PENGERTIAN DARI KONSEP MUDA MURA MURI DAN CONTOH-CONTOHNYA

pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Arti Konsep Muda Mura Muri- Dalam praktek lean manufacturing, rumah sakit, StartUp, healthcare, production atau produksi, maupun six sigma Anda mungkin akan mendengar istilah mura muri dan muda.


Lalu apa definisi dari konsep muri, mura, dan muda ini?, berikut ini adalah pengertian dari muda, mura maupun muda.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Pengertian Muda dan Contohnya

Arti dari Muda adalah semua aktivitas yang tidak memiliki nilai (NVA) dan segala aktivitas pemborosan. Dalam Toyota Production System, penerapan lean manufacturing mengenal muda atau pemborosan dengan istilah TIMWOOD yaitu Transportation, Inventory, Motion, Waiting, Over-process, Over-production dan Deffect.


Contoh muda di perusahaan seperti aktivitas menunggu yang dilkukan oleh karyawan dan mengakibatkan karyawan tersebut tidak memiliki produktivitas, dalam lean healthcare bisa di ambil contoh aktivitas seorang suster ataupun admin dari rumah sakit yang melakukan pencarian terhadap catatan medis dan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menemukannya sehingga aktivitas pelayanan terhadap pasien tertunda, dan sebagainya.


Arti Mura serta Contohnya

Pengertian Mura adalah tidak seimbang antara satu dengan lainnya, tidak merata, tidak teratur maupun ketimpangan.


Mura terjadi dikarenakan kesalahan pengaturan serta tidak pekanya seorang pemimpin dalam memberikan tugas maupun tanggung jawab terhadap bawahan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor.

Faktor mura karena sumber daya manusia.

Kurang faham, akan kemampuan dan keterbatasan sumberdaya, baik manusia maupun mesin. Pilih kasih, hal ini banyak terjadi dalam organisasi perusahaan yang menitik beratkan kepada karyawan yang seharusnya memiliki porsi yang sama dalam tugas dan tanggung jawab dalam satu posisi yang sama dan deskripsi pekerjaan yang sama, akan tetapi karena adanya pandangan atau rasa yang menimbulkan pilah memilah seorang atasan dalam memberikan tugas kepada bawahan yang "disukai" dan "tidak disukai".


Kemampuan, dari segi kemampuan anggota tim juga akan mempengaruhi besar beban tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dan masih banyak lagi penyebab yang akhirnya antara karyawan yang satu dengan lainnya memiliki ketimpangan dalam tugas dan tanggung jawab.


Mura disebabkan karena 3 faktor utama yaitu faktor sumber daya manusia, non-sumber daya manusia dan faktor lain.

1. Contoh mura disebabkan karena faktor sumber daya manusia.

Dalam manufaktur, seorang atasan memberikan tugas yang sama kepada anggotanya, yaitu menjahit material akan tetapi dari salah satu anggota tersebut mendapat tugas tambahan seperti mengantarkan material yang telah dijahit ke proses selanjutnya sedangkan anggota lainnya hanya memiliki tugas menjahit tanpa mendapat tugas tambahan akan tetapi setiap anggota termasuk anggota yang mendapat tambahan seperti tugas mengantar material tersebut miliki target hasil yang sama.


Dari contoh diatas maka yang akan terjadi adalah Kelelahan anggota yang mendapat tugas tambahan dan memiliki target yang sama dengan anggota lain yang tidak memiliki tugas tambahan.


2. Conton mura disebabkan karena faktor sumber daya non-manusia.

Usia dari mesin, juga mempengaruhi ketidak-seimbangan beban yang diberikan walaupun adanya kesamaan mesin, akan tetapi usia mesin terutama dalam segi perawatan juga akan mempengaruhi kemampuan dari mesin tersebut.


Kapasitas, kapasitas mesin termasuk kendaraan baik itu berupa troly dan sebagainya juga akan mempengaruhi ketidaksimbangan antara alat/mesin satu dengan yang lain jika alat/mesin tersebut memiliki kapasitas yang sama akan tetapi diberikan beban yang berbeda. RPM/Kecepatan.


3. Faktor-faktor lainnya.

Faktor ini dapat disebabkan karena lingkungan, kesehatan, dan lainnya. Untuk faktor lainnya yang menyebabkan mura terjadi di perusahaan adalah karena berada diluar dari jangkauan pengawasan serta kendali dari perusahaan tersebut.


Pengertian Muri beserta Contohnya

Muri adalah keterpaksaan, beban yang berlebihan, atau beban yang diberikan kepada sumber daya melampaui batas.


Sama halnya dengan Mura, bahwa adanya muri juga disebabkan karena ketidak-fahaman seorang atasan atas kemampuan yang diberikan kepada anggota-anggotanya. Contoh dari muri ini seperti memberikan pekerjaan kepada seseorang melewati dari batas kemampuan dirinya dan membiarkan sehingga akan mengakiabatkan cedera, dapat menyelesaikan tugas yang diberikan karena timbul kelelahan dan sebaginya.



Kesimpulan: Untuk Mura dan Muri umumnya terjadi karena keputusan atasan yang kurang tepat. dan kedua hal ini banyak disebabkan oleh level atasan seperti pengawas, supervisor dan top level, karena Mura dan Muri tidak akan tercipta tanpa adanya keputusan dari pihak yang memiliki wewenang dalam mengambil keputusan.


Demikianlah artikel lean six sigma dalam konsep muda mura muri dan contohnya pada penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com, semoga bermanfaat!

1 comment for "PENGERTIAN DARI KONSEP MUDA MURA MURI DAN CONTOH-CONTOHNYA"

  1. cukup lengkap penjelasannya,dan baik untuk pengetahuan saya yg minim tentang pengertian MUDA MURI MURA

    ReplyDelete