PENGERTIAN DAN DAMPAK GLOBALISASI YANG PERLU ANDA KETAHUI

Pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Pengertian dan dampak globalisasi harus diperhatikan dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan saat ini banyak sekali karakteristik yang tentu saja mempengaruhi kehidupan bagi bangsa. Pengaruhnya tidak akan dirasakan saat ini, namun bisa dirasakan beberapa puluh tahun ke depan. Oleh sebab itulah pemahaman akan adanya globalisasi membuat kebudayaan dan produk luar negeri dapat masuk ke dalam suatu negara ini perlu dijelaskan kembali. Pengaruh dari macam-macam karakteristik yang umum adalah bermacam-macam interaksi Unsur Kultural antar negara melalui media massa dan internet yang ada di Indonesia yang jika disalah artikan akan mempengaruhi budaya lokal.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

PENGERTIAN GLOBALISASI

Globalisasi adalah berasal dari kata Globalization. Global artinya dunia sedangkan lization artinya adalah proses. Secara bahasa arti Globalisasi adalah Suatu proses yang mendunia, suatu proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.


Di era globalisasi (Baca: APA ITU GLOBALISASI? DEFINISI GLOBALISASI LENGKAP) yang didukung perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan seseorang di suatu wilayah dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah. Globalisasi dimaknai sebagai dunia satu atap atau dunia batas.


Globalisasi merujuk pada proses, yaitu proses menuju lingkup dunia. Dapat dikatakan bahwa globalisasi artinya proses mendunia. Adanya globalisasi membuat kebudayaan dan produk luar negeri dapat masuk ke dalam suatu negara.


Adanya Globalisasi disebabkan oleh 2 hal yaitu :
  1. Kemajuan sarana transportasi
  2. Kemajuan sarana komunikasi dan informasi.



DAMPAK GLOBALISASI

Pengertian dan dampak globalisasi menguntungkan, namun disisi informasi lain merugikan. Semuanya tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Dampak Positif

  1. Komunikasi dan Transportasi Manusia Semakin Dinamis
  2. Terbukanya Lapangan Kerja
  3. Meningkatnya Toleransi dan Semangat Membantu Antar Manusia di Dunia
  4. Makin Banyak Negara Menganut Sistem Demokrasi
  5. Memperkaya Unsur Kultural Bangsa


Dampak negatif

  1. Lunturnya Sikap Setiakawan (Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL)
  2. Kebudayaan Barat Masuk Ke Indonesia Dan Banyak Ditiru Masyarakatnya
  3. Maraknya Penyelundupan Barang Dari Luar Negeri
  4. Banyak Terjadi Sikap Mementingkan Diri Sendiri Dibandingkan Orang Lain
  5. Terjadi Kerusakan Lingkungan Akibat Polusi Limbah Industri



Namun, yang harus di ingat Globalisasi berbeda dengan istilah global warming atau pemanasan global.


Globalisasi memunculkan perilaku budaya masyarakat konsumtif. Sebagai contoh, kemudahan untuk mengakses media masa serta kehadiran media sosial mendorong individu untuk terus membeli barang-barang terkini sebagaimana tren yang berkembang; Globalisasi membawa pengaruh pada bahasa dan kebudayaan lokal.


KETAHUI GLOBALISASI DAN MODERNISASI ADALAH BEDA

Perbedaan globalisasi dan modernisasi adalah bahwa Modernisasi merupakan proses pembangunan yang mengarah kepada kemajuan, perubahan dari tradisional menjadi modern, sedangkan globalisasi ialah suatu proses dalam penyebaran unsur-unsur yang baru karena hal ini dikarenakan masyarakat saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya.


globalisasi dan modernisasi adalah dua hal yang selalu dikaitkan satu sama lainnya. Ada yang berpendapat bahwa globalisasi menimbulkan modernisasi, ada yang berpendapat bahwa sebaliknya, bahkan ada yang berpendapat bahwa keduanya adalah hal yang sama, dan ada juga yang berpendapat bahwa globalisasi dan modernisasi adalah dua hal yang berbeda.


Adapun perbedaan modernisasi dan globalisasi yaitu Modernisasi ialah proses pembangunan yang mengarah kepada kemajuan, perubahan dari tradisional menjadi modern, sedangkan globalisasi ialah suatu proses dalam penyebaran unsur-unsur yang baru karena hal ini dikarenakan masyarakat saling memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Contoh nyata dari globalisasi adalah munculnya kemajuan teknologi seperti komunikasi, transportasi, dan informasi.


Globalisasi diartikan sebagai suatu keadaan dimana orang-orang di dunia (manusia dengan manusia, kelompok dengan kelompok, negara dengan negara) saling memiiliki sebuah keterkaitan satu sama lain, mengesampingkan masalah ekonomi, budaya dan geografis melalu proses social yang alamiah. Proses social yang alamiah disini dimaksudkan hubungan yang terjadi oleh hasil perdagangan yang meluas dan menimbulkan pertukaran budaya pada saat berlangsungnya proses tersebut. Ciri-ciri terjadinya globalisasi seperti terdapat pelebaran ekonomi melalui hubungan perdagangan yang semakin meluas, social, ekonomi, pertukaran budaya pada pelosok wilayah negara dan benua.


Sedangkan Modernisasi didefinisikan sebagai langkah perubahan budaya suatu masyarakat terhadap semua aspek-aspeknya. Ciri-ciri manusia modern antara lain adalah percaya diri, percaya terhadap ilmu teknologi dan ilmu pengetahuan, terbuka untuk menerima proses perubahan, saling mengapresiasi terhadap prestasi sesama manusia, dan sebagainya. demikianlah ringkasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat ---

Mencari makna kata-kata? Perlu lebih banyak definisi? Temukan website kamus terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas

Post a Comment for "PENGERTIAN DAN DAMPAK GLOBALISASI YANG PERLU ANDA KETAHUI"