Apa itu Supply Chain Management?. pengertianartidefinisidari.blogspot.com – Supply adalah sejumlah material yang disimpan dan dirawat menurut aturan tertentu dalam tempat persediaan (inventory) agar selalu dalam keadaan siap pakai dan ditatausahakan dalam buku perusahaan. Dalam supply sangat dibutuhkan keterikatan pemasok dan konsumen atau biasa disebut dengan supply chain.
Pengertian Arti definisi dari supply chain menurut Indrajit dan Djokopranoto (2003) adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyalur barang tersebut. Oleh karena itu dalam supplay chain sangat dibutuhkan sebuah strategi maupun metodologi yang dapat mengatur, mengarahkan dan menggerakkan orang lain dalam rangka mencapai tujuannya, dan umum disebut dengan supply chain management.
Arti supply chain management yang dikemukakan oleh Schroeder (2007) adalah perancangan, desain, dan kontrol arus material dan informasi sepanjang rantai pasokan dengan tujuan kepuasan konsumen sekarang dan di masa depan.
Pengertian supply chain management berdasarkan Simchi-Levi et al (2002) adalah suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang, yaitu supplier, manufacturer, warehouse dan stores sehingga barang-barang tersebut dapat diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, waktu yang tepat dan biaya yang seminimal mungkin.
Supply Chain Management menurut Mentzer et. al (2001) merupakan koordinasi sistem strategis fungsi bisnis tradisional dan taktik seluruh fungsi-fungsi bisnis dalam suatu perusahaan tertentu dan di seluruh perusahaan dalam rantai pasokan, untuk tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan individu dan pasokan rantai secara keseluruhan.
Definisi dari supply chain management yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa SCM merupakan sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan ataupun organisasi yang bekerja sama untuk membuat serta menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen akhir atau pelanggan. Dan rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah sampai retailer.
Dalam proses supply chain management ini akan dibutuhkan dan ditemukan tiga aliran keterlibatan, yaitu:
Jika dilihat dari fungsi management itu sendiri, maka dapat disimpulkan bahwa supply chain management memiliki fungsi sebagai berikut:
Demikian artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!
Pengertian Arti definisi dari supply chain menurut Indrajit dan Djokopranoto (2003) adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin menyelenggarakan pengadaan atau penyalur barang tersebut. Oleh karena itu dalam supplay chain sangat dibutuhkan sebuah strategi maupun metodologi yang dapat mengatur, mengarahkan dan menggerakkan orang lain dalam rangka mencapai tujuannya, dan umum disebut dengan supply chain management.
Arti supply chain management yang dikemukakan oleh Schroeder (2007) adalah perancangan, desain, dan kontrol arus material dan informasi sepanjang rantai pasokan dengan tujuan kepuasan konsumen sekarang dan di masa depan.
Pengertian supply chain management berdasarkan Simchi-Levi et al (2002) adalah suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi yang menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang, yaitu supplier, manufacturer, warehouse dan stores sehingga barang-barang tersebut dapat diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat, waktu yang tepat dan biaya yang seminimal mungkin.
Supply Chain Management menurut Mentzer et. al (2001) merupakan koordinasi sistem strategis fungsi bisnis tradisional dan taktik seluruh fungsi-fungsi bisnis dalam suatu perusahaan tertentu dan di seluruh perusahaan dalam rantai pasokan, untuk tujuan meningkatkan kinerja jangka panjang perusahaan individu dan pasokan rantai secara keseluruhan.
Definisi dari supply chain management yang dikemukakan oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa SCM merupakan sebuah rangkaian atau jaringan perusahaan ataupun organisasi yang bekerja sama untuk membuat serta menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen akhir atau pelanggan. Dan rangkaian atau jaringan ini terbentang dari penambang bahan mentah sampai retailer.
Dalam proses supply chain management ini akan dibutuhkan dan ditemukan tiga aliran keterlibatan, yaitu:
- Arus material. Melibatkan arus produk fisik dari pemasok sampai konsumen melalui rantai, sama baiknya dengan arus balik dari retur produk, layanan, daur ulang dan pembuangan.
- Arus informasi. Meliputi ramalan permintaan, transmisi pesanan dan laporan status pesanan, arus ini berjalan dua arah antara konsumen akhir dan penyedia material mentah.
- Arus keuangan. Meliputi informasi kartu kredit, syarat-syarat kredit, jadwal pembayaran dalam penetapan kepemilikandan pengiriman.
Fungsi Supply Chain Management
Seperti diketahui fungsi utama manajemen adalah:- Merencanakan (Planing). Yaitu merencanakan apa yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dari organisasi.
- Mengorganisasikan (Organize). Dengan tujuan untuk mencapai rencana tersebut.
- Menyediakan sumberdaya (Staff). Menyusun staf organisasi dengan menyesuaikan kebutuhan dari pencapaian rencana.
- Intruksi (Directing). Dengan sumber daya inilah kemudian intruksi kerja diciptakan dan agar sumberdaya-sumberdaya tersebut dapat melaksanakan rencana yang telah dibuat.
- Pengendalian (Control). Dari intruksi tersebut maka management akan melakukan kontrol untuk memastikan bahwa standar kerja dan intruksi yang diberikan dijalankan sesuai dengan ketetapan dengan tujuan agar operasional dapat berjalan secara optimal.
Jika dilihat dari fungsi management itu sendiri, maka dapat disimpulkan bahwa supply chain management memiliki fungsi sebagai berikut:
- Secara fisik mengubah bahan baku dan komponen menjadi produk dan mengirimnya ke konsumen akhir.
- Meyakinkan bahwa pengiriman produk ataupun jasa memuaskan aspirasi pelanggan.
Tujuan Supply Chain Management
Kerjasama dalam rangkaian atau jaringan dalam perusahaan ataupun organisasi tentunya diharapkan akan tercapainya tujuan dari organisasi dalam menciptakan produk maupun layanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu supply chain management memiliki tujuan sebagai berikut.- Supply chain manajemen menyangkut pertimbangan mengenai lokasi setiap fasilitas yang memiliki dampak terhadap aktivitas dan biaya dalam rangka memproduksi produk yang diinginkan pelanggan dari supplier dan pabrik hingga disimpan di gudang dan pendistribusiannya ke sentra penjualan.
- Mencapai efisiensi aktivitas dan biaya seluruh sistem, total biaya sistem dari transportasi hingga distribusi persediaan bahan baku, proses kerja dan barang jadi.
Demikian artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!
Post a Comment for "DEFINISI, FUNGSI DAN TUJUAN DARI SUPPLY CHAIN MANAGEMENT"