APA ITU PERAWAT DAN KEPERAWATAN DALAM PEKERJAAN

Pengertian Definisi Arti - Perawat dan Keperawatan Dalam pekerjaan, pendidikan maupun profesi adalah kata yang mungkin sering kamu dengar namun beberapa diantara kita hingga hari ini masih belum mengerti apa yang dimaksud Perawat dan Keperawatan pada jenis Pekerjaan pelayanan kesehatan. Meskipun banyak menurut pendapat para ahli, pakar hingga secara umum adabaiknya untuk memahami apa itu Perawat dan Keperawatan dalam falsafah Pekerjaan simak penjelasan dibawah pengertianartidefinisidari.blogspot.com.




PENGERTIAN PERAWAT DALAM PEKERJAAN

Perawat menurut persepsi para ahli:
  • Menurut ahli seperti Kusnanto (2004), perawat adalah seseorang (profesional) yang mempunyai kemampuan, tanggung jawab dan kewenangan melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan pada berbagai jenjang pelayanan keperawatan.
  • Menurut Harlley (1997 dalam Fahri 2010), menjelaskan pengertian dasar seorang perawat adalah seseorang yang berperan dalam kerja merawat atau memelihara, membantu dan melindungi seseorang karena sakit, injuri, dan proses penuaan.
  • Menurut Pakar bahasa dari Depkes RI (2002), mendefinisikan Perawat profesional adalah perawat yang bertanggungjawab dan berwenang memberikan pelayanan keperawatan secara mandiri dan atau berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya sesuai dengan kewenangannya.


Apabila dilihat dari persepsi yang diberikan apa yang dimaksud dengan perawat oleh para ahli atau pakar diatas, dapat disimpulkan bahwa selain dokter yang memiliki peran penting di rumah sakit adalah perawat namun menyesuaikan dengan peran dan fungsinya masing-masing.


Fungsi Perawat :

Menurut Hidayat tahun 2004, peran dan fungsi perawat terdiri dari :
  • Berperan sebagai pemberi asuhan keperawatan. Peran ini dapat dilakukan perawat dengan memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanan keperawatan.
  • Sebagai advokat klien. Peran ini dilakukan perawat dalam membantu klien dan keluarga dalam menginterpretasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan atau informasi lain khususnya dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasiennya, juga dapat berperan mempertahankan dan melindungi hak-hak pasien yang meliputi hak atas pelayanan sebaik-baiknya, hak atas informasi tentang penyakitnya, hak atas privasi, hak untuk menentukan nasibnya sendiri dan hak untuk menerima ganti rugi akibat kelalaian
  • Peran sebagai edukator. Peran ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat pengetahuan kesehatan dan kemampuan klien mengatasi kesehatanya, dan perawat memberi informasi dan meningkatkan perubahan perilaku klien.
  • Peran sebagai koordinator. Peran ini dilaksanakan dengan mengarahkan, merencanakan serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan sehingga pemberian pelayanan kesehatan dapat terarah serta sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Peran sebagai kolaborator. Perawat disini dilakukan karena perawat bekerja melalui tim kesehatan yang terdiri dari dokter fisioterapis, ahli gizi, dan lain-lain dengan berupaya mengidentifikasi pelayanan keperawatan yang diperlukan termasuk diskusi atau tukar pendapat dalam penentuan bentuk pelayanan selanjutnya.
  • Peran sebagai konsultan. Peran disini adalah sebagai tempat konsultasi terhadap masalah atau tindakan keperawatan yang tepat untuk diberikan.
  • Peran sebagai pembaharu. Peran sebagai pembaharu dapat dilakukan dengan mengadakan perencanaan, kerja sama, perubahan yang sistematis dan terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan. Peran perawat sebagai pembeharu dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya; kemajuan teknologi, perubahan Lisensi-regulasi, meningkatnya peluang pendidikan lanjutan, dan meningkatnya berbagai tipe petugas asuhan kesehatan.

APA ITU PERAWAT DAN KEPERAWATAN DALAM PEKERJAAN


Fungsi Perawat :

Menurut Hidayat tahun 2004, fungsi dalam menjalankan tugas seorang perawat terdiri dari :
  • Fungsi Independen. Merupakan fungsi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain, dimana perawat dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara sendiri dengan keputusan sendiri dalam melakukan tindakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti pemenuhan kebutuhan fisiologis (pemenuhan kebutuhan oksigenasi, pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit, pemenuhan kebutuhan nutrisi, pemenuhan kebutuhan aktivitas, dan lain-lain), pemenuhan kebutuhan keamanan dan kenyamanan, pemenuhan kebutuhan cinta mencintai, pemenuhan kebutuhan harga diri dan aktualisasi diri.
  • Fungsi Dependen. Merupakan fungsi perawat dalam melaksanakan kegiatannya atas pesan atau instruksi dari perawat lain. Sehingga sebagai tindakan pelimpahan tugas yang diberikan. Hal ini biasanya dilakukan oleh perawat spesialis kepada perawat umum, atau dari perawat primer ke perawat pelaksana.
  • Fungsi Interdependen. Fungsi ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan di antara tim satu dengan lainya fungsi ini dapat terjadi apa bila bentuk pelayanan membutuhkan kerjasama tim dalam pemberian pelayanan seperti dalam memberikan asuhan keperawatan pada penderaita yang mempunyai penyakit kompleks keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melainkan juga dari dokter ataupun lainya, seperti dokter dalam memberikan tanda pengobatan bekerjasama dengan perawat dalam pemantauan reaksi obat yang telah diberikan.



PENGERTIAN KEPERAWATAN DALAM PROFESI PEKERJAAN

Keperawatan menurut persepsi para ahli:
  • Menurut Hidayat (2008), mengemukakan pendapat bahwa Keperawatan sebagai profesi merupakan salah satu pekerjaan di mana dalam menentukan tindakannya didasari pada ilmu pengetahuan serta memiliki keterampilan yang jelas dalam keahliannya. Selain itu sebagai profesi keperawatan mempunyai otonomi dalam kewenangan dan tanggung jawab dalam tindakan serta adanya kode dalam bekerja dan berorientasi pada pelayanan dengan pemberian asuhan keperawatan kepada individu, kelompok dan masyarakat.
  • Menurut Hutahaean (2010), mengemukakan pendapat bahwa kegiatan keperawatan ditujukan kepada pencapaian kemampuan individu untuk merawat dirinya yang disebut dengan asuhan keperawatan.
  • Menurut Konsep Teori Martha E. Rogers (dalam McEwen & Wills, 2011), mengartikan Keperawatan adalah ilmu humanisti/humanitarian yang menggambarkan dan memperjelas bahwa manusia dalam strategi yang utuh dan dalam perkembangan hipotesis secara umum dengan memperkirakan prinsip-prinsip dasar untuk ilmu pengetahuan praktis.
  • Menurut Henderson  (1964, dalam Potter, 2006) mendefinisikan keperawatan adalah sebagai membantu individu yang sakit dan yang sehat dalam melaksanakan aktivitas yang memiliki kontribusi terhadap kesehatan dan penyembuhannya, dimana individu tersebut akan mampu mengerjakanya tanpa bantuan bila ia memiliki kekuatan, kemauan, dan pengetahuan yang dibutuhkan. Hal ini dilakukan dengan cara membantu mendapatkan kembali kemandiriannya secepat mungkin.
  • Menurut lokakarya nasional Persatuan Perawat Nasional lndonesia (PPNI) tahun 1983, Perawatan adalah pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan, berbentuk pelayanan bio-psiko-sosial-spiritual yang menyeluruh ditunjukkan kepada individu, kelompok dan masyarakat baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.


Apabila dilihat dari persepsi yang diberikan apa yang dimaksud dengan keperawatan oleh para ahli atau pakar diatas, dapat disimpulkan bahwa secara umum keperawatan sebagai profesi merupakan salah satu pekerjaan di mana dalam menentukan tindakannya didasari pada ilmu.


Demikian pembahasan dari pengertian arti definisi perawat dan keperawatan dalam Pekerjaan semoga bermanfaat!!



DAFTAR PUSTAKA PENGERTIANARTIDEFINISIDARI.BLOGSPOT.COM


Depkes RI. 2002. Standar Tenaga Keperawatan di Rumah Sakit Direktorat Pelayanan Keperawatan Direktoral Jenderal Pelayanan Medik. Depkes.


Fahri, Arizal. 2010. Perawat yang Profesional. Jakarta: Bina Media Perintis.


Hidayat, Aziz Alimul. 2004. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.


Hutahaean. 2010. Konsep dan Dokumentasi Keperawatan. Jakarta: Trans Info.


Lokakarya Keperawatan Nasional. 1983. Sinopsis Dasar-Dasar Keperawatan. Jakarta: Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Depkes RI.


Kusnanto. 2004 . Pengantar Profesi Dan Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.


Mcewen, Melanie. Will, Evelyn, M. 2011. Theoretical Basis For Nursing, Edisi 3. North Amerika and the Caribbean : A Macmillan Company.


Potter dan Perry. 2006. Fundamental Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran ECG.

Post a Comment for "APA ITU PERAWAT DAN KEPERAWATAN DALAM PEKERJAAN"