Pengertian Arti Definisi Dari - Total Quality Management (TQM) adalah filosofi manajemen yang berusaha untuk mencapai hasil terbaik dengan memusatkan semua kegiatan bisnis dan proses pada kepuasan pelanggan. Implementasi TQM yang tepat melibatkan peningkatan berkelanjutan (continuous Improvement) dan semua anggota organisasi bisnis tertentu, dan strategi dari metode ini bertujuan untuk mengambil bagian dalam proses tersebut. Gagasan utama di balik pendekatan TQM (Bahasa Indonesia: manajemen kualitas total) ialah bahwa cara terbaik untuk sukses jangka panjang mesti dengan menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian, semua yang ada di TQM didefinisikan melalui lensa kepuasan pelanggan.
TQM memiliki 8 unsur utama yang dikelompokkan bersama dalam empat prinsip inti. Mari gunakan metafora bangunan untuk lebih menjelaskan elemen-elemen ini dalam rangkuman pengertianartidefinisidari.blogspot.com
Penekanan pada keterlibatan di semua tingkatan mengarah pada keterlibatan karyawan, yang mengurangi turnover dan menghemat uang untuk pelatihan dan kesalahan karena kurangnya pengalaman.
Jika manajemen gagal mengimplementasikan sepenuhnya program TQM, upaya parsialnya pasti akan gagal. Contoh kasus, hanya membatasi inisiatif pada pelatihan personel tanpa menggunakan alat statistik untuk mengukur dan mengevaluasi perubahan proses akan membuat frustrasi dan hasil yang tidak memadai.
Menurut pengertianartidefinisidari.blogspot.com, Program pelatihan harus diambil lingkaran penuh melalui evaluasi dan hasil yang diukur. Salah satu alasan beberapa perusahaan fokus pada pelatihan adalah karena itu nyata dan mudah untuk menunjukkan bahwa sesuatu telah dilakukan. Tetapi kecuali pelatihan ditindaklanjuti dengan pembinaan yang berkelanjutan, pengetahuan dan keterampilan yang diberikannya tidak mungkin melekat. Semoga bermanfaat!!
TQM memiliki 8 unsur utama yang dikelompokkan bersama dalam empat prinsip inti. Mari gunakan metafora bangunan untuk lebih menjelaskan elemen-elemen ini dalam rangkuman pengertianartidefinisidari.blogspot.com
Daftar Isi:
PRINSIP PERTAMA: FONDASI
Karena setiap bangunan memerlukan fondasi, setiap filosofi bisnis memerlukan beberapa nilai atau value untuk menginformasikan pendekatannya kepada dunia dan organisasinya sendiri. TQM melembagakan tiga elemen dasar untuk bangunan metaforisnya yang menumbuhkan sikap dan atmosfer yang produktif1. ETIKA
Etika adalah studi tentang benar dan salah, dan TQM menekankan pentingnya memahami apa yang etis dilakukan, baik sebagai organisasi maupun sebagai individu dalam konteks organisasi. Karena organisasi menyadari perlunya beroperasi dengan cara yang baik secara moral, organisasi diharapkan untuk melembagakan kode perilaku yang jelas.2. INTEGRITAS
Sementara etika lebih peduli dengan mengetahui apa yang benar, integritas berfokus pada bertindak sesuai dengan nilai-nilai perusahaan dalam lingkungan yang jujur dan terbuka. Drama kantor, rumor, atau bentuk permusuhan antarpribadi lainnya tidak disukai.3. KEPERCAYAAN
Keberhasilan implementasi TQM membutuhkan hubungan kepercayaan di antara individu-individu yang merupakan bagian dari organisasi. Agar tim dapat meningkatkan dan menyediakan produk atau layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan, mereka perlu bekerja sama dalam suasana kepercayaan. Jika persyaratan itu dipenuhi, pengenalan masalah, analisis masalah, solusi masalah dan pengambilan keputusan semua menjadi lebih mudah.PRINSIP KEDUA: DINDING
Karena dinding adalah blok bangunan utama yang digunakan untuk membuat dan menanggung beban rumah, dinding dalam konteks TQM bersandar pada fondasi, dan mendukung seluruh struktur.4. PELATIHAN
Pelatihan sangat penting bagi karyawan untuk dapat mencapai kualitas dan efisiensi tingkat tinggi. Karena TQM adalah pendekatan menyeluruh untuk manajemen bisnis, ini mengharuskan semua peserta untuk menerima pelatihan yang diperlukan dari atasan mereka. Pelatihan ini harus mencakup bagaimana menjadi sama berharganya dengan organisasi dan pelanggannya sebanyak mungkin.5. KERJA TIM
Mencapai tujuan bersama dan menyediakan layanan pelanggan tingkat tinggi membutuhkan tim untuk bekerja secara efisien bersama. Individu harus tahu bagaimana bekerja bersama, dan lingkungan tim harus memfasilitasi diskusi terbuka tentang masalah dan solusi. Ada 3 jenis tim dalam organisasi TQM: Tim Peningkatan Kualitas yang dibentuk untuk sementara, Tim Pemecahan Masalah, dan Tim Kelompok Kerja Alami yang lebih organik dan tahan lama.6. KEPEMIMPINAN
Sementara pelatihan dan kerja tim sangat penting untuk membuat anggota dipersiapkan untuk menjadi bagian berharga dari organisasi, kepemimpinan memiliki peran penting untuk memanfaatkan potensi itu. Semua pengawas dan manajer harus memahami filosofi dan metodologi TQM, dan harus dapat menerapkannya sambil dengan jelas mentransmisikan nilai, strategi, arahan dan tujuan ke tim yang menjadi tanggung jawab mereka.PRINSIP KETIGA: PELAKSANA
Bahkan ketika Anda memiliki semua elemen yang diperlukan untuk membangun sebuah bangunan yang luar biasa, penting bagi elemen-elemen itu untuk diikat bersama, dan ini adalah pekerjaan pelaksana.7. KOMUNIKASI
Pelaksana yang mencakup semua bangunan TQM adalah komunikasi. Mulai dari fondasi, mengelilingi batu bata dan mencapai atap. Satu-satunya cara untuk terus meningkatkan dan mencapai kinerja optimal adalah agar informasi dan ide mengalir dengan bebas. Komunikasi harus selalu ada dalam organisasi, tetapi juga harus melibatkan semua entitas eksternal seperti pelanggan, mitra, pemasok, dan pemangku kepentingan.PRINSIP KEEMPAT: ATAP
Yang paling menonjol dari sebuah bangunan adalah atapnya, yang dalam kasus TQM adalah elemen utama terakhir; pengenalan juga pengakuan.8. PENGAKUAN
Elemen ini melibatkan umpan balik positif dan dorongan yang harus dicapai baik oleh prestasi maupun saran dalam organisasi. Semua pengawas harus mencari dan mendeteksi kontribusi, dan harus memberikan pengakuan kapan pun dibuat mereka. Ini meningkatkan moral dan kinerja. Ini memberi anggota motivasi organisasi untuk terus berpartisipasi secara produktif dalam implementasi TQM.APA YANG TERJADI DENGAN TQM?
Popularitas TQM terus menurun dalam tanggapan langsung terhadap peningkatan popularitas Six Sigma. Popularitas di Six Sigma ini adalah hasil dari beberapa hal penting:- Penyelarasan yang lebih kuat dan fokus pada hasil bisnis organisasi (peningkatan yang ditargetkan di bidang utama)
- Memperluas pelatihan dan keterampilan di luar organisasi manufaktur dan kualitas
- Tetapkan tingkat kinerja yang lebih tinggi (3,4 cacat per juta) di luar tingkat kualitas penerimaan
- Tetapkan standar pelatihan (sistem sabuk) dan membutuhkan proyek dengan pendampingan dan pelatihan
- Membebaskan sumber daya untuk mempelajari dan menerapkan peningkatan, dan mengembalikannya ke dalam bisnis
- Pelatihan dan pengalaman harapan untuk kepemimpinan (harus tingkat tertentu untuk mendapatkan promosi)
- Meskipun TQM tidak lagi menjadi metodologi utama di balik program peningkatan saat ini, penting untuk mengingat sejarah dan struktur TQM
- Kami tidak ingin menjauh dari blok bangunan menguntungkan yang disediakannya, jadi kami tidak lupa apa yang membuatnya menjadi pendekatan yang berhasil selama bertahun-tahun, dan pastikan kami memanfaatkan kekuatan itu dalam program Lean dan Six Sigma kami.
KELEBIHAN DAN KEKURAGAN MANAJEMEN KUALITAS TOTAL
Strategi TQM (Manajemen Kualitas Total) bertujuan untuk keberhasilan jangka panjang dengan meminta anggota organisasi di semua tingkatan untuk menciptakan kepuasan pelanggan dengan membuat produk terbaik menjadi mungkin. Tidak ada kerugian nyata untuk keberhasilan implementasi strategi TQM. Namun, jika organisasi Anda menerapkan strategi TQM dengan setengah hati, Anda pasti akan mengalami masalah.KELEBIHAN TQM: PRODUK LEBIH BAIK DENGAN BIAYA LEBIH RENDAH
TQM mengarah ke produk yang lebih baik yang diproduksi dengan biaya lebih rendah. Fokus pada penggunaan informasi berkualitas tinggi untuk meningkatkan proses mengurangi pemborosan dan menghemat waktu, yang mengarah pada pengurangan biaya yang dapat diteruskan kepada pelanggan dalam bentuk harga yang lebih rendah. Perusahaan yang berhasil menerapkan TQM dapat mengurangi variabilitas, memberikan konsistensi yang bernilai tambah (value added - VA) bagi pelanggan. Ini menciptakan loyalitas pelanggan dan menghasilkan bisnis yang berkelanjutan.Penekanan pada keterlibatan di semua tingkatan mengarah pada keterlibatan karyawan, yang mengurangi turnover dan menghemat uang untuk pelatihan dan kesalahan karena kurangnya pengalaman.
KEKURANGAN TQM: MEMBUTUHKAN KOMITMEN MENDALAM
Salah satu kelemahan atau kekurangan utama TQM adalah perlunya komitmen seluruh perusahaan untuk peningkatan kualitas, dan kesulitan untuk mencapai komitmen ini. Semua level manajemen harus ada di papan agar program benar-benar berhasil. Kurangnya upaya atau sumber daya akan merusak keberhasilan program TQM, menyebabkan riak negatif di seluruh perusahaan.Jika manajemen gagal mengimplementasikan sepenuhnya program TQM, upaya parsialnya pasti akan gagal. Contoh kasus, hanya membatasi inisiatif pada pelatihan personel tanpa menggunakan alat statistik untuk mengukur dan mengevaluasi perubahan proses akan membuat frustrasi dan hasil yang tidak memadai.
Menurut pengertianartidefinisidari.blogspot.com, Program pelatihan harus diambil lingkaran penuh melalui evaluasi dan hasil yang diukur. Salah satu alasan beberapa perusahaan fokus pada pelatihan adalah karena itu nyata dan mudah untuk menunjukkan bahwa sesuatu telah dilakukan. Tetapi kecuali pelatihan ditindaklanjuti dengan pembinaan yang berkelanjutan, pengetahuan dan keterampilan yang diberikannya tidak mungkin melekat. Semoga bermanfaat!!
Post a Comment for "DEFINISI DAN UNSUR UTAMA TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)"