PENGERTIAN, JENIS SERTA CIRI DRAMA

Arti, Jenis Dan cari Drama temukan pada pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Tidak sedikit dari pencinta seni budaya khususnya pelajar di sekolah, banyak mendengar istilah Drama, akan tetapi tidak sedikit juga yang kurang mengerti arti dari Drama, ada berapa macam dan bagaimana ciri-cirinya. Untuk pengertian Drama dan bagaimana ciri beserta genre dari Drama itu, berikut beberapa pendapat para ahli mengenai Drama dalam penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com.


https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/




PENGERTIAN DRAMA

Drama sebagai Karya Sastra dalam pengertian yang dikemukakan oleh ahli definisi seperti Krauss (1999:249) dalam bukunya Verstehen und Gestalten berpendapat bahwa "drama adalah suatu bentuk gambaran seni yang datang dari nyanyian dan tarian ibadat Yunani kuno, yang di dalamnya dengan jelas terorganisasi dialog dramatis, sebuah konflik dan penyelesaiannya digambarkan di atas panggung."


Dalam bahasa sederhananya, Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Kisah dan cerita dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater.


JENIS SERTA CIRI-CIRI DARI DRAMA

Seperti dalam penjelasan pengertianartidefinisidari diatas bahwa Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak sebagai seni budaya khusus ditujukan untuk pementasan dalam teater seni.


Adapun jenis-jenis dari drama itu sendiri terbagi menjadi 3, adalah:
  1. Tragedi. Tragedi adalah jenis drama yang melukiskan cerita penuh kesedihan dan kemalangan. Tokoh dalam drama tragedi biasa disebut sebagai “tragic hero” yang memiliki arti yaitu seorang pahlawan mengalami nasib tragis, seperti ketidakberuntungan, kesialan, dan lainnya.
  2. Komedi. Komedi adalah jenis drama yang bersifat menghibur dengan unsur jenaka di dalamnya. Dalam naskah drama komedi, akan terdapat dialog lucu yang menyindir dan biasanya memiliki ending yang bahagia.
  3. Opera. Opera atau yang sering didengan nama drama musikal adalah jenis drama yang percakapannya diiringi musik atau melodi. Dalam drama ini, cerita dan perasaan yang dirasakan pemain diungkapkan melalui nyanyian dan tarian.



Pendapat pakar atau ahli lain yang memperkuat kedudukan drama sebagai karya sastra adalah bahwa drama termasuk ke dalam ragam/ jenis sastra karena ceritanya bersifat imajinatif dalam bentuk naskah drama (Zulfahnur. dkk, 1996: 23)

Baca:


KESIMPULAN

Dari definisi diata disimpulkan, Berdasarkan pementasanya, drama dapat dibagi beberapa jenis, diantanya adalah:
  1. Drama Panggung - drama yang sepenuhnya dimainkan dipanggun. 
  2. Drama Radio - drama radio tidak seperti biasanya. Drama ini tidak dapat dilihat, tepai hanya dapat didengerkan oleh penikmatnya saja dengan melalui radio.
  3. Drama Televisi - hampir sama dengan drama panggung, namun drama televisi tidak dapat diraba.
  4. Drama Film - drama film menggunakan media layar lebar serta biasanya dipertunjukkan di bioskop.
  5. Drama Wayang - drama yang diiringi dengan pagelaran wayang.
  6. Drama Boneka -  para tokoh drama tidak dimainkan oleh aktor manusia sungguhan, tetapi digambarkan dengan boneka yang dimainkan beberapa orang.



Demikianlah tulisan definisi, Jenis Dan cari Drama temukan dari pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN, JENIS SERTA CIRI DRAMA"