PENGERTIAN-PENGERTIAN DARI KEADILAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI DAN PAKAR

Selamat Hari Keadilan Sosial Dunia, hari ini bersama pengertianartidefinisidari.blogspot.com keadilan sosial adalah suatu keadaan dimana tiap warga negara mendapatkan haknya secara adil, tidak dibedakan sehingga akan tercipta kesejahteraan bagi tiap orang. mari ketahui lebih lengkap apa itu maksud dengan arti definisi para ahli dan pakar tentang keadilan sosial jika dilihat dari pendapat mereka.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

PENGERTIAN KEADILAN MENURUT PARA AHLI DAN PAKAR DEFINISI

1. Pengertian keadilan menurut Aristoteles adalah suatu tindakan yang terletak antara memberikan sangat banyak dan terlalu sedikit.Atau bisa juga diartikan menyerahkan sesuatu pada semua orang sesuai dengan yang sudah menjadi haknya.


2. Pengertian keadilan dari Frans Magnis Suseno merupakan keadaan dimana kedua manusia yang telah diperlakukan supaya sama sesuai dari kewajiban dan haknya masing-masing.


3. Pengertian keadilan menurut Notonegoro merupakan suatu keadaan dimana adil jika sesuai memiliki ketentuan hukum yang berlaku.


4. Pengertian keadilan dari Thomas Hubbes merupakan suatu hal perbuatan yang telah dikatakan adil jika sudah didasarkan pada suatu kesepakan yang sudah disepakati.


5. Pengertian keadilan menurut Plato merupakan diluar kemampuan manusia yang biasa keadilan hanya bisa ada di dalam perundang-undangan dan hukum yang telah dibuat oleh para ahli.


6. Pengertian keadilan dari W.J.S Poerwadarminto adalah tidak berat sebelah dan jgua sepatutnya tidak sewenang-wenangnya.


7. Pengertian keadilan dari Imam Al-Khasim merupakan mengambil suatu hak orang yang wajib diambil serta memberikannya kepada orang yang telah berhak menerimanya.




PENGERTIAN DARI KEADILAN SOSIAL

Keadilan sosial merupakan sebuah keadilan yang berlaku dalam penerapan hukum secara keseluruhan di kehidupan berbangsa dan bernegara. Keadilan sosial menjadi sebuah gambaran dari kesejahteraan masyarakat sebagai manfaat dari hukum yang berlaku. Keadilan sosial dibentuk sebagai aturan yang melindungi dan menyejahterakan masyarakat.


Contoh Perilaku Keadilan Sosial yang dapat pengertianartidefinisidari.blogspot.com berikan dalam kehidupan sehari-hari, contoh, di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat sosial adalah.


Di lingkungan rumah :
  1. Setiap anak mendapatkan kasih sayang dan perlakuan yang sama di mata orang tua.
  2. Orang tua tidak boleh melihat dan membeda-bedakan anak dari kemampuan tertentu.
  3. Orang tua memberikan semua hal secara adil dan sama rata kepada anak-anaknya.
  4. Selalu menyayangi dan menghormati seluruh anggota keluarga.
  5. Seluruh anggota keluarga harus menjalankan peraturan di rumah yang sudah dibuat.


Di lingkungan sekolah :
  1. Siswa tidak boleh dibedakan dari segi kemampuan atau kepintaran, sebab setiap siswa memiliki keterampilan yang berbeda-beda.
  2. Tata tertib sekolah yang berlaku dilaksanakan dengan lapang dada dan bertanggung jawab oleh semua warga sekolah.
  3. Tidak ada siswa yang dispesialkan atau diperlakukan khusus.
  4. Semua guru memiliki derajat dan kedudukan yang sama, sehingga harus sama-sama dihormati dan dihargai.
  5. Keberagaman yang ada tidak boleh menghalangi dalam memilih teman atau sahabat di sekolah.


Di lingkungan masyarakat :
  1. Hukum diciptakan oleh pemerintah dan akan dilaksanakan secara bersama-sama dan tertib oleh masyarakat dan pemerintah.
  2. Pihak-pihak berwajib menyelesaikan dan menerapkan hukum secara jujur dan adil.
  3. Semua pelanggar tata tertib dikenakan sanksi hukum yang sesuai dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku.
  4. Menghargai dan tidak mempermasalahkan setiap keberagaman dan perbedaan dalam masyarakat.
  5. Setiap wilayah atau daerah diberikan dana bantuan dan fasilitas yang memadai.



Demikianlah tulisan tentang definisi keadilan sosial jika dilihat menurut pendapat para pakar dan ahli pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN-PENGERTIAN DARI KEADILAN SOSIAL MENURUT PARA AHLI DAN PAKAR"