Kihajar 2020, sebagai wujud apresiasi terhadap daerah yang memberikan kontribusi peserta terbanyak pada Kihajar STEM


KIHAJAR TIK Talksdalam pengertian, program Kemendikbud ini diperuntukkan bagi para guru dari Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri dengan informasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.


CARA DAFTAR

Sebelum mendaftar akun maka Anda harus memenuhi syarat Peserta Kihajar STEM terlebih dahulu. Adapun Syarat-syaratnya Anda adalah Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri.


Apabila Anda telah memenuhi persyaratan pendaftaran tersebut, maka untuk menjadi peserta baru silahkan ikuti cara dibawah:



Setelah proses pendaftaran akun selesai maka peserta telah dapat mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya. Adapun tahapan peserta setelah terdaftar, dapat melanjutkan ke :
  • Kihajar STEM Basic;
  • Kihajar STEM Intermediate;
  • Kihajar STEM Advanced;
  • Pembuatan Video STEM; dan
  • Kihajar STEM FINAL.



KAPAN JADWAL KIHAJAR STEM UNTUK KIHAJAR 2020

Untuk waktu dan jadwal pelaksanaan:
  • Kihajar STEM Basic dengan waktu pelaksanaan tanggal 09 Agustus 2020;
  • Kihajar STEM Intermediate dengan waktu pelaksanaan tanggal 24 Agustus 2020;
  • Kihajar STEM Advanced dengan waktu pelaksanaan tanggal 06 September 2020;
  • Pembuatan Video STEM dengan waktu pelaksanaan tanggal 11 - 24 September 2020; dan
  • Kihajar STEM FINAL dengan waktu pelaksanaan tanggal 02 Oktober 2020.






BANTUAN

Apabila peserta mengalami permasalahan terkait KIHAJAR 2020 atau masih bingung dengan apa itu Kihajar STEM dan bagaimana cara daftarnya hingga informasi tentang Peserta didik jenjang SD/MI (kelas atas), SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK di Indonesia dan Sekolah Indonesia Luar Negeri untuk wadah eksplorasi siswa dari berbagai tingkatan sekolah melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) dapat mengunjungi situs resmi kihajar.kemdikbud.go.id atau email ke kihajar@kemdikbud.go.id, demikian tulisan pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "KIHAJAR 2020 - APA ITU KIHAJAR STEM DAN BAGAIMANA CARA DAFTARNYA"