ENERGI: PENGERTIAN & JENIS ENERGI

Pengertian Definsi Arti Energi. pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Mungkin ada diantara kita bertanya apa itu energi sehingga untuk menjelaskannya kita perlu tau yang dimaksud dengan energi maupun jenis satuan didalamnya. Banyak sekali pendapat para ahli baik biologi, fisika, kimia maupun bidang keilmuan lain mengemukakan pembahasan tentang pengertian konservasi untuk materi energi tersebut. Terutama Anda yang bingung mengenai energi dari pengertian dan jenis energi silahkan simak konseptual dibawah.




PENGERTIAN ENERGI

Energi adalah istilah Fisika yang didefinisikan sebagai properti yang harus ditransfer ke objek untuk melakukan pekerjaan pada atau untuk memanaskan objek dan dapat dikonversi dalam bentuk, tetapi tidak dibuat atau dihancurkan. Secara sederhana, energi mencakup pengertian kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau menyebabkan perubahan atau kapasitas bentuk fisik untuk melakukan pekerjaan.

Energi : Pengertian & Jenis Energi


Satuan Pengukuran

Diukur dalam 'Joule' (simbol unit J) adalah satuan energi untuk menghormati pencapaian dari penemuan James Prescott Joule, yang pada sejarah tahun 1843 secara independen menemukan padanan mekanis dalam serangkaian percobaan menggunakan 'alat pengukuran Joule'.


JENIS-JENIS YANG BERBEDA DARI ENERGI

Energi memiliki berbagai macam bentuk atau jenis yang diukur berbeda kemampuan pada suatu objek untuk melakukan pekerjaan pada objek lain. Namun, secara umum jenis-jenis energi terdapat 2 bentuk utama:


1. Energi Kinetik (EK):

Secara umum penegrtian energi kinetik adalah energi yang dimiliki benda apa pun karena gerakannya. Dari semua jenis itu, ini yang paling mudah dirasakan.


Jika kita harus mempercepat gerak suatu objek, maka kita perlu menerapkan gaya. Menerapkan suatu kekuatan, pada gilirannya, mengharuskan kita melakukan pekerjaan. Setelah kita melakukan pekerjaan, energi kita ditransfer ke objek, dan objek itu sekarang akan mulai bergerak dengan kecepatan konstan baru. Energi yang Anda transfer dikenal sebagai energi kinetik dalam pengertian itu masih tergantung pada massa dan kecepatan yang dicapai.


Energi kinetik adalah sesuatu yang dapat ditransfer antar benda dan diubah menjadi jenis energi lain. Contohnya, mungkin tupai terbang menabrak merpati dipohon. Setelah tabrakan, akan ada energi kinetik awal tupai yang dipindahkan ke merpati atau ditransformasikan ke bentuk lain dari itu.


Energi kinetik adalah kuantitas skalar, sehingga tidak memiliki arah yang ditentukan. Berlawanan dengan kecepatan, gaya, akselerasi, dan momentum, energi kinetik suatu benda adalah tentang besarnya saja. Sama seperti kerja dan energi potensial, satuan metrik standar pengukuran untuk energi kinetik adalah Joule.


Kinetik adalah energi yang bergerak, misalnya. bergerak / air, pendulum ayun, mesin, suara, bola yang terbang di udara, dll. Energi kinetik dari objek massa yang tidak berputar tapi berjalan dengan kecepatan (kecepatan) ‘v’ memiliki rumus:



2. Energi Potensial (EP):

Dalam istilah sains atau keilmuan, menurut para ahli baik biologi, fisika, kimia energi sering digambarkan sebagai kemampuan untuk melakukan pekerjaan. Jadi, pengertian energi potensial adalah bentuk energi yang akan dapat melakukan pekerjaan di beberapa titik di masa depan. Ketika energi potensial sedang menunggu untuk melakukan pekerjaan masa depan ini, jadi pengertian itu perlu disimpan entah bagaimana. Karena itu, energi potensial juga sering disebut sebagai energi yang tersimpan. Ketika diam, semua benda memiliki energi potensial masa istirahat. Bahkan jika objek berada dalam posisi di mana ia akan segera dipengaruhi oleh gravitasi dan jatuh, ia memiliki energi potensial gravitasi. Begitu suatu benda mulai bergerak, energi potensial diubah menjadi energi kinetik, yang merupakan energi gerak.


Ada banyak jenis-jenis untuk contoh energi potensial. Mari kita bicara tentang pendulum sebuah jam, yang memiliki energi potensial gravitasi di bagian atas ayunannya dan kemudian dikonversi menjadi energi kinetik saat jatuh. Bahkan energi potensial elastis ada dalam suatu objek yang dapat ditarik dan melambung, seperti pita elastis. Perhatikan bahwa energi potensial disimpan ketika potongan elastis diregangkan, dan kemudian dikonversi menjadi energi kinetik setelah elastis dilepaskan. Energi potensial juga dapat merujuk pada bentuk energi yang tersimpan seperti energi dari muatan listrik bersih, tekanan internal atau ikatan kimia.


Ini adalah energi yang disimpan dan diukur dengan jumlah pekerjaan yang dilakukan. Untuk contoh roller-coaster, roda air, minyak dalam tong, air di reservoir, dll  EP ( Energi Potensial ) dihitung menggunakan rumus berikut:


(Di mana 'm' adalah massa dalam kilogram, 'g' adalah akselerasi karena gravitasi, dan 'h' adalah ketinggian dalam meter).

Energi : Pengertian & Jenis Energi

MACAM-MACAM ENERGI LAINNYA

1. Termal atau Panas

Energi termal tidak lain adalah energi yang dimiliki suatu benda atau suatu sistem karena pergerakan partikel di dalam objek atau sistem itu. Energi didorong ke dalam gerakan dengan menggunakan panas; misalnya api di perapian Anda, secangkir teh panas.


2. Kimia

Energi Kimia adalah sesuatu yang disimpan dalam ikatan senyawa kimia (atom dan molekul). Kemudian dilepaskan dalam bentuk reaksi kimia, yang menghasilkan panas sebagai produk sampingan (reaksi eksotermik). Energi itu disebabkan oleh reaksi kimia, misalnya makanan saat sedang dimasak, glukosa dalam tubuh kita.


3. Listrik

Energi listrik disimpan dalam partikel bermuatan di dalam medan listrik. Medan listrik pada dasarnya adalah area yang mengelilingi partikel bermuatan. Energi terjadi ketika listrik menciptakan gerakan, cahaya atau panas. Untuk mis. gulungan listrik di kompor Anda.


4. Gravitasi

Ketika kita mengangkat sebuah kotak dari permukaan seperti tanah dengan menggunakan energi di otot lengan kita, apa yang sebenarnya terjadi pada energi itu? Jawabannya adalah ia diubah menjadi energi potensial gravitasi tentu ini bagian dari pengertian energi menurut para ahli. Energi potensial gravitasi, atau EGP, dapat digambarkan sebagai energi tinggi. Jadi, semakin tinggi objek ditempatkan, semakin banyak EGP yang dimilikinya. Energi ditransfer sebagai hasil dari pekerjaan yang dilakukan oleh gravitasi, misalnya. air jatuh dari air terjun, roller coaster, dan reservoir.


5. Magnetik

Energi magnetik ada di dalam medan magnet, yang menyebabkan berbagai logam saling tolak atau saling tarik. Energi dihasilkan dari medan magnet magnet atau kabel pembawa arus.


6. Nuklir

Energi nuklir disimpan dalam nukleus (inti) atom. Atom dapat digambarkan sebagai partikel kecil yang membentuk setiap objek di alam semesta. Ada energi masif dalam ikatan yang menyatukan atom, sehingga energi nuklir dapat dengan mudah digunakan untuk menghasilkan listrik. Ini adalah energi dari interaksi antara proton dan neutron atom. Contohnya adalah fisi dan fusi.


7. Solar (Matahari)

Energi matahari adalah sumber energi yang paling mudah tersedia karena tidak ada yang memilikinya dan karenanya, gratis. Ini juga salah satu bentuk energi yang paling penting karena sumber non-konvensional ini tidak berpolusi dan membantu mengurangi efek rumah kaca.


Energi matahari telah digunakan sejak zaman prasejarah, tetapi tentu saja, secara kuno. Sebelum tahun 1970, ada penelitian dan pengembangan yang dilakukan di beberapa negara untuk menggunakan energi matahari secara lebih efektif, tetapi sebagian besar pekerjaan ini sebagian besar masih bersifat akademis. Setelah ada kenaikan dramatis dalam harga minyak pada tahun 1970-an, banyak negara mulai merancang program penelitian dan pengembangan yang ekstensif untuk memanfaatkan energi surya.


Contoh, ketika kita menggantung pakaian kita di balkon untuk dijemur, kita langsung menggunakan energi matahari. Demikian pula, panel surya memiliki potensi untuk menyerap energi matahari dan menyediakan panas untuk memasak dan memanaskan air. Sistem ini mudah tersedia di pasar dan telah digunakan di rumah dan pabrik sekarang.


Diharapkan bahwa jutaan rumah di seluruh dunia dalam beberapa tahun mendatang akan menggunakan energi matahari sesuai dengan tren di AS dan Jepang. Bahkan di Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia mewakili pemerintah telah mengembangkan pemanfaatan energi matahari sejak dalam beberapa tahun lalu.


8. Angin

Di sini, angin digunakan untuk menghasilkan listrik. Turbin angin mengubah energi kinetik yang ada di angin menjadi tenaga mekanis. Bahkan generator mengubah tenaga mekanik menjadi listrik dan tenaga mekanik dapat digunakan secara langsung untuk tugas-tugas tertentu seperti memompa air. Turbin angin sama sekali tidak akan berfungsi jika tidak ada angin, tetapi jika kecepatan angin tinggi, itu akan merusaknya.


Angin diciptakan oleh arus konveksi besar di atmosfer Bumi dan secara langsung didorong oleh energi panas dari Matahari, yang berarti bahwa selama matahari bersinar, akan ada angin.


Permukaan bumi terdiri dari tanah dan air. Jadi, ketika matahari terbit, udara di atas tanah lebih cepat panas daripada di atas air. Udara panas ini lebih ringan saat naik. Udara dingin selalu lebih padat, sehingga jatuh dan menggantikan udara di atas tanah. Pada malam hari, kebalikannya terjadi. Udara di atas air lebih hangat dan karenanya naik dan digantikan oleh udara dingin dari darat.


Udara yang bergerak (angin) memiliki banyak energi kinetik, dan ini dapat ditransfer menjadi energi listrik dengan bantuan turbin angin. Angin menggerakkan bilah yang memutar poros, yang menghubungkan ke generator dan menghasilkan listrik. Listrik kemudian dikirim melalui jalur transmisi dan distribusi ke gardu induk, kemudian ke rumah, bisnis dan sekolah.


Jenis lain juga termasuk energi atom, elektromagnetik, dan panas bumi.


Mungkin ada tumpang tindih antara bentuk yang berbeda dan objek selalu memiliki lebih dari satu jenis pada suatu waktu. Misalnya, pendulum ayun memiliki Energi kinetik dan energi potensial, termal, dan (tergantung pada komposisinya), pendulum itu mungkin memiliki energi listrik dan magnetik.


PENGERTIAN TERMODINAMIKA

Termodinamika dapat didefinisikan sebagai studi tentang bagaimana panas dapat diubah menjadi energi fungsional dalam bentuk kerja.


Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = 'panas' and dynamic = 'perubahan') adalah fisika energi, panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika berhubungan dekat dengan mekanika statistik di mana hubungan termodinamika berasal.


Dengan demikian, namanya telah diturunkan sebagai dinamika termo +. Subjek termodinamika menciptakan fondasi untuk mesin panas, lemari es, pembangkit listrik, reaksi kimia, dan banyak lagi konsep penting yang menjadi andalan dunia saat ini.


Untuk mengerti pelajaran termodinamika, Anda perlu pengetahuan tentang bagaimana dunia mikroskopis beroperasi. Gagasan utamanya mengembalikan bahwa sifat mikroskopis suatu sistem terdiri dari suhu, tekanan, dan energi internal. Setelah menganalisis konsep-konsep ini, para ilmuwan atau ahli telah merumuskan hukum-hukum termodinamika.


Hukum Termodinamika

  • Hukum pertama, yang terutama disebut Hukum Konservasi Energi, menetapkan bahwa energi tidak dapat dibentuk atau dihancurkan dalam sistem yang terisolasi.
  • Sesuai hukum kedua termodinamika, entropi dari setiap sistem yang terisolasi selalu terus meningkat.
  • Hukum ketiga termodinamika adalah tentang fakta bahwa entropi suatu sistem bergerak menuju nilai konstan ketika suhu mendekati nol absolut.



Ketentuan Utama

  • Nol absolut: Dapat digambarkan sebagai suhu terendah yang dimungkinkan secara teori.
  • Entropi: Ini adalah sifat termodinamika yang terutama merupakan ukuran energi termal sistem per unit suhu, yang tidak tersedia untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat.

Energi : Pengertian & Jenis Energi



KONSERVASI ENERGI

Konservasi energi adalah prinsip bahwa ia tidak dapat dibuat atau dihancurkan, tetapi hanya diubah dari satu bentuk ke bentuk lain atau dipindahkan dari satu objek ke objek lainnya. Sebagai contoh:
  • Listrik yang tersedia dalam oven listrik diubah menjadi bentuk termal yang masuk ke objek dalam oven.
  • Sama halnya, PE air yang disimpan dalam bendungan diubah menjadi KE oleh alirannya yang diubah menjadi bentuk rotasi turbin yang akhirnya membantu menghasilkan listrik.



Dengan demikian kita dapat mengatakan bahwa itu tidak dihancurkan atau dibuat pada tahap apa pun tetapi hanya perubahan bentuk pada tahap yang berbeda. Ini mengarah pada kesimpulan bahwa dalam keseluruhan sistem, energi total tetap sama tetapi hanya transformasi yang terjadi. Ini artinya dalam pelajaran energi kita harus tahu bagaimana dapat mendefinisikan Hukum Konservasinya.


KONVERSI ENERGI

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, energi dapat dikonversi dari satu bentuk ke bentuk lain seperti listrik diubah menjadi panas atau cahaya, matahari menjadi kimia, energi potensial menjadi energi kinetik, dll. Konversi dapat didefinisikan sebagai 'proses di mana ada perubahan energi yang didorong atau alami dari satu bentuk ke bentuk lain '.


Beberapa contoh konversi antara berbagai macam bentuk atau jenis energi adalah:
  1. Air yang menghasilkan listrik: Di sini adalah contoh energi potensial diubah menjadi energi kinetik.
  2. Mengemudi Mobil: Di sini adalah contoh bentuk kimia diubah menjadi energi kinetik.
  3. Air mendidih menggunakan ketel listrik: Di sini adalah contoh bentuk listrik diubah menjadi energi panas.
  4. Mendorong batu ke atas bukit: Di sini adalah contoh energi kinetik sedang dikonversi menjadi energi potensial.
  5. Sebuah bola jatuh dari ketinggian: Di sini adalah contoh energi potensial sedang dikonversi menjadi energi kinetik.



SUMBER ALTERNATIF

Akhirnya, mari kita memahami salah satu kebutuhan paling mendesak di zaman kita, yaitu memanfaatkan sumber-sumber alternatif untuk mengekang pemanasan global. Semua jenis energi yang dapat bertindak sebagai alternatif bahan bakar fosil, yang menipis pada tingkat yang mengkhawatirkan, adalah sumber alternatif. Sumber-sumber ini dimasukkan ke dalam, untuk mengatasi kejahatan besar yang terkait tidak hanya dengan penipisan cepat tetapi juga dengan pembakaran bahan bakar fosil yaitu karbon dioksida, emisi sulfur dioksida.



Jenis sumber ini banyak tersedia, ramah lingkungan, dan menyebabkan sedikit atau tidak ada polusi. Beberapa sumber energi alternatif populer adalah:
  1. Panas Bumi: 'Geo' berarti Bumi dan 'panas' berarti panas. Energi panas bumi diambil atau dimanfaatkan dari bawah bumi.
  2. Biomassa: Ini adalah pengganti turunan dari bahan bakar fosil. Jatropha curcas digunakan sebagai Bio-diesel dalam salah satu contohnya.
  3. Energi Hidroelektrik dan Lautan bersumber dari air.
  4. Hidrogen: Ini dimanfaatkan dari Hidrogen yang tersedia di atmosfer bumi.


KESIMPULAN ENERGI: PENGERTIAN DAN JENIS ENERGI

Memahami, mengoptimalkan, dan mengelola berbagai sumber energi termasuk pengertian dan jenis Energi adalah kebutuhan akan waktu bagi kemanusiaan. Mengurangi dan mengelola konsumsi secara efektif tidak hanya menghemat uang tetapi juga membantu mengurangi perubahan iklim dan menjaga ekosistem kita, kalau tidak mulai hari ini, kapan lagi sahabat pengertianartidefinisidari.blogspot.com.

Post a Comment for "ENERGI: PENGERTIAN & JENIS ENERGI"