HARI RAYA KEAGAMAAN UMAT HINDU: NGEMBAK GNI

pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Setiap agama memiliki hari besar sebagai bagian dalam perjalanan sejarah perkembangan keagamaan. Tanpa terkecuali umat Hindu. Hari raya dalam agama Hindu dirayakan dalam waktu berbeda karena memaknai sejarah dari hara-hari perayaan tersebut. Beberapa daftar perayaan umat Hindu adalah Siwa Ratri, Saraswati, Pagerwesi, Thaipusam, Tawur Kesanga, Nyepi, Ngembak Gni, Galungan, Kuningan, dan Deepavali setiap tahun dirayakan dalam hari-hari yang saling berhubungan. Seperti contoh: hari raya keagamaan untuk umat Hindu, Pagerwesi dirayakan setelah hari raya Saraswati, Tawur Kesanga dirayakan sebelum hari raya Nyepi, Ngembak Geni dirayakan setelah hari raya Ngembak Geni.


Untuk beberapa daftar hari raya keagamaan umat Hindu yang pengertianartidefinisidari.blogspot.com tentu beberapa diantaranya kamu masih bertanya apa yang dimaksud dengan hari raya ini. Sebagai awal sebelum pembahasan perayaan lainnya, mari kita mulai dengan Hari Ngembak Geni.


PENGARTIAN HARI RAYA NGEMBAK GENI DALAM AGAMA UMAT HINDU

Ngembak Geni adalah dua kata yang dalam bahasa Bali memiliki pengertian sebagai berikut:
  • Ngembak artinya bebas, dan;
  • Geni artinya api.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Dari kedua pengertian diatas, secara singkat bahwa pengertianartidefinisidari Ngembak Geni memiliki makna bebas menyalakan api (dalam pengertian luas terbebas dan dapat kembali beraktifitas).


Dalam artian yang lebih umumnya, Ngembak Geni berarti terbebas dan dipersilakan kembali untuk melakukan berbagai macam aktifitas seperti sedia kala. Hal ini dimaksudkan karena ketika Upacara Nyepi dilakukan seluruh aktifitas masyarakat Hindu dihentikan dan baru diperbolehkan untuk aktifitas kembali setelah hari raya besar itu selesai.


Sebagaimana diketahui bahwa terdapat beberapa aktifitas yang tidak diperbolehkan ketika Hari Raya Suci Nyepi seperti sebagai berikut:
  • Amati Karya, artinya bahwa tidak boleh melakukan aktifitas jasmani, sebaliknya diwajibkan hanya melakukan kegiatan rohani seperti bersembahyang;
  • Amati Geni, tidak boleh menyalakan api serta tidak mengobarkan hawa nafsu;
  • Amati Lelungaan, tidak boleh bepergian melainkan harus senantiasa melakukan mawas diri;
  • Amati Lelanguan, tidak boleh mengobarkan kesenangan melainkan melakukan pemusatan fikiran hanya terfokus kepada Sanghyang Widhi Wasa.


Oleh sebab itu, sehari setelah pelaksanaan hari raya Nyepi dilaksanakan hari raya Ngembak Geni. Pada hari Ngembak Geni, seluruh umat Hindu di Bali melakukan sembahyang dan memanjatan ucapan doa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) dengan kata-kata permohonan agar pada tahun baru Saka berikan kemudahan, kebaikan dan kembali menjadi manusia baru lagi, yang bersih juga suci dari segala dosa-dosa dimasa lalu.


Setelah sambutan Tahun baru saka, baru diperbolehkan untuk melakukan aktifitas kembali. Ini artinya bahwa Ngembak Geni merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan hari raya Nyepi, adapun tahapan-tahapan yang dapat pengertianartidefinisidari.blogspot.com sebutkan adalah sebagai berikut :
  • Tahap pertama Melasti, yaitu membuang mala dalam upaya mensucikan Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit;
  • Tahap kedua Tawur, yaitu caru yang bertujuan mengharmoniskan Tri Hita Karana;
  • Tahap ketiga Sipeng, yaitu menggelar tapa-berata-yoga-samadi;
  • Tahap keempat Ngembak Geni, yaitu mengakhiri tapa-berata-yoga-samadi, dan ber Dharma Santi dalam bentuk saling berkunjung dan saling memaafkan;
  • Tahap kelima adalah nunas tirta amertha pada Purnama Kadasa, di saat mana Ida Sanghyang Widhi memberkati dunia dan isinya agar sejahtera menghadapi tahun yang akan datang.
Baca:


KESIMPULAN HARI RAYA KEAGAMAAN UMAT HINDU: NGEMBAK GENI

Pada hakikatnya Ngembak geni dapat diartikan sebagai acara untuk bersilaturahmi mulai dari Mesima Krama (lingkungan keluarga), tetangga, serta Dharma Santi atau yang lebih luas, dan selain itu sebagai bentuk permohonan maaf atas segala kesalahan serta merenungkan diri selama Catur Brata Penyepian berlangsung. Akhir kata, teman di pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi dan Selamat Ngembak Geni Tahun baru saka.