6 PROFIL PELAJAR PANCASILA DARI KEMENDIKBUD

Kampanye Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Penasaran dengan penjelasan apa itu sikap maupun apa yang dimaksud kriteria dalam pelajar Pancasila:


https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


1. BERIMAN, BERTAKWA KEPADA TUHAN YME, DAN BERAKHLAK MULIA

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Para siswa memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Singkatnya, Pelajar Indonesia diharapkan memahami moralitas, spiritualitas, dan etika berada, yang merupakan hasil dari pendidikan karakter.


Ada lima elemen kunci dalam beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. elemen-elemen tersebut adalah:
  1. akhlak beragama;
  2. akhlak pribadi;
  3. akhlak kepada manusia;
  4. akhlak kepada alam; dan
  5. akhlak bernegara.


Baca: ARTI DAN MAKNA DARI LAMBANG PANCASILA

2. KEBHINEKAAN GLOBAL

Kriteria siswa yang dimaksud adalah Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur, lokalitas dan identitasnya, dan tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya dengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa. Elemen dan kunci kebinekaan global meliputi mengenal dan menghargai budaya, kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.


3. GOTONG ROYONG

Kriteria siswa yang dimaksud adalah Pelajar Indonesia memiliki kemampuan berkolaborasi yang merupakan softskill utama yang terpenting di masa depan agar bisa bekerja secara tim.


4. MANDIRI

Pelajar mandiri adalah pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri. Singkatnya, Pelajar Indonesia diharapkan secara independen termotivasi meningkatkan kemampuannya, bisa mencari pengetahuan serta termotivasi.


5. BERNALAR KRITIS

Pelajar Indonesia yang bernalar kritis adalah pelajar yang mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, mengevaluasi dan menyimpulkannya. Para siswa diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Hal ini berhubungan dengan kemampuan kognitif. Singkatnya, Pelajar Indonesia diharapkan memiliki kemampuan memecahkan masalah. Sikap ini berhubungan dengan kemampuan kognitif.


Ada empat elemen kunci dalam bernalar kritis. elemen-elemen tersebut adalah:
  1. memperoleh dan memproses informasi dan gagasan;
  2. menganalisis dan mengevaluasi penalaran;
  3. merefleksi pemikiran dan proses berpikir; dan
  4. mengambil Keputusan.



6. KREATIF

Pelajar Indonesia yang kreatif adalah pelajar yang mengambil atau mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Singkatnya, Pelajar Indonesia diharapkan bisa menciptakan hal baru, berinovasi secara mandiri, dan mempunyai rasa cinta terhadap kesenian dan budaya.


Ada dua elemen kunci dalam kreatifitas dalam profil ini. elemen-elemen tersebut adalah:
  1. menghasilkan gagasan yang orisinal; dan
  2. menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.



“Jadi, bukan hanya dengan membaca materi lalu diuji, melainkan juga untuk menciptakan karya. Maka, saya mempunyai moto, kalau kita ingin melakukan transformasi pembelajaran di dalam suatu ruang kelas maka harus banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya,” sebagaimana dikatakan Bapak Nadiem makarim dalam kampanye Kemendikbud. - https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/ -

Post a Comment for "6 PROFIL PELAJAR PANCASILA DARI KEMENDIKBUD"