DEFINISI KARYAWAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA

PENGERTIAN DEFINISI ARTI DARI KARYAWAN. Apakah yang dimaksud dengan profesi pekerjaan untuk karyawan dalam fungsi di perusahaan jelaskan dengan singkat?


Menurut ahli bahasa KBBI, berpendapat bahwa karyawan atau pegawai adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga “kantor, perusahaan, dan sebagainya” dengan mendapat gaji “upah”, pegawai, pekerja.


Secara umum karyawan itu sendiri jika dikelompokkan berdasarkan statusnya dalam perusahaan adalah terbagi menjadi dua macam atau jenis yaitu karyawan tetap dan karyawan tidak tetap.


Untuk lebih mendalami tentang definsi dari karyawan, jenis, macam serta contohnya secara lengkap silahkan baca berdasarkan pendapat para pakar atau ahli pada umumnya.





DEFINISI PEKERJA KARYAWAN

Pekerja atau Karyawan Secara Umum

Pengertian dari pegawai, karyawan atau pekerja berdasarkan pendapat umum, secara singkat dan sederhana dapat dikatakan bahwa karyawan adalan tiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik dalam hubungan kerja guna menghasilkan jasa atau barang untuk memenuhi kebutuhan suatu lembaga kantor, perusahaan, dan organisasi bisnis sebagainya.

Pekerja atau Karyawan Menurut Para Ahli

1. KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI)

Menurut KBBI, Pengertian dari pegawai, karyawan atau pekerja adalah orang yang bekerja pada suatu lembaga “kantor, perusahaan, dan lain sebagainya” dengan mendapat gaji “upah”, pegawai, pekerja.

2. MALAYU SP HASIBUAN (2002)

Menurut Hasibuan, pengertian karyawan adalah setiap orang yang menyediakan jasa (baik dalam bentuk pikiran maupun dalam bentuk tenaga) dan mendapatkan balas jasa ataupun kompensasi yang besarannya telah ditentukan terlebih dahulu.

3. MULYADI SUBRI (2002)

Menurut Subri, pengertian karyawan adalah setiap penduduk yang masuk ke dalam usia kerja (berusia di rentang 15 hingga 64 tahun), atau jumlah total seluruh penduduk yang ada pada sebuah negara yang memproduksi barang dan jasa jika ada permintaan akan tenaga yang mereka produksi, dan jika mereka mau berkecimpung / berpartisipasi dalam aktivitas itu.


DEFINISI KARYAWAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA


JENIS-JENIS PEKERJA

Jika dikelompokkan berdasarkan statusnya, karyawan atau pekerja dalam suatu lembaga perusahaan, kantor, organisasi dan bisnis lain sebagainya dapat dibagi menjadi dua jenis kelompok karyawan yaitu karyawan tetap dan karyawan tidak tetap.

Karyawan Tetap


Karyawan, pegawai atau pekerja tetap adalah pekerja yang menerima atau memperoleh penghasilan dalam jumlah tertentu secara teratur, termasuk anggota dewan komisaris dan anggota dewan pengawas, serta pekerja yang bekerja berdasarkan kontrak untuk suatu jangka waktu tertentu yang menerima atau memperoleh penghasilan dalam jumlah tertentu.

Karyawan Tidak Tetap

Karyawan, pegawai atau pekerja tidak tetap adalah pekerja yang hanya menerima penghasilan apabila pegawai yang bersangkutan bekerja (dikontrak), berdasarkan jumlah hari bekerja, jumlah unit hasil pekerjaan yang dihasilkan atau penyelesaian suatu jenis pekerjaan yang diminta oleh pemberi kerja. Karyawan kontrak dipekerjakan oleh perusahaan untuk jangka waktu tertentu saja, waktunya terbatas maksimal hanya 3 tahun.


KESIMPULAN DEFINISI KARYAWAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA

Karyawan  merupakan kekayaan dalam suatu perusahaan. Aktivitas perusahaan tidak dapat berjalan apabila tanpa adanya keikutsertaan karyawan. Salah satu yang harus dilakukan karyawan dalam melakukan pekerjaannya yaitu komunikasi. Karyawan perusahaan bertanggung jawab dalam menjelaskan tindakan perusahaan kepada khalayak yang memiliki kepentingan dengan organisasi atau perusahaan tersebut. Karyawan yang memiliki tugas berkaitan dengan publiknya harus memberikan perhatian serta menjadi saluran arus bolak-balik antara organisasi dan khalayak, karena khalayak yang berkepentingan akan selalu tertarik dengan apa saja yang dilakukan perusahaan.



DAFTAR PUSTAKA

Hasibuan, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta. Sedarmayanti

Subri, Mulyadi. 2002. Ekonomi Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rajawali.

Post a Comment for "DEFINISI KARYAWAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA"