APA ITU PUASA ARAFAH, NIAT SERTA HIKMAHNYA

Arti Definisi Pengertian - Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilaksanakan menjelang hari raya Idul Adha. Seperti diketahui bahwa hari raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhiijah dalam kalender Islam (Hijriyah) dan disunnahkan sehari sebelum menyambut lebaran haji disunnahkan menjalankan puasa Arafah.


Puasa sunnah Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhiijah dalam kalender Islam (Hijriyah) namun ada juga ahli keagamaan yang menyarankan sebelum melaksanakan Puasa Arafah kita disarankan menjalankan puasa Tarwiyah dan puasa tujuh hari di awal/ jelang Idul Adha.


Puasa jelang Idul Adha 10 Dzulhiijah, seperti puasa Tarwiyah dan puasa sunnah Arafah adalah memiliki fadhilah dan keutamaan sebagaimana hadits riwayat Ibnu Abbas dalam At-Tirmidzi sebagai mengatakan;


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر


Artinya : “Rasulullah SAW berkata: Tak ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti 10 hari ini,” (HR. At- Tirmidzi)



Sebagian besar menurut para ulama hadits ini digunakan sebagai dalil anjuran puasa sembilan hari di awal bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha. Puasa di awal Idul Adha bertepatan dengan hari Arafah atau disebut dengan puasa Arafah sangat dianjurkan bagi umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Lalu apa itu yang dimaksud dengan Arafah dan Puasa Tarwiyah jelang Idul Adha 10 Dzulhiijah dalam kalender Islam (Hijriyah)? bagaimana bacaannya, berikut penjelasannya.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


APA ITU HARI ARAFAH

Hari Arafah berarti hari dimana jatuh tanggal 9 bulan Dzulhijah pada kalender Islam Qamariyah/Hijriyah, dalam pengertian bahwa hari ini merupakan hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Kesunnahan puasa Arafah tidak didasarkan adanya wukuf di Arafah oleh jamaah haji, tetapi karena datangnya hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah.


PENGERTIAN PUASA DZULHIJJAH DAN NIATNYA

Puasa Dzulhijjah berarti puasa yang disunnahkan sebelum Idul Adha, tepatnya pada tanggal 1-7 Dzulhijjah.

NIAT

نويت صوم شهر ذى الحجة سنة لله تعالى

Nawaitu shauma syahri dzil hijjati sunnatan lillahi ta’ala

Artinya : saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta’ala.

APA ITU PUASA ARAFAH, NIAT SERTA HIKMAHNYA

PENGERTIAN PUASA TARWIYAH DAN NIATNYA

Puasa tarwiyah berarti puasa yang disunnahkan sebelum Idul Adha, tepatnya pada tanggal 8 Dzulhijjah. Puasa yang sering diperdebatkan tentang dianjurkan di bulan Dzulhijjah adalah puasa Tarwiyah. Sebagaimana penjelasan kami dalam Pengertian Puasa Tarwiyah dan Arafah pada Puasa Menjelang Idul Adha (lebaran haji)



NIAT

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala.



PENGERTIAN PUASA SUNNAH ARAFAH DAN NIATNYA

Puasa arafah berarti puasa sunnah yang dilakukan pada hari arafah, tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa yang paling dianjurkan di bulan Dzulhijjah adalah puasa arafah. Apalagi bagi orang yang tidak sedang melakukan ibadah haji.

NIAT

نويت صوم التروية سنة لله تعالى

Nawaitu shauma al tarwiyata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: saya niat berpuasa sunnah tarwiyah karena Allah ta’ala.


HIKMAH SERTA KEUTAMAAN PUASA ARAFAH

Adapun tentang fadhilah atau keutamaan berpuasa hari Arafah tanggal 9 Dzulhijjah didasarkan pada hadits berikut ini:

صَوْمُ يَوْمِ عَرَفَةَ يُكَفِّرُ سَنَتَيْنِ مَاضِيَةً وَمُسْتَقْبَلَةً وَصَوْمُ عَاشُوْرَاَء يُكَفِّرُ سَنَةً مَاضِيَةً

Puasa hari Arafah menebus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang dan puasa Asyura (10 Muharram) menebus dosa setahun yang telah lewat. (HR Ahmad, Muslim dan Abu Daud dari Abi Qotadah)


HIKMAH

Puasa ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang tidak pergi haji, sebagaimana terdapat dalam riwayat dari Rasulullah SAW tentang puasa Arafah:
Dari Abu Qatadah Al-Anshariy (ia berkata),” Sesungguhnya Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah di tanya tentang (keutamaan) puasa pada hari Arafah?” Maka dia menjawab, “ Menghapuskan (kesalahan) tahun yang lalu dan yang sesudahnya.” (HR. Muslim no.1162 dalam hadits yang panjang) 

Adapun Hikmah, Fadhilah serta Keutamaan lainnya:

  • Hari arofah adalah waktu mustajabnya do’a. Dari ‘Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik do’a adalah do’a pada hari Arofah.” ( HR. Tirmidzi no. 3585. )
  • Puasa Arafah dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162, dari Abu Qotadah)



KESIMPULAN APA ITU PUASA ARAFAH, NIAT SERTA HIKMAHNYA

Puasa Arafah adalah puasa pada Hari Arafah, yaitu hari kesembilan dari bulan Dzulhijjah. Di antara keutamaan hari Arafah (9 Dzulhijah) disebutkan dalam hadits berikut:
Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah di hari Arofah (yaitu untuk orang yang berada di Arofah). Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?"
(HR. Muslim no. 1348, dari ‘Aisyah)


Puasa Arafah merupakan salah satu amal khusus pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah bahkan sangat dianjurkan Nabi Muhammad SAW sebagaimana penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com diatas, semoga bermanfaat!!

Post a Comment for "APA ITU PUASA ARAFAH, NIAT SERTA HIKMAHNYA"