PERNYATAAN MISI & VISI: APA PERBEDAAN ANTARA PERNYATAAN MISI, VISI DAN NILAI-NILAI

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Pernyataan misi dan visi - apa perbedaan antara penyataan misi, visi dan nilai?


Pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Setiap pernyataan dapat menjadi bagian dari proses perencanaan strategis tetapi memiliki tujuan yang berbeda. Pernyataan-pernyataan ini dapat ditulis untuk organisasi atau untuk masing-masing departemen.


Pernyataan Misi mendefinisikan bisnis perusahaan, tujuan dan pendekatannya untuk mencapai tujuan tersebut. Pernyataan Visi menjelaskan posisi masa depan perusahaan yang diinginkan. Elemen Pernyataan Misi dan Visi sering digabungkan untuk memberikan pernyataan tentang tujuan, sasaran, dan nilai-nilai perusahaan. Namun, terkadang kedua istilah tersebut digunakan secara bergantian.


Pernyataan misi adalah penjelasan singkat tentang alasan keberadaan organisasi. Ini menggambarkan tujuan organisasi dan niat keseluruhannya. Pernyataan misi mendukung visi dan berfungsi untuk mengomunikasikan tujuan dan arahan kepada karyawan, pelanggan, vendor, dan pemangku kepentingan lainnya. Lihat Contoh Pernyataan Misi Perusahaan SHRM untuk berbagai sampel. Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat menyusun pernyataan misi dapat mencakup:
  • Apa tujuan organisasi kita?
  • Mengapa organisasi kami ada?



Pernyataan visi melihat ke depan dan menciptakan citra mental tentang kondisi ideal yang ingin dicapai organisasi. Ini inspirasional dan aspiratif dan harus menantang karyawan. Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat menyusun pernyataan visi mungkin termasuk:
  • Masalah apa yang ingin kita pecahkan?
  • Kemana tujuan kita?
  • Jika kita mencapai semua sasaran strategis, seperti apa kita 10 tahun dari sekarang?



Pernyataan nilai mencantumkan prinsip-prinsip inti yang memandu dan mengarahkan organisasi dan budayanya. Dalam organisasi yang dipimpin nilai-nilai, nilai-nilai menciptakan kompas moral untuk organisasi dan karyawannya. Ini memandu pembuatan keputusan dan menetapkan standar yang dengannya tindakan dapat dinilai. Nilai-nilai inti ini adalah kerangka kerja internal yang dibagikan dan ditindaklanjuti oleh kepemimpinan. Saat menyusun pernyataan nilai, pertanyaan yang perlu dipertimbangkan mungkin termasuk:
  • Nilai-nilai apa yang unik untuk organisasi kita?
  • Nilai-nilai apa yang harus memandu operasi perusahaan kita?
  • Perilaku apa yang harus dijunjung karyawan kita?



Dalam hubungannya dengan pernyataan nilai-nilai, kode etik mempraktikkan nilai-nilai tersebut. Ini menguraikan prosedur yang ada untuk memastikan nilai-nilai organisasi ditegakkan. Pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat membuat kode etik mungkin termasuk:
  • Apa masalah etika umum dalam industri kita?
  • Apa yang harus dilakukan seseorang jika dia melihat pelanggaran nilai-nilai kita?



Manajemen tidak dapat membuat pernyataan nilai baru atau kode etik dan mengharapkan perubahan segera. Agar organisasi memiliki pernyataan nilai yang efektif, organisasi harus sepenuhnya merangkul nilai-nilai dan etika di semua tingkatan perusahaan dan menggunakannya setiap hari untuk memandu sikap, tindakan, dan pengambilan keputusannya. Merujuk pada Apa artinya menjadi organisasi berbasis nilai? untuk informasi lebih lanjut




MISI DAN VISI

Pengertian Pernyataan misi, atau sekadar misi, adalah deklarasi publik yang digunakan sekolah atau organisasi pendidikan lainnya untuk menjelaskan tujuan pendiriannya dan komitmen organisasi utama yaitu, apa yang mereka lakukan dan mengapa mereka melakukannya. Pernyataan misi dapat menggambarkan tujuan operasional sehari-hari sekolah, nilai instruksinya, atau komitmen publiknya kepada siswa dan komunitasnya. Pernyataan visi, atau sekadar visi, adalah deklarasi publik yang digunakan sekolah atau organisasi pendidikan lainnya untuk menggambarkan tujuan tingkat tinggi mereka untuk masa depan buat apa yang mereka harapkan untuk capai jika mereka berhasil memenuhi tujuan atau misi organisasi mereka. Pernyataan visi dapat menggambarkan cita-cita tertinggi sekolah, nilai-nilai inti organisasi, tujuan jangka panjangnya, atau apa yang diharapkan siswa akan pelajari atau mampu lakukan setelah lulus.


Istilah pernyataan misi dan pernyataan visi sering digunakan secara bergantian. Sementara beberapa perusahaan, pendidik dan sekolah mungkin secara longgar mendefinisikan dua istilah, atau bahkan mengaburkan garis tradisional yang telah memisahkan mereka, tampaknya ada kesepakatan umum dalam komunitas pendidikan tentang perbedaan utama antara "misi" dan "visi." Secara umum , sebuah pernyataan visi mengungkapkan realitas masa depan yang diharapkan, sementara pernyataan misi menyatakan komitmen dan tindakan praktis yang diyakini sekolah diperlukan untuk mencapai visinya. Sementara pernyataan visi menggambarkan tujuan akhir - perubahan yang dicari oleh sekolah maupun perusahaan - pernyataan misi dapat menggambarkan jaminan akademik dan operasionalnya yang luas, serta komitmennya kepada siswa dan komunitasnya.


PERNYATAAN MISI DAN VISI

Seiring dengan perencanaan strategis, pernyataan misi dan visi adalah di antara alat yang paling banyak digunakan, dan secara konsisten peringkat di atas rata-rata dalam kepuasan.


Pernyataan Misi mendefinisikan bisnis perusahaan, tujuan dan pendekatannya untuk mencapai tujuan tersebut. Pernyataan Visi menjelaskan posisi masa depan perusahaan yang diinginkan. Elemen Pernyataan Misi dan Visi sering digabungkan untuk memberikan pernyataan tentang tujuan, sasaran, dan nilai-nilai perusahaan. Namun, terkadang kedua istilah tersebut digunakan secara bergantian.


BAGAIMANA PERNYATAAN VISI DAN MISI BERKERJA

Biasanya, manajer senior akan menulis Pernyataan Misi dan Visi perusahaan secara keseluruhan. Manajer lain di tingkat yang berbeda dapat menulis pernyataan untuk divisi atau unit bisnis tertentu. Proses pengembangan mengharuskan manajer untuk:
  • Identifikasi dengan jelas budaya perusahaan, nilai-nilai, strategi dan pandangan masa depan dengan mewawancarai karyawan, pemasok, dan pelanggan
  • Mengatasi komitmen yang dimiliki perusahaan kepada pemangku kepentingan utamanya, termasuk pelanggan, karyawan, pemegang saham, dan masyarakat
  • Pastikan bahwa tujuan dapat diukur, pendekatannya dapat ditindaklanjuti dan visi dapat dicapai
  • Komunikasikan pesan dalam bahasa yang jelas, sederhana dan tepat
  • Kembangkan dukungan dan dukungan di seluruh organisasi



Perusahaan menggunakan Pernyataan Misi dan Visi untuk:

Secara internal

  • Pandu manajemen dalam memikirkan masalah strategis, terutama pada saat perubahan signifikan
  • Bantu mendefinisikan standar kinerja
  • Menginspirasi karyawan untuk bekerja lebih produktif dengan memberikan fokus dan tujuan bersama
  • Memandu pengambilan keputusan karyawan
  • Bantu membangun kerangka kerja untuk perilaku etis



Secara eksternal

  • Mintalah dukungan eksternal
  • Buat hubungan yang lebih dekat dan komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan, pemasok, dan mitra aliansi
  • Berfungsi sebagai alat hubungan masyarakat



PENGERTIAN VISI, MISI DAN NILAI-NILAI

PENGERTIAN VISI

Dalam konteks manajemen, sebuah visi adalah ekspresi dari apa yang ingin menjadi organisasi, ingin menjadi apa, dikenal sebagai atau dikenal. Ini adalah tujuan jangka panjang organisasi.


Visi berasal dari para pemimpin, ini adalah bagaimana mereka mengekspresikan masa depan untuk organisasi atau arah strategisnya. Namun, itu harus praktis dan layak sambil mewakili tantangan bagi organisasi. Visi tersebut juga harus dibagikan oleh anggota organisasi sehingga semua orang dengan jelas memahami apa yang menjadi tujuan organisasi. Untuk menciptakan visi bagi organisasi, manajemen puncak harus mengidentifikasi pengaruh potensial kunci pada organisasi selama sepuluh tahun ke depan dalam hal pengaruh ekonomi, politik, sosial dan teknologi.


Menurut Lewis Smith (1994), Para ahli menyatakan bahawa sebuah visi dapat dinyatakan dengan memenuhi unsur, sebagai berikut:
  • Berorientasi pada masa depan.
  • Tidak dibuat berdasar kondisi atau tren saat ini.
  • Mengekspresikan kreativitas. 
  • Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat. 
  • Memperhatikan sejarah, culture, clan nilai organisasi meskipun ada perubahan terduga.
  • Mempunyai standard yang tinggi, ideal serta harapan bagi anggota sebuah organisasi.
  • Memberikan klarifikasi bagi manfaat organisasi serta tujuan-tujuannya.
  • Memberikan semangat clan mendorong timbulnya dedikasi pada organisasi.
  • Menggambarkan keunikan organisasi dalam kompetisi serta citranya. 
  • Bersifat ambisius serta menantang segenap anggota organisasi.



PENGERTIAN MISI

Dalam konteks manajemen, misi adalah pencarian, perjalanan ke tujuan di mana seluruh organisasi terlibat. Pernyataan misi memberi tahu kita apa tujuan kita, ke mana kita akan pergi. Ini memberikan pengaturan kompas untuk organisasi. Misi berarti dasar dari kepemimpinan yang efektif. Ini adalah bagaimana organisasi akan mencapai visinya.

Tanpa pelanggan tidak ada bisnis karena itu tujuan dasar dari sebuah bisnis adalah untuk memuaskan keinginan tertentu di masyarakat dan menciptakan pelanggan. Misinya terkait dengan keinginan ini dan dinyatakan dalam istilah tertentu.


Pernyataan misi harus:
  • Berikan arahan yang jelas dan jelas kepada semua yang melayani organisasi
  • Berhubungan dengan organisasi pelanggan / pasar saat ini dan masa depan
  • Ekspresikan manfaat yang diberikan produk atau layanan organisasi untuk pelanggan / pasar yang ditargetkan
  • Selalu perhatikan bisnis di luar, bukan di dalam. Misalnya misi yang difokuskan pada peningkatan pangsa pasar adalah misi pencarian ke dalam sedangkan misi yang difokuskan untuk membawa komunikasi digital murah ke masyarakat adalah pernyataan misi mencari ke luar
  • Ekspresikan keyakinan bersama. Tidak ada gunanya menerbitkan pernyataan misi di mana orang tidak terlibat dalam pengembangannya.
  • Tetap konstan meskipun ada perubahan dalam manajemen puncak. Terlalu banyak perubahan pada misi menyebabkan orang menarik ke arah yang berbeda
  • Memperhatikan semua pemangku kepentingan
  • Mengambil pandangan jangka menengah (tujuan bisnis mengambil pandangan jangka pendek dan visi pandangan jangka panjang)



Hanya definisi tujuan dan misi bisnis yang jelas yang memungkinkan tujuan bisnis yang jelas dan realistis. Ini adalah titik awal untuk strategi, struktur dan proses. Proses tidak akan menyebabkan hasil yang benar kecuali tujuan proses telah diperoleh dari misi.


PENGERTIAN NILAI-NILAI

Dalam konteks manajemen, nilai adalah prinsip atau kepercayaan yang akan memandu organisasi dalam memenuhi tujuannya (mencapai tujuannya, menyelesaikan misinya dan mewujudkan visinya). Nilai adalah hal-hal yang penting bagi organisasi.


Organisasi mengadopsi nilai-nilai tertentu dan bukan yang lain tergantung pada visinya. Nilai adalah kunci manajemen yang efektif. Strategi ini adalah inti dari setiap keputusan, setiap tindakan dan menyalurkan proses pemikiran dalam membuat keputusan dan mengambil tindakan - nilai tersebut mengkondisikan perilaku orang-orang dalam organisasi dan cara penanganan hubungan internal dan eksternal. Nilai-nilai menjadi ciri budaya organisasi. Nilai dapat dinyatakan sebagai prinsip, keyakinan atau kebijakan, tetapi tidak semua prinsip dan kebijakan adalah pernyataan nilai. Agar organisasi dapat berhasil, diperlukan seperangkat nilai bersama. Nilai tidak boleh dikorbankan untuk mencapai tujuan atau mencapai misi. Tindakan seperti itu mengirimkan sinyal bahwa tidak apa-apa untuk membengkokkan aturan. Dalam jangka panjang, tindakan tersebut menjadi endemik dan bertindak seperti penyakit di seluruh organisasi dan pada akhirnya menyebabkan kejatuhannya.


Nilai mungkin termasuk:
  • Fokus pelanggan
  • Kepemimpinan
  • Keterlibatan orang
  • Pendekatan proses
  • Pendekatan sistem untuk manajemen
  • Perbaikan terus menerus
  • Pendekatan faktual untuk pengambilan keputusan
  • Hubungan pemasok yang saling menguntungkan
  • Kejujuran, integritas, dan kepercayaan
  • Tanggung jawab, rasa hormat, dan kesetiaan
  • Hubungan, privasi, keterbukaan, kontribusi individu
  • Kebebasan, kerahasiaan dan keamanan finansial, kehidupan, lingkungan dan kesetaraan
  • Keanekaragaman, inovasi, pertumbuhan, dan daya saing



Ini semua adalah nilai positif tetapi ada nilai negatif yang sama tergantung pada sudut pandang orang tersebut. Ketakutan, ketegangan, tekanan, duplikat, keseragaman, eksploitasi, kerahasiaan, dan diskriminasi mungkin merupakan nilai yang pantas bagi beberapa organisasi untuk memenuhi visi mereka!


PERBEDAAN ANTARA VISI DAN MISI

Sebagian besar perusahaan saat ini memiliki pernyataan visi dan misi. Seperti halnya orang, perusahaan membutuhkan arahan. Kurangnya arah telah menutup banyak bisnis. Selain arahan, seperti halnya orang, bisnis perlu menetapkan dan mendapatkan tujuan, sambil mengetahui bagaimana cara mendapatkan tujuan tersebut. Pada saat yang sama, karyawan perusahaan membutuhkan rasa kekompakan agar dapat bekerja bersama secara harmonis.


Memiliki bisnis yang tidak memiliki sasaran pada akhirnya akan menyebabkan bisnis memiliki masalah keuangan dan karyawan. Pernyataan visi dan misi membantu menginspirasi karyawan, serta memberikan tujuan dan arahan. Untuk mengatasi masalah kurangnya arah dan tujuan, bisnis yang sukses menciptakan dan memperbarui pernyataan visi dan misi sepanjang waktu. Perusahaan mana pun yang baik akan meninjau kembali pernyataan visi dan misi mereka dari waktu ke waktu.


Banyak organisasi tidak menyadari ada perbedaan dan kadang-kadang akan membuat daftar tujuan yang mereka kejar dan menyebut tujuan ini sebagai pernyataan visi mereka. Perusahaan lain akan menyatakan apa yang diperjuangkan perusahaan mereka dan menyebutnya pernyataan misi mereka. Baca terus untuk mengetahui perbedaan antara keduanya sehingga Anda tidak jatuh ke dalam perangkap ini juga.


Pernyataan Misi

Pernyataan misi perusahaan adalah pernyataan tentang apa yang mereka lakukan setiap hari. Ini mendefinisikan kegiatan sehari-hari dari pekerjaan yang mereka lakukan, dan setiap orang yang bekerja untuk organisasi berkontribusi pada misi itu. Pikirkan itu seperti orang yang menetapkan tujuan harian atau mingguan untuk dicapai. Ini menjelaskan kepada karyawan dan pelanggan apa yang sedang dilakukan saat ini. Ini hadir fokus dan dapat berubah dengan sangat cepat tergantung pada keadaan pasar bisnis.


Untuk karyawan perusahaan, itu memberi pekerja rasa tujuan tentang nilai pekerjaan mereka. Ini adalah pernyataan luas yang menggambarkan kekompakan sebuah organisasi, bahkan jika mereka melakukan berbagai jenis pekerjaan di masing-masing departemen. Sering kali pernyataan Misi sering dimulai dengan pernyataan seperti, "Kami menyediakan ..." atau "Kami menawarkan ..." atau "Kami adalah ..." Pernyataan misi menetapkan kerangka kerja untuk perilaku mereka yang bekerja di perusahaan. Standar kinerja dapat didasarkan pada pernyataan misi perusahaan. Ini dapat memandu pengambilan keputusan bagi karyawan di berbagai tingkatan perusahaan.


Pernyataan Visi

Pernyataan visi adalah pernyataan yang jelas dan pasti tentang apa yang ingin Anda capai, dan seperti apa dunia setelah Anda menyelesaikan misi Anda. Ini adalah skenario sempurna yang ingin Anda capai. Juga, mengetahui apa yang penting dalam komunitas tempat Anda bekerja seringkali sangat penting dalam menyusun pernyataan visi. Berbeda dengan pernyataan misi, itu berorientasi masa depan. Ini memberikan rasa tentang apa nilai perusahaan bagi mereka yang berada di dalam maupun di luar perusahaan. Terkadang, beberapa perusahaan akan menggunakan pernyataan visi mereka untuk tujuan hubungan masyarakat.


Karena pernyataan visi digunakan untuk mengarahkan sasaran strategis keseluruhan untuk suatu perusahaan, mereka cenderung tidak terlalu sering berubah. Setiap tujuan adalah langkah lain menuju pencapaian visi perusahaan secara keseluruhan. Pernyataan visi ditulis dalam present tense tetapi masih melayani masa depan perusahaan. Ketika pernyataan visi dapat dibaca dalam present tense dan akurat, organisasi akan tahu bahwa visi mereka tercapai. Misalnya, pernyataan visi untuk organisasi nirlaba yang bekerja untuk menghilangkan tunawisma dapat membaca, "Semua anak akan hidup di perumahan yang aman dan terjangkau." Oleh karena itu, memastikan anak-anak dalam keadaan aman, perumahan yang layak adalah tujuan strategis keseluruhan dari nirlaba itu.


Kurangnya penglihatan seperti mengemudi di jalan tanpa peta. Anda mungkin bergerak maju tetapi Anda tidak tahu tujuan sebenarnya. Pernyataan visi yang baik akan menciptakan arahan yang sangat dibutuhkan dan mengapa itu penting.


Perbedaan Antara Visi Dan Misi

Perbedaan utama antara pernyataan visi dan misi adalah timeline. Meski bisa ada tumpang tindih di antara keduanya. Secara umum, pernyataan misi menentukan apa yang sedang dilakukan organisasi, sementara pernyataan visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin mereka capai. Misi adalah apa yang dilakukan orang untuk mencapai visi. Ini adalah bagaimana (misi) versus mengapa (visi).


Pernyataan misi juga dapat digunakan sebagai alat manajemen yang kohesif. Itu bisa berubah dan berubah ketika keadaan atau kebutuhan perusahaan berubah. Tugas, tindakan, dan perilaku karyawan semuanya harus berada di bawah misi organisasi. Karena pernyataan visi adalah tujuan yang mungkin atau mungkin tidak cukup sulit dipahami, itu bukan cara yang efektif untuk mengarahkan perilaku dan ekspektasi karyawan individu sehubungan dengan kegiatan sehari-hari - tetapi itu memberi karyawan gagasan tentang apa yang diharapkan organisasi untuk capai sebagai sebuah tim. Visi selalu berpikir ke depan dan karena itu, tidak dapat digunakan untuk operasi sehari-hari perusahaan.


Kadang-kadang, bahasa yang berbeda digunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan pernyataan visi dan misi berdasarkan jenis organisasi. Misalnya, di sektor nirlaba, organisasi akan sering menggunakan istilah rencana aksi alih-alih pernyataan misi. Istilah nilai-nilai inti kadang-kadang digunakan sebagai pengganti pernyataan visi juga. Tidak peduli apa istilah yang digunakan, itu dimaksudkan untuk menggambarkan tujuan keseluruhan (misi) dan strategi luas (visi).


Visi dan Pernyataan Misi Pribadi

Meskipun paling sering digunakan oleh organisasi, terkadang keluarga atau individu mengembangkan misi dan pernyataan visi mereka sendiri untuk mengarahkan tindakan dan kegiatan mereka. Misalnya, ada baiknya bertanya seperti: Apa impian saya? Apa yang menginspirasi saya? Bagaimana saya bisa menghadapi perubahan dengan lebih baik? Bahasanya mungkin berbeda, misalnya, orang dapat mengekspresikan pernyataan visi mereka dengan menggunakan kredo pribadi sebagai pengganti pernyataan visi tetapi tujuannya adalah sama. Jika Anda pikir Anda dapat mengambil manfaat dari misi pribadi atau pernyataan visi, sedang berjuang untuk menulis satu untuk perusahaan Anda, atau memerlukan dukungan mengelola anggota tim Anda secara efektif di bawah misi Anda, seorang konselor dengan pengalaman dalam konseling perilaku dan efektivitas kebiasaan dapat membantu. Mengetahui siapa Anda dan ke mana tujuan Anda adalah informasi penting untuk dipahami.


Seorang penasihat yang berpengalaman dalam bidang ini dapat memberikan wawasan dan dukungan untuk membantu Anda menciptakan misi dan visi - dan pada akhirnya tim - yang Anda harapkan agar berhasil dalam kehidupan. Betterhelp.com bahkan menawarkan layanan ini secara online sehingga Anda bisa mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan tanpa meninggalkan kantor! Ini ringkas dan efisien, model yang bagus untuk perusahaan mana pun.


KESIMPULAN PERNYATAAN MISI & VISI: APA PERBEDAAN ANTARA PERNYATAAN MISI, VISI DAN NILAI-NILAI

Organisasi merangkum tujuan dan sasaran mereka dalam pernyataan misi dan visi. Keduanya melayani tujuan yang berbeda untuk sebuah perusahaan tetapi sering bingung satu sama lain. Sementara pernyataan misi menggambarkan apa yang ingin dilakukan perusahaan sekarang, pernyataan visi menjabarkan apa yang ingin dilakukan perusahaan di masa depan.


Pernyataan Misi berkonsentrasi pada saat ini; itu mendefinisikan pelanggan, proses kritis dan memberi tahu Anda tentang tingkat kinerja yang diinginkan.


Pernyataan Visi berfokus pada masa depan; itu adalah sumber inspirasi dan motivasi. Seringkali itu menggambarkan bukan hanya masa depan organisasi tetapi masa depan industri atau masyarakat di mana organisasi berharap untuk melakukan perubahan.



Terus membaca postingan website "Pengertianartidefinisidari", caranya klik link https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/, kemudian kunjungi pembahasan sesuai yang ingin ketahui. Anda bisa membaca bermacam-macam tulisan dari artikel kami sebagai referensi.

1 comment for "PERNYATAAN MISI & VISI: APA PERBEDAAN ANTARA PERNYATAAN MISI, VISI DAN NILAI-NILAI"