ARTI DARI GOOGLE TRENDS DAN FUNGSI SERTA CARA MENGGUNAKANNYA

Google Trends - Kenali trending topic di mesin pencari Google dengan menggunakan Google trends penelusuran terutama bagi para marketer, pembuat konten blog maupun pembisnis online. Tidak sedikit dari para blogger bingung untuk mengangkat sebuah topik untuk pembahasan blog maupun website dikarenakan kurang informasi yang didapat berkenaan dengan apa yang sedang menjadi tren pada kurun waktu tertentu.

Sebenarnya untuk mengatasi kebuntuan dalam menentukan topik pembahasan, Google memiliki banyak solusi, diantaranya adalah Google Trends. Salah satu produk layanan statistik yang disediakan oleh pihak Google dan dapat di akses secara gratis. Dengan menggunakan alat ini memungkinkan penggunanya untuk mengeksplorasi viral di mesin telusur Google.




APA ITU GOOGLE TRENDS

Pengertian Google trends dapat diartikan sebagai alat/grafik statistik yang dapat menampilkan trending topik di mesin penelusuran Google dalam kurun waktu yang dapat disesuaikan dengan yang diinginkan.


Google trends merupakan visualisasi yang menyajikan data maupun tren untuk menemukan apa yang sedang trend pada saat ini. Dengan begitu akan membuka wawasan maupun pengetahuan terhadap trend yang sedang terjadi dan dapat memberikan inspirasi bagi blogger dalam menentukan pembahasan dalam blog maupun website.


Google trends adalah fasilitas yang diberikan Google Inc sehingga orang bisa mengetahui apa kata kunci yang paling viral ataupun trend, dan ini bisa dijadikan rujukan untuk membahasa satu topic untuk blog.


Setelah mengetahui arti dari Google trends, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan Google trends?. Berikut ini adalah cara yang dapat digunakan unuk melihat statistik key words atau kata kunci, dan untuk panduan cara menggunakan Google trends silahkan baca pada pambahasan kami tentang produk Google yang satu ini.


KEGUNAAN GOOGLE TRENDS

Fungsi serta manfaat dari Google Trends itu sendiri adalah:
  • Untuk melihat popularitas sebuah topik dalam kurun waktu tertentu. Dengan melihat topik yang terpopuler di mesin pencarian Google akan berguna bagi para blogger dalam membuat konten agar dapat meningkatkan pengunjung situs atau blog.
  • Penentuan target. Dengan menggunakan Google Trends ini pengguna bisa mengetahui sasaran pengunjung yang sedang viral terhadap satu pembahasan. Melalui layanan Google ini pengunjung dapat melihat statistik area kota, wilayah bahkan bahasa yang dapat digunakan sebagai penggunaan sasaran dalam ini pembahasan dalam blog.
  • Bahan perbandingan. Melalui Google trends pengunjung dapat membandingkan topik yang akan di bahas dengan topik-topik yang diminati di seluruh dunia. Google Trends compare ini sangat berguna bagi para StartUp, marketer maupun blogger.
  • Melihat frequencies. Dengan Google Trends kita juda dapat mengetahui tingkat keseringan suatu topik muncul di mesin pencarian atau Google News, serta wilayah yang paling banyak membutuhkan topik tersebut. Melalui tingkat frequency ini seorang Marketer ataupun StartUp dapat menentukan sasaran promosi terhadap produk maupun layanan yang akan dipasarkan di satu wilayah.
  • Kata kunci (keyword). Bagi para blogger kata kunci sangatlah penting terutama bagi mereka yang berlomba-lomba untuk menjadikan topik blognya berada pada peringkat satu di mesin pencarian Google.
  • Penentuan topik. Dengan menggunakan Google trens, pembuat konten blog akan sangat tertolong untuk menentukan topik pembahasan yang bagus.


CARA MENGGUNAKAN GOOGLE TRENDS BUAT RISET KATA KUNCI/KEYWORDS

Agar lebih memudahkan dalam mengetahui bagaimana cara riset kata kunci dengan menggunakan Google Trends, kita bisa ambil contoh kasus sebagai berikut:


Katakanlah Anda adalah seorang blogger yang sedang ingin membuat sebuah topik untuk blog, kebetulan konten dari blog adalah tentang cara mendaftar Google AdSense. Pada saat ini anda belum mengetahui kira-kira topik tentang cara daftar Google AdSense seprti apa yang banyak di cari oleh pengunjung.


Untuk menjawab rasa penasaran anda terkait topik langkah dalam mendaftar Google AdSense, maka silahkan anda langsung menuju ke http://www.google.com/trends/explore. Pada tampilan Google Trends Explore akan ada beberapa informasi yang dapat anda gunakan untuk reset kata kunci, wilayah, dan sebagainya.


Kriteria Pencarian

Untuk bagian kriteria ini dapat anda gunakan sebagai awal pencarian informasi yang anda butuhkan, dan kami lampirkan dalam bentuk gambar laman Google Trends dan memberi nomor yang akan kami jelaskan dibawah gambar.

Arti Dari GOOGLE TRENDS dan Apa Fungsi serta Cara Menggunakannya


Keterangan gambar kriterian pencarian Google Trends Explore

1. Add a search term. Pada kotak ini anda dapat masukan topik yang akan anda coba cari untuk melihat maupun membandingkan popularitas pembahasan tersebut. Misalkan anda ingin mengetahui trend dari cara mendaftar Google Adsense, maka masukan kalimat tersebut pada kolom ini, seperti contoh di bawah ini

Arti Dari GOOGLE TRENDS dan Apa Fungsi serta Cara Menggunakannya

Dan apabila Anda beniat membandingkan topik Cara daftar Google AdSense dengan topik lain, anda hanya butuh menulis topik lain pada kolom Compare yang kami beri kotak Merah.

2. Worldwide. Di sini anda dapat memilih negara yang akan Anda jadikan sasaran untuk melihat trnding topik.

3. Past 12 months. Di sini anda dapat memilih periode atau waktu yang anda akan gunakan untuk melihat popularitas dari topk yang telah Anda tentukan tadi.

4. All categories. Pada all categories anda dapat menentukan kategory yang anda akan gunakan sebagai pengelompokan topik anda. Jika anda tidak dapat mengetahui kategori yang anda inginkan silahkan gunakan "all categories" saja.

5. Web Search. Di sini anda dapat menentukan jenis pencarian Anda, di Web search Anda dapat memilih: Image Search (Pencarian gambar), News search (Berita), Google Shopping, dan YouTube Search (Pencarian YouTube).


Informasi Interest by subregion

Disini anda akan mendapatkan grafik serta informasi subregion maupun wilayah yang banyak mencari topik yang anda buat tadi. Tampak pada gambar untuk Cara daftar Google AdSense periode Past 30 days dengan negara Indonesia, trending topic tersebut teratas berada di East Java

Arti Dari GOOGLE TRENDS dan Apa Fungsi serta Cara Menggunakannya

Related Topics and Related queries

Pada tampilan ini Anda akan melihat topik-topik serta queries yang terkait dengan Cara mendaftar Google AdSense (jika kita melihat dari kasus yang sedang dibahas di sini)



Kesimpulan: Setelah anda melihat grafik serta informasi terkait yang anda butuhkan dengan menggunakan Google Trends untuk mencari keyword (kata kunci), dan apabila Anda akan membuat sebuah artikel dari topik yag telah anda dapatkan dan tentukan berdasarkan analisa pada topik yang terpopuler di mesin pencarian Google, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan kata kunci tersebut. Untuk mengembakna kata kunci tersebut, Anda dapat menggunakan layanan Google lainnya, yaitu Google Keyword Planner.

Post a Comment for "ARTI DARI GOOGLE TRENDS DAN FUNGSI SERTA CARA MENGGUNAKANNYA"