APA ITU TARGET COSTING : DEFINISI, PROSES DAN PRINSIP

Pengertian Definisi Arti Target Costing - Penentuan target biaya atau target costing dapat dipandang sebagai alat manajemen biaya proaktif yang digunakan untuk mengurangi total biaya produk, selama siklus hidupnya yang lengkap, melalui produksi, teknik, penelitian dan desain. Manajemen target Costing bertujuan membantu perusahaan dalam mengelola bisnis dalam meraup untung di pasar yang sangat kompetitif.


Secara umum, penetapan target biaya atau target costing adalah proses memastikan dan mencapai biaya aliran penuh, di mana produk yang dimaksud dengan persyaratan khusus, harus diproduksi untuk mewujudkan laba yang diinginkan, dengan harga jual yang diantisipasi selama periode tertentu. Manajemen ini melibatkan penentuan biaya maksimum yang harus dikeluarkan untuk produk baru, diikuti oleh pengembangan sampel yang dapat dibuat secara menguntungkan untuk angka biaya target tersebut. Namun tentu saja metode ini mesti memiliki tahap Penentuan Biaya dan Pengembangan Produk


Dalam teknik ini, biaya direncanakan dan dikelola dari produk atau proses di awal fase pendahuluan seperti pengembangan atau perancangan, dengan tujuan melakukannya pada fase terakhir pengembangan produk.


Target Costing berlaku untuk produk baru dan generasi berikutnya dari suatu produk. teknik dari metode ini dimulai dengan memahami pasar secara menyeluruh dan niat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, menyangkut kualitas produk, fitur, ketepatan waktu, dan harga.


Adapun rumus untuk menentukan biaya target dengan cara:


Biaya Target = Harga jual yang diantisipasi - Laba yang diinginkan


target costing atau Biaya Target mengacu pada perkiraan biaya produk yang dicapai dengan mengurangi margin keuntungan yang diinginkan dari harga pasar yang kompetitif.


TAHAP PENENTUAN BIAYA TARGET
  1. Tentukan harga jual untuk produk baru dan estimasi output dari analisis pasar dan target laba.
  2. Penentuan target biaya dengan mengurangi keuntungan dari harga jual.
  3. Analisis biaya fungsional untuk komponen dan proses tertentu
  4. Tentukan perkiraan biaya produk.
  5. Buat perbandingan antara perkiraan biaya dan biaya target.
  6. Jika perkiraan biaya lebih besar dari yang ditargetkan, maka ulangi analisis biaya, untuk mengurangi perkiraan biaya.
  7. Keputusan akhir yang harus diambil, pada pengenalan produk, setelah perkiraan biaya tepat sasaran.
  8. Manajemen biaya saat produksi dilakukan.



TAHAP PENCAPAIAN BIAYA TARGET


Dalam proses tahapan penentuan target costing untuk penetapan target biaya, biaya yang secara langsung dipengaruhi olehnya diberikan prioritas, yang meliputi bahan dan suku cadang pembelian, biaya peralatan, biaya konversi, biaya pengembangan dan penyusutan. Namun demikian, ini adalah teknik manajemen biaya yang komprehensif, sehingga semua biaya dan aset yang dipengaruhi oleh keputusan perencanaan produk awal diperhitungkan.




PRINSIP PENENTUAN BIAYA

Penetapan atau penentuan biaya untuk cost berdasarkan harga:
  1. Tim lintas fungsional
  2. Fokus pelanggan
  3. Fokus pada desain dan proses produk
  4. Pengurangan biaya siklus hidup
  5. Keterlibatan Rantai Nilai
  6. Target Costing adalah semua tentang perencanaan atau proyeksi biaya suatu produk sebelum diperkenalkan, untuk memastikan bahwa produk dengan
  7. margin rendah tidak diperkenalkan, karena mereka tidak dapat menuai hasil yang memadai. Ini juga digunakan untuk mengendalikan spesifikasi desain dan teknik produksi, dan mendorong fokus pada pelanggan.



SEJARAH DEFINISI DAN TARGET COSTING

Berdasarkan sejarah perkembangan dinamis dari teknologi informasi perusahaan menghasilkan modalitas produksi baru dan bentuk organisasi baru sejak tahun 1970 dan seterusnya. Perusahaan-perusahaan Jepang yang berjuang dengan kekurangan modal besar, kehilangan sebagian besar perangkat keras produksi mereka pada akhir perang dunia kedua termasuk perusahaan motor Toyota dipaksa untuk memperkenalkan metode produksi dan organisasi baru seperti sistem tepat waktu (Just In Time - JIT) dan sistem produksi yang fleksibel.

Pengertian TARGET COSTING dan Prinsipnya


Just In Time (JIT) berarti langkah maju yang signifikan terutama dalam mengembangkan produk baru. Proses klasik (riset dan pengembangan - manufaktur - pemasaran) digantikan oleh proses yang berakar pada analisis kebutuhan pasar yang menganggap kebutuhan pelanggan sebagai faktor terpenting dalam pengembangan produk dan spesifikasi fungsi produk.


Proses pengembangan produk maupun layanan tersebut didukung oleh analisis biaya (cost) berorientasi masa depan dari pendekatan strategis yang mereka namakan target costing.


DEFINISI TARGET COSTING MENURUT PARA AHLI

Mari kita kutip pengertian definisi dari menurut pakar dua profesor ilmu manajemen bisnis Jepang Tanaka dan Kato.


Toshiyuki Tanaka (1993) mendefinisikan penetapan target costing adalah sebagai upaya pada tahap perencanaan dan pengembangan, dari siklus hidup produk (product life cycle), untuk mencapai biaya yang ditentukan oleh manajemen. Teknik ini berbeda dari eliminasi biaya karena teknik ini berupaya menurunkan biaya dengan merancang produk berkualitas yang mengurangi biaya pada tahap produksi.


Yutaka Kato (1993) mengemukakan bahwa Target costing bukan merupakan sistem penetapan biaya seperti itu; melainkan merupakan kegiatan yang bertujuan mengurangi biaya product life cycle baru, sambil memastikan kualitas, keandalan, dan persyaratan pelanggan lainnya, dengan memeriksa semua ide untuk pengurangan biaya pada proses perencanaan, penelitian, dan proses pengembangan produk. Target costing berarti proses yang bertujuan mengurangi biaya produk selama siklus hidup penuhnya, sambil sepenuhnya memuaskan kebutuhan konsumen dari kualitas, keandalan, dan sudut pandang lain ... " ini dikatakan dalam artikelnya tentang Sistem Pendukung Target Biaya : Pelajaran dari Perusahaan Akuntansi Terkemuka Jepang "Penelitian Manajemen Akuntansi".


Apabila disimpulkan dari pendapat para ahli tersebut secara luas target costing mendefinisikan pemotongan biaya dan metode optimalisasi pendapatan asal Jepang yang intinya adalah bahwa ketika produk atau layanan sedang dikembangkan, batas biaya yang diizinkan (maksimum) ditentukan berdasarkan target laba minimum yang dihitung dari yang dapat dicapai harga pasar untuk seluruh siklus hidup produk.


TARGET COSTING DALAM AKUNTANSI MANAJEMEN

Dalam menajemen akuntansi metode target costing adalah dalam biaya dan ini mencakup pengertian memiliki hubungan langsung antara pasar, sasaran laba jangka panjang perusahaan, dan praktik manajemen biaya. Prosesnya dimulai dengan menemukan, melalui riset pasar yang ketat, produk berkualitas yang dapat menarik bagi pelanggan potensial. Harga yang diharapkan di mana produk ini paling mungkin menarik bagi pelanggan juga ditentukan oleh tim produk baru. Harga penjualan ini umumnya mencerminkan kondisi pasar saat ini, tetapi masa depan, dan mencerminkan upaya terbaik tim, meskipun harga dapat berubah selama siklus hidup produk tersebut dan banyak contoh di Indonesia seperti Aqua, Pepsodent, Oreo dll. Berdasarkan pada rencana laba jangka panjang perusahaan, target laba produk baru dihitung dan dikurangkan dari harga penjualan yang diharapkan untuk sampai pada biaya yang diijinkan. Secara desain, target biaya yang diijinkan terlalu ketat untuk dicapai melalui teknologi saat ini. Perkiraan biaya didasarkan pada teknologi teknik dan produksi saat ini. Target costing ditetapkan di suatu tempat antara biaya yang diijinkan dan perkiraan biaya atau cost saat ini.


Akuntansi dan manajemen penetapan biaya tradisional menggunakan pendekatan yang pada dasarnya berorientasi pada biaya. Ketika merencanakan harga penjualan, biaya produksi produk meningkat dengan laba yang diharapkan, yang memberi kita harga jual yang dianggarkan. Kesulitan dasar tentu saja datang dari kenyataan bahwa harga yang ditentukan sering jauh dari apa yang pelanggan mau terima. Itu adalah masalah terlepas dari cara mana perbedaan muncul. Jika harga secara signifikan melebihi tingkat penerimaan harga pelanggan, penjualan akan turun, sementara jika harga ditetapkan terlalu jauh di bawah harga yang diharapkan, keuntungan atau laba yang belum direalisasi mungkin dapat terjadi.


TARGET LABA

Dalam penerapannya diperusahaan target laba adalah umumnya dihitung menggunakan tingkat pengembalian atas penjualan - return on sales (ROS) daripada pengembalian atas investasi - return on investment (ROI). ROS adalah lebih nyaman secara teknis untuk mengaitkan laba dengan produk volume rendah. Praktik ini mencerminkan kecenderungan pabrikan atau perusahaan untuk fokus pada profitabilitas portofolio produk terkait, bukan produk individual. Setelah total target biaya ditetapkan untuk rencana produk yang baru disetujui, perencana teknik dan personel manajemen biaya membagi total target biaya untuk produk menjadi berbagai elemen biaya produk berdasarkan desain teknik dan persyaratan biaya. Pencapaian target biaya membutuhkan kegiatan intensifikasi teknik nilai (Value engineering - VE) dan kerja sama yang erat antara departemen, seperti teknik, produksi, dan pemasaran.


Value engineering (VE) pertama kali dikembangkan oleh General Electric dan diarahkan untuk menghasilkan fitur-fitur produk yang inovatif, namun efektif biaya yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan. Fitur-fiturnya telah ditentukan berdasarkan riset pasar yang ketat. Harga penjualan menggabungkan fitur menarik berdasarkan riset pasar. Untuk produk dan layanan dalam VE, fungsi-fungsi didefinisikan, dan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan fungsi-fungsi yang didefinisikan diukur terhadap fungsi-fungsi tersebut.



PRINSIP-PRINSIP DASAR TARGET COSTING

Prinsip metode target costing meliputi enam prinsip dasar. Prinsip-prinsip tersebut;
  1. Biaya sesuai dengan harga,
  2. Berkonsentrasi pada pelanggan,
  3. Berkonsentrasi pada desain produk,
  4. Keterlibatan luas,
  5. Pengurangan biaya selama Product Life cycle - siklus hidup produk,
  6. Memperhatikan rantai nilai (Value Chain).


Salah satu alasan utama bahwa perusahaan Jepang menemukan target biaya adalah kompatibilitasnya dengan strategi manajemen yang mereka gunakan untuk menghadapi Product Life cycle yang lebih pendek di pasar saat ini. Artinya dengan Product Life cycle adalah Mereka perlu memantau laba dan kinerja biaya dalam interval pendek karena mereka ingin memulihkan investasi mereka dalam waktu singkat. Target costing memungkinkan perusahaan untuk menerjemahkan strategi pengurangan biaya menjadi serangkaian tindakan setara sesuai dengan hubungan dengan fungsi yang ditentukan. Kemampuan untuk menerjemahkan target menjadi tindakan sangat kuat karena akuntansi biaya terhubung ke produk dengan sangat dekat, yang menurut para pekerja sangat mudah dipahami walaupun tidak ahli. Koneksi yang dekat ini berbeda dengan koneksi yang longgar antara costing akuntansi dan berbagai fungsi dan produk dalam sistem biaya standar.


TUJUAN TARGET COSTING

Tujuan dari penerapan manajemen Target costing di perusahaan adalah ingin mengurangi biaya dalam tahap desain dan pengembangan produk. Target costing berarti filosofi manajemen perusahaan yang berorientasi pasar yang intinya bahwa semua bidang manajemen perusahaan harus menanggapi dorongan dari pasar.


Sangat penting untuk terus memantau kebutuhan pasar, dan harapan pelanggan, dan kepatuhan terhadapnya. Dengan demikian target costing adalah desain produk dan proses manajemen biaya di mana perusahaan dapat merancang dan mengembangkan produk / layanan mereka dengan cara yang berfokus pada pelanggan.


Prinsip utama penetapan target adalah:
  1. Penganggaran biaya adalah tunduk pada persyaratan dan harapan pasar;
  2. Dasar dari pengurangan biaya adalah desain fungsional dan desain ulang produk;
  3. Biaya ditentukan oleh harga pasar yang dapat dicapai;
  4. Produk ini berorientasi pada konsumen dalam hal kualitas, harga, dan waktu pasokan; juga Pelanggan, contoh; Pasar menentukan harga yang harus dibayar untuk fungsi produk tertentu, yaitu harga yang disiapkan untuk membayar serangkaian fungsi produk yang ditetapkan
  5. Pemasok harus sudah terlibat dalam tahap perencanaan diman pemasok harus dilibatkan sebagai anggota aktif dari tim desain terutama untuk mengaktifkan keahlian mereka, dan ide-ide mereka. Itu tentu saja mengasumsikan hubungan kepercayaan kedua pihak.
  6. Menggunakan tim interdisipliner untuk menangani biaya;
  7. Mengurangi biaya pembelian, penggunaan, dan pemeliharaan untuk pelanggan;
  8. Mengintegrasikan proses penciptaan nilai dalam penganggaran biaya.


Biaya target atau target costing diperoleh dengan mengurangi dari target harga jual (target price) target laba (target profit atau laba). Singkatnya rumus target costing akan menjadi (target harga jual - target laba = biaya yang diijinkan).



KESIMPULAN APA ITU TARGET COSTING : DEFINISI, PROSES DAN PRINSIP

Target biaya atau target costing suatu produk adalah harga jual produk yang diharapkan dikurangi laba yang diinginkan dari penjualannya. Dengan kata lain, biaya target benar-benar merupakan ukuran seberapa rendah biaya yang diperlukan untuk mendapatkan keuntungan tertentu.


Dalam sistem produksi pesanan kerja atau pabrikan pesanan pekerjaan, perusahaan memproduksi produk khusus secara terbatas. Proses ini dimulai ketika pelanggan atau klien membawa pesanan khusus ke produsen.


Sebagai contoh, ambil manufaktur gitar misalnya. Seorang gitaris datang ke Gibson Guitar Company dan ingin Gibson menjadikannya gitar yang sepenuhnya sesuai pesanan. Gibson akan melihat pesanan dan menentukan terlebih dahulu apakah mereka dapat memproduksinya. Jika Gibson memutuskan mereka dapat membuat gitar kustom, mereka kemudian harus menetapkan harga jual. Untuk menentukan harga jual yang tepat, Gibson harus melihat target biaya.


Gibson harus melihat pada berapa banyak biaya untuk memproduksi gitar ini dan berapa banyak yang bisa dijual untuk gitar. Kemudian Gibson dapat mengetahui berapa banyak laba yang akan dihasilkan dari penjualan. Ini rumus biaya target yang sederhana.


Demikian artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!

Post a Comment for "APA ITU TARGET COSTING : DEFINISI, PROSES DAN PRINSIP"