MEMAKNAI KATA "DIRGAHAYU" SAAT MENGUCAPKAN SELAMAT HARI KEMERDEKAAN

Arti Definisi Pengertian- Setiap tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia akan memperingati hari ulang tahun (disingkat HUT) kemerdekaannya dimana ini merupakan hari bersejarah bagi NKRI. Biasanya menyambut HUT Kemerdekaan RI banyak sekali dari kita mempersiapkan proposal acara proklamasi kemerdekaan dengan mengusung tema perjuangan ataupun sekedar mempersiapkan ucapan untuk menyemarakkan lomba kemerdekaan nantinya.



Bahkan pemerintah lewat setneg telah resmi meliris Logo dan Tema peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018 menurut saya logonya sangat menarik, simple juga unik. Di luar itu, dari Tema HUT RI ini bisanya kita terinspirasi untuk membuat ucapan Dirgahayu atas HUT Republik Indonesia, mulai dari ucapan bertema persatuan, pantun hingga puisi tentang perjuangan apalagi tema buat HUT 2018 untuk RI ke 73 tentu saja ucapan-ucapan akan bervariasi mulai dari yang lucu, menyentuh hati, atau sekedar ucapan dengan kata-kata Dirgahayu Republik Indonesia.


Ternyata menurut ahlinya dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia susunan W.J.S. Poerwadarminta “dirgahayu” berasal dari sastra lama yang berarti: (mudah-mudahan) berumur panjang, hidup. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata "dirgahayu" berarti berumur panjang, bersifat panjang umur (biasanya ditujukan kepada negara atau organisasi yang sedang merayakan/memperingati hari jadinya).


Wah kalau dilihat dari pengertian pada ahli mengenai ucapan "Dirgahayu" diatas ternyata kita sering salah dalam menyusun kata-kata ucapan HUT Indonesia ya!. Pernahkan kamu melihat kata-kata mutiara maupun kata motivasi lainnya khusus HUT RI saat merayakan ulang tahun NKRI untuk Kemerdekaan Indonesia seperti contoh dibawah.
  • Dirgahayu HUT RI ke-73 thn 2018
  • Dirgahayu HUT Republik Indonesia 2018 ke-73

Dari contoh-contoh ucapan "Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia" tersebut tentunya salah dalam memahami kata "Dirgahayu" terutama ketika mengucapkan selamat hari ulang tahun proklamasi Kemerdekaan jadi semoga dengan ulasan singkat ini nantinya kita mulai mengerti bagaimana mencontoh penulisan dirgahayu yang benar pada rangkaian ucapan kata merayakan HUT RI di susunan kata Dirgahayu RI untuk tahun 2018.

Semoga bermanfaat!

Post a Comment for "MEMAKNAI KATA "DIRGAHAYU" SAAT MENGUCAPKAN SELAMAT HARI KEMERDEKAAN"