DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB

Pengertian Definisi Arti: Secara umum dalam pelajaran fisika, Gaya adalah tarikan atau dorongan yang memiliki arah tertentu. Bahkan para ahli fisika menyebutkan, bahwa Interaksi dua benda bermuatan apa pun disebut sebagai gaya listrik. Mirip dengan kekuatan apa pun, dampak dan pengaruhnya terhadap tubuh yang diberikan dijelaskan oleh hukum gerak Newton. Gaya listrik adalah di antara daftar kekuatan lain yang mengerahkan benda.


Hukum Newton berlaku untuk menganalisis gerakan di bawah pengaruh gaya semacam itu atau kombinasi kekuatan. Analisis dimulai dengan pembangunan citra benda bebas di mana arah dan jenis gaya individu ditunjukkan oleh vektor untuk menghitung jumlah yang dihasilkan yang disebut sebagai gaya total yang dapat diterapkan untuk menentukan akselerasi tubuh.


Jika dilihat dari ukurannya, maka masa gaya listrik tergantung antara dua elektron sama dengan gaya listrik antara dua proton ketika ditempatkan pada jarak yang sama. Ini menggambarkan bahwa gaya listrik tidak didasarkan pada massa benda, tetapi tergantung pada kuantitas yang dikenal sebagai muatan listrik.


Untuk lebih mendalami apa itu yang dimaksud dengan gaya Listrik, rumus, contoh dan bentuknya dalam hukum cloumb simak penjelasan berikut.




DEFINISI HUKUM COULOMB

Hukum Coloumb adalah hukum eksperimental yang menghitung jumlah gaya antara dua partikel bermuatan listrik stasioner. Gaya listrik antara benda bermuatan stasioner secara konvensional dikenal sebagai gaya elektrostatik atau gaya Coloumb. Hukum Coulomb menjelaskan jumlah gaya elektrostatik antara muatan stasioner.


Hukum Coulomb menyatakan bahwa:
Nilai gaya interaksi elektrostatik antara dua muatan titik berbanding lurus dengan perkalian skalar muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak di antara keduanya.
DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB



DEFINISI GAYA LISTRIK DAN RUMUSNYA

Rumus atau Formula gaya listrik dapat diperoleh dari hukum Coulomb sebagai berikut:

DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB
Dimana;
  • F adalah gaya listrik yang diarahkan antara dua benda bermuatan
  • K adalah konstanta proporsionalitas
  • q0 dan q1 adalah jumlah muatan pada setiap tubuh
  • r adalah jarak antara badan yang dibebankan
  • r^ adalah vektor satuan variabel



CONTOH DARI GAYA LISTRIK DALAM HUKUM COULOMB

Contoh gaya listrik adalah seperti yang disebutkan di bawah ini:
  • Muatan dalam bohlam.
  • Gesekan statis antara kain saat digosok dengan pengering.
  • Kejutan yang dirasakan setelah menyentuh kenop pintu.


Gaya listrik juga dapat dilihat melalui listrik saat ini seperti kabel tembaga yang membawa daya ke seluruh bangunan. Gaya elektrostatik menunjukkan energi listrik melalui muatan statis seperti tabung sinar katoda di TV dan lukisan semprot elektrostatik.


Baca:


MACAM-MACAM GAYA DAN PENEMUNYA

GAYA GRAVITASI

Penemu gaya gravitasi adalah SIR ISAAC NEWTON dari peristiwa apel jatuh. Gravitasi adalah gaya tarikan suatu benda. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita jatuh selalu ke bawah.


GAYA PEGAS

Penemu gaya  pegas adalah ROBERT HOOKE.  Gaya Pegas adalah gaya yang diberikan oleh benda apabila direnggangkan atau ditarik dan kemudian dilepaskan akan kembali ke bentuk semula atau secara singkat Gaya Pegas adalah gaya pada benda yang dapat kembali ke bentuk semula. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita memanah dan bermain ketapel.


GAYA OTOT

Penemu gaya otot adalah LUIGI GALVANI. Gaya Otot adalah gaya yang dihasilkan oleh tenaga manusia dan hewan. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari, apabila kita membawa barang dan sapi menarik gerobak, mengayuh sepeda, mendorong meja/kursi, mengangkat beban berat.


GAYA MAGNET

Penemu garis gaya magnet adalah MICHAEL FARADAY. Gaya magnet adalah suatu tarikan yang dihasilkan oleh sebuah magnet pada logam-logam tertentu. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari, besi, baja, seng dan lain lain. Batu magnet sendiri ditemukan oleh seorang gembala bernama THALLUS  dari daerah Magnesia di Asia kecil.


GAYA LISTRIK STATIS

Penemu Gaya listrik statis adalah MICHAEL FARADAY. Gaya listrik statis adalah gaya listrik yang bersifat sementara dan serupa dengan medan magnet ( daerah disekitar magnet) hanya saja benda yang ditarik tidak harus dari logam, plastik, dan kertas pun bisa tertarik. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari, sobekan kertas menempel pada mistar plastik yang sebelumnya digosok-gosokkan ke rambut.


GAYA GESEK

Penemu Gaya Gesek adalah SIR ISAAC NEWTON.  Gaya Gesek adalah gaya yang diberikan oleh dua buah benda yang bersentuhan dan bergesekan berlawanan arah. Biasanya hasil gesekan selalu menghasilkan panas atau disebut kalor. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari,  ketika kita berjalan sepatu/sandal atau kaki bersentuhan dengan lantai.


GAYA MESIN

Gaya Mesin ditemukan oleh penemu uap pertama kali yaitu JAMES WATT. Gaya mesin adalah gaya yang diberikan oleh bekerjanya suatu mesin. Sebagai salah satu contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah, mesin diesel, mesin sepeda bermotor, mesin pabrik dan lain-lain.



KESIMPULAN DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS, CONTOH DAN MACAM DALAM HUKUM COULOMB


Tetap terhubung dengan pengertianartidefinisidari untuk menyimpulkan lebih banyak tentang gaya listrik, contoh dan rumus-rumus seperti gaya magnet bersama hukum Coulomb.

Post a Comment for "DEFINISI GAYA LISTRIK, RUMUS DAN CONTOH DALAM HUKUM COULOMB"