DEFINISI PEKERJAAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA

Pengertian Definisi Arti - Apakah yang dimaksud dengan profesi untuk pekerjaan jelaskan dengan singkat?


Pekerjaan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Pekerjaan itu sendiri adalah terbagi menjadi dua macam yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan



Dari pengertian diatas banyak juga menurut pendapat lain dari para ahli, namun secara umum tentang jenis pekejaan adalah seperti penjelasan dibawah ini.


1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang.

Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh seseorang.


Petani.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Petani



Petani merupakan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang dihasilkan pun juga bermacam-macam seprti; padi buah-buahan, ataupun lainnya.


Peternak.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Peternak


Peternak merupakan kegiatan mengembangbiakkan ataupun membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Barang yang dihasilkan dari beternak ini macam-macam bisa berupa daging, susu, telur dan masih banyak lagi.


Tukang kayu atau mebel.

Tukang kayu adalah orang yang bekerja mengolah kayu menjadi barang yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka dapat membuat lemari, meja, kursi, membangun rumah, maupun benda-benda lain dengan kayu.


Nelayan.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Nelayan



Nelayan adalah orang yang sehari-harinya bekerja menangkap ikan atau hewan lainnya yang hidup di laut.


Pengrajin Bambu.

Pengrajin bambu adalah orang yang membuat dan menjual kerajinan bambu. Barang-barang yang dihasilkan oleh para pengrajin bumbu antara lain perabotan rumah tangga sendiri, seperti contohnya; meja dan kursi serta barang-barang hiasan yang terbuat dari bambu.


Penjahit.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Penjahit


Penjahit adalah orang yang pekerjaannya menjahitkan pakaian jadi untuk dapat digunakan seseorang. Penjahit juga dikatakan sebagai jenis pekerjaan menghasilkan barang seperti contoh tadi. Barang yang dihasilkan seseorang penjahit adalah pekaian, baik itu berupa kemeja, jas, baju, rok, jaket, seragam, dll.



2. Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa.

Pekerjan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjan yang tidak menghasilkan barang tetapi dari hasil pekerjaannya bisa dinikmati dan dirasakan oleh orang lain.


Berikut ini beberapa jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa.


Guru.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Guru


Guru merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa karena seorang guru bekerja untuk mengajar, mendidik, dan membimbing siswa. Hasil dari pekerjaan seorang guru dapat dilihat pada perubahan yangterjadi dalam diri siswa. Seorang siswa yang sebelum bersekolah tidak bisa membaca, menulis dan berhitung.


Dokter.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Gambar profesi kerja kedokteran


Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa karena dokter bekerja untuk membantu memeriksa kesehatan pasien. Hasil pekerjaan yang dilakukan oleh seorang dokter dapat diamati melalui perkembangan kesehatan seorang pasien. Seorang pasien yang tadinya mengalami sakit, setelah diperiksa dan diobati oleh dokter menjadi sehat kembali.


Polisi.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Gambar profesi pekerjaan polisi


Polisi merupakan pekerjaan yang meghasilkan jasa karena polisi bertugas untuk menjaga, mengayomi, dan melindungi keamanan masyarakat. Hasil pekerjaan yang dilakukan oleh seorang polisi antara lain; ketertiban dan keamanan masyarakat terjamin.


Montir.


https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
gambar profesi pekerjaan Montir



Montir adalah orang yang pekerjaannya memperbaiki kendaraan bermotor, seperti sepeda motor, mobil, dan alat-alat yang menggunkan mesin lain. Hasil pekerjaan dari seorang montir antara lain; kendaraan yang tadinya rusak setelah diperbaiki oleh montir dapat berjalan normal kembali.


Demikian ulasan "Definisi Pekerjaan, Jenis serta Macam Contohnya" semoga bermanfaat bagi pengunjung pengertianartidefinisidari.blogspot.com!


Sumber: Pengertian pekerjaan, Jenis & Contohnya via https://pelajarancg.blogspot.com/2018/06/pengertian-pekerjaan-jenis-contohnya.html

1 comment for "DEFINISI PEKERJAAN, JENIS, SERTA MACAM CONTOHNYA"