PENGERTIAN BARAKALLAH DAN BALASANNYA PADA UCAPAN

Arti Barakallah dan Balasannya Pada Ucapan - Mungkin Anda pernah menerima kata-kata selamat atau mutiara dalam ucapan, terkadang membikin bingung apa itu "Barakallah" kenapa bahasa Arabic tersebut ada diucapan ini. Saking penasaran dengan pengertian Barakallah, tidak sedikit orang belum dapat memaknai arti pengertian Barakallah. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian dari Barakallah, berikut ulasannya.


Arti Barakallah serta bagaimana balasannya pada Ucapan

Barakallah adalah kata ucapan doa dan harapan "Semoga diberkahi Allah SWT", ditujukan buat mendoakan seseorang dalam keseharian maupun sedang memperingati atau merayakan momen spesial seperti ulang tahun, dll. Kata-kata ucapan Barkallah Fi sebenarnya banyak sekali seperti tujuannya oleh sebab itu ucapan balasan tergantung macam-macam dari makna Barkallah Fik yang dituju.

Pengertian Barakallah dan Balasannya Pada Ucapan


Contoh ucapan selamat dengan menggunakan kata Barkallah Fi seperti contoh-contoh berikut:
  • Barakallahu Laka -  kata-kata ini berarti mendoakan keberkahan untuk seseorang atas hal yang baru terjadi berupa kenikmatan atau anugerah Allah kepadanya.
  • Barakallahu Fik - kata-kata ini berarti mendoakan semoga Allah memberkahi seseorang dari sisi keutamaan yang dimilikinya, atau karena akhlaknya maupun yang semisalnya. - Kata-kata jawaban/ balasan Barakallahu Fikum adalah Wa Fikum Barakallah.
  • Barakallahu Fi Umrik - kata-kata ini berarti ucapan doa semoga Allah membekahi seseorang dari segi umurnya misalnya di hari ulang tahun. 

Catatan: Sebenarnya kata-kata ucapan selamat ulang tahun dengan "Barakallahu Fi Umrik" ini bukan sebuah anjuran namun kebudayaan karena merayakan ulang tahun tidak diajarkan dalam Islam tetapi dari tahun-tahun ini kita sendiri sering menerima kalimat tersebut baik tulisan Arab maupun lainnya.


Semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "PENGERTIAN BARAKALLAH DAN BALASANNYA PADA UCAPAN"