Pengertian Pedagogical Content Knowledge

Pengertian Arti Definisi Dari Pedagogik. (pixels/pixels)
Pengertian Arti Definisi Dari Pedagogik. (pixels/pixels)
Pengertian Pedagogical Content Knowledge. (pixels/pixels)

Pengertianartidefinisidari.blogspot.com-Aktivitas pembelajaran merupakan suatu interaksi yang kompleks, melibatkan banyak variabel dengan agen utama adalah guru. Di dalam satu pertemuan pembelajaran, terdapat banyak saat di mana guru harus mengambil keputusan. Bahkan sebelum masuk ke dalam kelas guru sudah harus mengambil keputusan tentang metode pembelajaran yang akan dipakai, pertanyaan yang akan diajukan, dan tentang tugas yang akan diberikan kepada para siswa.

Baca juga: Pengertian Content Knowledge

Di dalam aktivitas pembelajaran, guru memegang peranan sentral, ia memegang kendali. Pembelajaran bersifat interaktif atau satu arah, didominasi ceramah atau berisi kegiatan eksploratif oleh siswa, berpusat pada materi atau pada siswa, tergantung dari perencanaan yang dilakukan oleh guru. Guru dapat membuat pembelajaran sangat menarik atau membosankan, guru juga dapat mengarahkan para murid mempelajari suatu materi secara mendalam atau hanya belajar di permukaan saja, dan guru juga dapat mengatur agar murid hanya menghafalkan materi yang diajarkan atau menantang para murid berpikir kreatif menemukan solusi dari suatu persoalan. Hal ini dipaparkan untuk menunjukkan betapa peran guru bisa sangat menentukan kualitas pembelajaran. Di dalam tulisan ini dipaparkan sebuah konsep yang berkembang sejak akhir tahun 1980an yang dikenal sebagai Pedagogical Content Knowledge (PCK) Sukadi, dkk (2015, hlm. 38) mengemukakan “Pedagogical Content Knowledge (PCK) digambarkan sebagai hasil perpaduan antara pemahaman materi ajar (content knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang berbaur menjadi satu yang perlu dimiliki oleh seorang pengajar”.


Dazrullisa (2017, hlm. 51) mengatakan, “Pedagogical Content Knowledge merupakan perpaduan kemampuan khusus dan pengetahuan konten dan pedagogi yang terbentuk seiring dengan waktu dan bertambahnya pengalaman mengajar PCK telah diterima sebagai konstruk akademi yang menghubungkan beberapa komponen pengetahuan dengan pengetahuan profesional guru”, sedangkan Subanji (2015, hlm. 71) mengatakan, “Pedagogical Content Knowledge merupakan suatu proses sistematis dan terencana yang dirancang oleh pembelajar (guru) untuk membelajarkan siswa sehingga siswa mampu (1) mengonstruksi pengetahuan (materi) baru melalui pengaitan dengan pengetahuan lama, (2) memahami materi lebih dari sekedar tau, (3) mampu menjawab apa, mengapa, dan bagaimana, (4) menginternalisasi pengetahuan kedalam diri sedemikian hingga membentuk perilaku, dan (5) mengolah perilaku menjadi karakter diri”. Selain itu menurut Imaduddin (2014, hlm. 26) mengatakan, Pedagogical Content Knowledge merupakan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh guru mengenai bagaimana mengajarkan konten tertentu kepada peserta didik dengan strategi yang mampu mengarahkan menuju pemahaman.


Berdasarkan uraian pengertianartidefinisidari.blogspot.com di atas bahwa Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan suatu pemahaman tentang metode dan pengetahuan pembelajaran yang efektif dengan konten pedagogic untuk menjadi tenaga pendidik yang berkompenten dan profesional.

Share juga: Pengertian Pedagogik


Itulah pembahasan pengertian istilah Pedagogical Content Knowledge (PCK). Mencari istilah kata-kata? Perlu lebih banyak PengertianArtiDefinisidari? Temukan website PengertianArtiDefinisidari.blogspot.com, terbaru di Indonesia dan baca ribuan definisi lagi dan pencarian istilah selanjutnya! sebab Pengertianartidefinisidari merangkum semuanya secara jelas, lengkap, serta ringkas!

Post a Comment for "Pengertian Pedagogical Content Knowledge"