APA ITU MONOKOTIL DAN CONTOHNYA

Pengertian, Arti, Definisi Apa itu Monokotil (Monocotyledoneae) - Monokotil adalah Mencakup semua tumbuhan berbunga yang memiliki kotiledon tunggal (berkeping biji tunggal), batang bagian atas tidak bercabang. Umumnya berdaun tunggal, kecuali pada golongan palma (kelapa, palem) dengan tulang daun melengkung atau sejajar. Jaringan xilem dan floem pada batang dan akar tersusun tersebar dan tidak berkambium. Bunga memiliki bagian-bagian dengan kelipatan 3, bentuk tidak beraturan dan berwarna tidak menyolok. Baca lebih lengkap di pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/
Gambar tabel perbedaan monokotil dikotil pada tumbuhan

CONTOH MONOKOTIL

Berikut ini contoh Monokotil yang umum ditemukan adalah pada kelompok Tumbuhan atau umum disebut dengan keluarga atau famili (bahasa Latin: familia, jamak familiae).


Famili (bahasa Latin: familia, jamak familiae) dalam klasifikasi ilmiah adalah suatu takson yang berada antara ordo dan genus, merupakan taksonomi yang di dalamnya terdiri atas beberapa genus yang secara filogenetis terpisah dari famili lainnya termasuk pada hewan maupun tumbuhan.


Beberapa contoh Famili tumbuhan Monokotil misalnya;
  • Famili Liliaceae. Contohnya adalah Lilium longiflorum (lilia gereja), Gloriosasuperba (kembang sungsang).
  • Famili Amaryllidaceae. Contohnya adalah Agave cantala (kantala), Agavesisalana (sisal).
  • Famili Poaceae. Contohnya adalah Oryza sativa (padi), Zea mays (jagung), Andropogon sorghum (cantel), Panicummiliaceum (jewawut).
  • Famili Zingiberaceae. Contohnya adalahZingiber officinalle (jahe), Curcumadomestica (kunyit), Alphinia galanga(laos), Kaempferia galanga (kencur).
  • Famili Musaceae. Contohnya adalah Musa paradisica (pisang), Musa textilis (manila henep).
  • Famili Orchidaceae. Contohnya adalah Phalaenopsis amabilis (anggrek bulan), Dendrobium phalaenopsis (larat).
  • Famili Arecaceae. Contohnya adalah Cocos nucifera (kelapa), Arenga pinata (aren), Areca catechu (pinang), Elaisquineensis (kelapa sawit).
  • Famili Areceae. Contohnya adalah Colocasia esculenta (talas), Xanthosoma violaceum (bentul), Alocasia macrorhiza (sente).



Dari pengelompokan Tumbuhan diatas sudah cukup jelas bahwa banyak jenis familia Tumbuhan yang tergolong memiliki kotiledon tunggal (berkeping biji tunggal), batang bagian atas tidak bercabang.

Baca: MEMBEDAKAN MONOKOTIL DAN DIKOTIL

Monokotil adalah bisa juga selain familia yang disebutkan diatas karena itu belum semuanya lengkap di pengertianartidefinisidari.blogspot.com untuk Monocotyledoneae, namun jika melihat contoh diatas maka banyak sekali pohon berbeda tergolong memiliki kotiledon tunggal dalam pengelompokan famili.

Post a Comment for "APA ITU MONOKOTIL DAN CONTOHNYA "