APA ITU BHAYANGKARA DAN BHAYANGKARI DALAM POLRI

Pengertian Definisi Arti - Bhayangkara dan Bhayangkari Dalam POLRI (Kepolisian Negara Republik Indonesia) adalah kata yang mungkin sering kamu dengar namun beberapa diantara kita hingga hari ini masih belum mengerti apa yang dimaksud Bhayangkara dan Bhayangkari pada lembaga POLRI. Untuk memahami apa itu Bhayangkara dan Bhayangkari dalam satuan POLRI simak pembahasan dibawah artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com.


PENGERTIAN BHAYANGKARA DALAM POLRI

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Bhayangkara adalah pangkat golongan tamtama dalam kepolisian di bawah bintara yang mencakupi bhayangkara utama satu, bhayangkara utama dua, bhayangkara utama muda, bhayangkara kepala, bhayangkara satu, dan bhayangkara dua.


Jika dilihat dari sejarah Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang dikutip dari situs resmi polri.go.id tentang sejarah POLRI kata Bhayangkara memiliki asal usul pada Jaman Kerajaan Majapahit patih Gajah Mada membentuk pasukan pengamanan yang disebut dengan Bhayangkara yang bertugas melindungi raja dan kerajaan.

Sedangkan menurut Wikipedia, Bintang Bhayangkara (Sanskerta: bhayangkara berarti garang, hebat; nama pasukan pengawal elit kerajaan Majapahit) adalah bintang penghargaan yang dinugerahkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai bintang kepahlawanan untuk anggota kepolisan yang telah menunjukkan keberanian, kebijaksanaan dan ketabahan luar biasa melampaui panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

APA ITU BHAYANGKARA DAN BHAYANGKARI DALAM POLRI


Bintang Bhayangkara dibagi dalam tiga kelas yaitu:
  1. Bintang Bhayangkara Utama
  2. Bintang Bhayangkara Pratama
  3. Bintang Bhayangkara Nararya



PENGERTIAN BHAYANGKARI DALAM PERAN POLRI

Menurut bhayangkari.or.id dalam sejarah singkat Bhayangkari menyatakan bahwa Bhayangkari merupakan organisasi istri anggota Polri yang lahir atas gagasan Ny. HL. Soekanto pada tanggal 17 Agustus 1949 di Yogyakarta, dan sebagai Ketua Pengurus besar dijabat oleh Ny. T. Memet Tanumijaya.


Organisasi Bhayangkari ini memiliki lambang yang bernama Cupu Manik Astagina. Dalam lambang tersebut terdapat kata atau Tulisan Bhayangkari adalah nama organisasi yang berarti menyebabkan tidak ada bahaya. Sedangkan Cupu Manik Astagina terdiri dari kata:
  • Cupu berarti tempat.
  • Manik berarti utama.
  • Asta berarti bilangan delapan.
  • Gina berarti faedah atau manfaat.
Pada tahun 2012 Bhayangkari telah terdaftar sebagai anggota organisasi kemasyarakatan dikementerian dalam negeri dengan nomor : 01–00–00/0096/DIII.4/IV/2012. Dan diperkuat dengan terbitnya akte pendirian nomer : Nomor  03,- Tanggal 16 – 04 – 2012. sehingga dalam perkembangannya Organisasi Bhayangkari setara dengan tujuh organisasi wanita besar di Indonesia dan berkekuatan hukum.


Demikian pembahasan dari pengertian arti definisi Bhayangkara dan Bhayangkari Dalam POLRI semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "APA ITU BHAYANGKARA DAN BHAYANGKARI DALAM POLRI"