PENGERTIAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME PADA MAPEL SEJARAH (KELAS 11 SMA)

Arti Kolonialisme dan Imperialisme dalam mata pelajaran (Mapel) SMA Kelas 11 - Sebagai siswa sekolah SMA/MA/SMK/MAK tentu kamu belajar tentang Kolonialisme dan Imperialisme, terkadang membikin bingung apa itu Kolonialisme dan Imperialisme yang terdapat pada pembelajaran Mapel Sejarah Indonesia (Kelas XI SMA) Semester 1. Saking bingung dengan pengertian antara Kolonialisme dan Imperialisme, tidak sedikit orang sering terbalik dengan arti Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dari Kolonialisme dan Imperialisme, berikut penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


ARTI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME PADA MAPEL SEJARAH INDONESIA (KELAS XI SMA)

Cara sederhana untuk membedakan keduanya adalah dengan menganggap kolonialisme sebagai praktik dan imperialisme sebagai gagasan yang mendorong praktik tersebut. Berbagai motif mendorong imperialisme diantaranya untuk berusaha memperluas kekuasaan mereka atas negara atau wilayah lain. Ini termasuk motif ekonomi, eksplorasi, etnosentris, politik, dan agama.


Pertama adalah kolonialisme. Maksud dari kolonialisme adalah pengembangan adidaya/kekuasaan suatu negara terhadap wilayah lain di luar negaranya sendiri baik dari segi wilayah maupun rakyatnya di wilayah tersebut, biasnya dilakukan untuk mengeksploitasi sumber daya, tenaga kerja dan pasar (ekonomi) dari wilayah tersebut.


Yang kedua adalah imperialisme. Untuk imperialisme adalah sebuah kebijakan dimana sebuh negara besar atau yang mempunyai kekuasaan/kekuatan besar dapat memegang kendali atas pemerintahan / daerah lain agar wilayah yang dikendalikan tersebut dapat terpelihara dan berkembang.


Untuk membedakannya, Kolonialisme adalah istilah di mana suatu negara menaklukkan dan menguasai wilayah lain. Itu berarti mengeksploitasi sumber daya negara yang ditaklukkan untuk kepentingan penakluk. Imperialisme berarti menciptakan sebuah kerajaan, berkembang ke wilayah tetangga dan memperluas dominasinya jauh.


Meskipun imperialisme dan kolonialisme berfokus pada penindasan terhadap negara lain, jika kolonialisme mengacu pada proses suatu negara mengambil kendali fisik atas negara lain, imperialisme mengacu pada dominasi politik dan moneter, baik secara formal maupun informal.


Bagaimana, sekarang sudah mengerti tentang maksud dari Imperialisme dan Kolonialisme pada mapel sejarah di Indonesia (Kelas 11 SMA/MA/SMK/MAK) dalam buku siswa kurikulum 2013.


Demikianlah penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "PENGERTIAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME PADA MAPEL SEJARAH (KELAS 11 SMA)"