PENGERTIAN & PERBEDAAN EKSTENSI GAMBAR JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF, TIFF

Pengertian Definisi Arti - Kamu mungkin sering menemukan bahkan mendownlod sebuah photo, file, dimana memiliki format gambar adalah yang berbeda, seperti; JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF, atau TIFF adalah macamnya. Kadang saya sendiri bingung dengan ekstensi file gambar tersebut bahkan sering bertanya apa fungsi juga perbedaan dari masing-masing jenis format gambar adalah secara detail tersebut.


Yang paling sering kita dapati ekstensi file berformat JPG, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu juga harus mengetahui apa saja yang dimaksud jenis file lainnya.


Berikut ini adalah rincian lengkap tentang perbedaan antara jenis file, manfaat, dan penggunaan.
Untuk lebih mendalami tentang ekstensi format gambar JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF serta TIFF dari makna juga perbedaannya, berikut pembahasannya.


Sebenarnya file terutama gambar atau photo dipecah menjadi dua kategori utama; file vektor dan piksel.


Pengertian & Perbedaan Ekstensi Gambar JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF, TIFF
Contoh Gambar File berformat JPG

File Vektor


File vektor adalah keharusan mutlak karne ini dapat memfilter kualitas sebuah gambar dengan kualitas tinggi.


Jika kamu sering mengedit maupun mendesain bahkan mendownload untuk kebutuhan pekerjaan maupun lainnya maka perlu mempertimbangkan versi vektor, terutama untuk materi branding. File vektor adalah pilihan terbaik ketika akan mencetak gambar, karena ini merupakan format file mentah atau aslinya.


File vektor adalah file yang terdiri dari garis. Garis-garis itu tidak pernah bisa pixel dan dapat ditingkatkan untuk ukuran apa pun tidak peduli seberapa besar atau kecil.

Adobe Illustrator (AI)


Adobe Illustrator adalah peranti lunak desain vektor yang paling populer dan lazim di luar sana.

Jenis file .ai adalah file mentah. Ini adalah file yang berisi baris asli dalam format yang dapat dikontrol dan dimodifikasi dalam berbagai lapisan. Dari titik pusat ini, semua jenis file lainnya diekspor.


Pada umumnya untuk jenis ekstensi Adobe Illustrator (AI) ini digunakan maupun berfungsi untuk; merancang/ mendesain ataupun mengekspor ke jenis file berkualitas tinggi.


PDF


Ini adalah format file yang paling sering diminta oleh percetakan atau saat di print out. karena PDF juga merupakan sebagai format file vektor.


Catatan: PDF harus disimpan dari program vektor menjadi PDF vektor. Jika Anda menyimpan PDF dari Photoshop tentu saja gambar maupun file tersebut bukan bentuk vektor, namun itu akan tetap memiliki piksel ketika dicetak.


Biasanya jenis ekstensi PDF tersebut berfungsi untuk digunakan sebagai; Logo, materi pemasaran (marketing), hingga pencetakan dokumen berkualitas tinggi.


SVG


SVG adalah jenis file tepat untuk desain situs web.  Kamu harus menggunakan SVG untuk elemen grafik / ikon di situs web miliki Anda. Karena format vektor ini akan mencapai skala piksel tanpa batas, yang sangat berguna untuk kontrol kualitas lintas perangkat. Dan juga, mereka sangat ringan dalam ukuran file, yang akan dapat memuat lebih cepat. Saya berbicara tentang kisaran kilobyte yang rendah.


Anda juga dapat memanfaatkan SVG untuk fungsionalitas lanjutan. Perancang situs web yang berpengalaman dapat memanfaatkannya untuk menciptakan karya yang luar biasa.


Sebagai saran saja, ekstensi SVG dapat digunakan sebagai fungsi; elemen grafis atau ikon situs web,
Grafik lanjutan dimodifikasi oleh CSS dalam desain situs web, kemungkinan besar kita tidak akan menggunakan jenis file ini kecuali kamu bekerja dengan situs web. Untuk keperluan cetak, tetap dengan PDF.


EPS


EPS adalah pendahulunya PDF. Saat ini, format ini jarang digunakan dan sebagian besar disediakan untuk grafik vektor lama menggunakan format.


Anda dapat mengekspor EPS dari Adobe Illustrator, tetapi saya tidak menyarankan untuk menggunakannya sebagai jenis file yang layak kecuali kamu menggunakan secara berbeda dari printer.



Umumnya format ESP memiliki macam fungsi diantaranya;Back up (condong ke PDF sebagai pilihan pertama) untuk printer yang mungkin secara kebetulan memintanya, seperti untuk logo, Pencetakan dokumen berkualitas tinggi hingga materi pemasaran.


Pixel File Untuk Situs Web dan Platform


Anda akan menemukan banyak jenis file ini di situs web dan platform media sosial, dll.

JPG


Dari semua jenis file pixel, JPG membawa ukuran file terkecil.


Ketika memulai mendesain situs web, ukuran file penting. Lebih dari 800kb terlalu besar untuk ditempatkan di halaman situs web dan akan memperlambat pemuatan halaman. Pemuatan halaman yang lambat sama dengan lebih sedikit daya optimasi mesin pencari (SEO), serta tingkat bouncing akan tinggi menyebabkan pengunjung tidak sabar dan menutup situs tersebut.


Gambar yang menampilkan posting blog ini adalah JPG yang ringan. JPG dengan mudah dapat dengan mudah memampatkan file besar dengan keluaran berkualitas tinggi. Ini berarti ukuran file kecil dan ramping, tetapi produk akhir cantik.


Grafik situs web lain baik logo, item yang dirancang lebih ringan. Jika Anda mengekspor grafik dengan kualitas tertinggi, kemungkinan besar sedikit aman yang terpenting ukuran file tidak terlalu besar.


Sebagai catatan bahwa JPG tidak mendukung latar belakang transparan. Beberapa gambar mungkin memerlukan kemampuan ini yang paling umum jika diperlukan maka PNG merupakan pilihannya. Akan tetapi apabila menggunakan JPEG, pastikan ukuran file sudah benar dan resolusinya setidaknya 300 dpi.


Untuk JPG umumnya berfungsi dan digunakan untuk; File foto, Beberapa grafik dan aset yang terkait foto di situs web, seperti spanduk atau gambar posting blog ini.


Pastikan bahwa;
  • Jangan pernah mengirim file JPG untuk dicetak terutama semua materi pemasaran seperti; kartu nama, brosur, dll.
  • Jangan pernah mengandalkan JPEG sebagai standar file "mentah" Anda. Setiap kali JPG disimpan, ia kehilangan kualitas dan kompres itu sendiri.


PNG


Portable Network Graphics (PNG) adalah format file berkualitas tinggi. Keuntungan terbesar yang mereka tawarkan untuk penggunaan online adalah latar belakang transparan.

Ini menjadikannya ideal untuk digunakan di situs web dengan latar belakang transparan asalkan tidak terlalu besar.

Keuntungan penting lainnya dari PNG adalah file tersebut berkualitas, artinya bahwa gambar tidak akan buram atau buram saat diunggah atau digunakan seperti jenis file yang memiliki piksel.

GIF


GIF mirip dengan PNG. Mereka mendukung latar belakang transparan dan tidak kehilangan kualitasnya.

Perbedaan utamanya adalah GIF mendukung animasi dasar.


Itulah Pengertian beserta perbedaan ekstensi gambar dengan format JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF, dan TIFF semoga bermanfaat!!.

Post a Comment for "PENGERTIAN & PERBEDAAN EKSTENSI GAMBAR JPG, PNG, EPS, PDF, PSD, AI, GIF, TIFF"