Budaya dan 7 Unsur Pembentuk Suatu Kebudayaan

Budaya dan 7 Unsur Pembentuk Suatu Kebudayaan


Budaya Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Budaya memiliki arti akal budi, secara umum, budaya dapat diartikan sebagai suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompoh manusia, yang telah berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi dari sesepuh kelompok tersebut.


Menurut Koentjaraningrat, budaya adalah semua sistem ide, gagasan, rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya dijadikan klaim manuaia dengan cara belajar.

Menurut (Kluckhohn, 1989), ada tujuh unsur yang membentuk suatu budaya atau kebudayaan, yaitu:


1. Bahasa, yaitu mencakup bahasa lisan mapun tulisan yang memiliki fungsi sebagai cara berinteraksi, dan merupakan salah satu tanda adanya budaya pada suatu peradaban.


2. Sistem pengetahuan, yaitu mencakup pengetahuan mengenai berbagai macam hal seperti perilaku sosial, organ manusia, flora dan fauna, waktu, dan lain sebagainya.


3. Sistem religi, yaitu mencakup aliran kepercayaan yang dianut oleh masyarakat. Kegiatan unsur kebudayaan sistem religi misalnya upacara atau tradsi kepercayaan tertentu.


4. Sistem mata pencaharian manusia, yaitu mencakup metode masyarakat untuk bertahan hidup, seperti bercocok tanam, berdagang, bertani, dan lain sebagainya.


5. Sistem teknologi manusia, yaitu mencakup peralatan produksi, transportasi, proses distribusi, dan komunikasi, serta tempat-tempat untuk menyimpan beda dan atau manusia. Rumah, senjata, dan perkakas merupakan unsur kebudayaan yang diciptakan oleh peradaban maanusia.


6. Sistem kemasyarakatan, yaitu mencakup sistem keluarga, organisasi, kekerabatan, komunitas, hingga negara. Sejak lahir manusia telah menjadi bagian organisasi, yaitu keluarga dan terikat dalam kegiatan keagaman.


7. Kesenian, yaitu mencakup berbagai bentuk seni, seperti seni musik, seni tari, seni lukis, sastra, arsitektural, dan lain-lain. Setiap karya manusia yang mengandung seni merupakan unsur budaya.


Dari penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com secara umum pengertian budaya daerah itu sendiri adalah kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu, yang merupakan warisan dari para pendahulu dari suatu suku yang mendiami suatu daerah. Setiap budaya daerah memiliki ciri khas tersendiri yang mencerminkan kehidupan masyarakat di daerah tersebut. Budaya daerah juga dapat diartikan sebagai penentu norma-norma yang berlaku pada suatu masyarakat, serta merupakan suatu kesenian verbal untuk meneruskan kebiasaan dan nilai-nilai budaya suatu daerah. Indonesia sendiri memeiliki banyak sekali suku bagnsa yang setiap sukunya memiliki budayanya masing-masing yang menjadi cirikhas dari suku tersebut dan menjadikan Indonesia negara yang sangat kaya akan budaya daerah.


Itulah pembahasan pengertian arti definisi dari istilah budaya dan 7 unsur pembentuk suatu suatu budaya atau kebudayaan. Mencari istilah kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan apa yang dishare website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "Budaya dan 7 Unsur Pembentuk Suatu Kebudayaan"