APA ITU MASA PRAPASKAH? KAPAN MASA PRAPASKAH DIMULAI? APA YANG HARUS DILAKUKAN SELAMA PRAPASKAH?

pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Prapaskah adalah periode enam minggu menjelang Paskah. Hari ini adalah salah satu saat paling penting dalam setahun bagi banyak orang Kristen di seluruh dunia, terutama yang berada dalam tradisi Anglikan, Katolik, dan Ortodoks, diadakan pada tingkat yang sama pentingnya dengan Advent - kedatangan hingga Natal.


Sementara Advent adalah perayaan dan masa antisipasi yang besar, Prapaskah lebih sering dilihat sebagai waktu perayaan dan persiapan yang khusyuk untuk perayaan kematian dan kebangkitan Yesus pada Paskah. Dari mulai pada hari Rabu Abu hingga kesimpulannya pada hari Minggu Paskah, Prapaskah telah menjadi waktu tradisional untuk berpuasa atau memberikan sesuatu atau berpantang. Sama seperti kita dengan cermat mempersiapkan acara dalam kehidupan pribadi kita, seperti pernikahan, atau ulang tahun; dimulainya masa Prapaskah mengundang kita untuk membuat pikiran dan hati kita siap untuk mengingat kehidupan, kematian, dan kebangkitan Yesus. Simak lengkap tulisan blog Pra-paskah dipengertianartidefinisidari.blogspot.com?




KAPAN MASA PRAPASKAH DIMULAI?

Karena Prapaskah mengikuti kalender liturgi tahunan gerejawi, tanggal pasti Prapaskah jatuh setiap tahun berubah. Prapaskah dimulai pada Rabu Abu, yang selalu diadakan 46 hari (40 hari puasa dan 6 Minggu) sebelum Minggu Paskah.


pengertianartidefinisidari Rabu Abu adalah hari pertama masa pra-Paskah. Rabu Abu adalah sebuah hari raya Kristen untuk beribadah dan berpuasa, meskipun bukan merupakan suatu hari raya wajib, sebagai tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.


APA YANG DILAKUKAN UMAT KRISTEN SELAMA MASA PRAPASKAH?

Belakangan ini, orang-orang Kristen di seluruh dunia merayakan Prapaskah dengan banyak cara. Banyak dari denominasi yang lebih ortodoks dan tradisional masih akan menjalankan puasa dengan ketat, dimulai dengan mengenakan abu pada Rabu Abu dan pantang daging, ikan, telur, dan lemak hingga Minggu Paskah.


Yang lain akan memilih untuk menyerah hanya satu item untuk Prapaskah, lebih umum 'mewah' seperti coklat, daging atau alkohol. Hal ini juga menjadi semakin umum bagi orang untuk menyerahkan hal-hal lain untuk memfokuskan kembali iman mereka selama masa ini; seperti menonton TV, pergi ke gym, bahkan media sosial.


Banyak orang Kristen juga menggunakan Prapaskah untuk mempelajari Alkitab mereka dan berdoa lebih intensif, memanfaatkan banyak buku renungan dan kursus sekarang tersedia untuk.


Dan, tentu saja, semakin banyak orang Kristen yang beralih ke tantangan 40 tindakan-tindakan sebagai cara melakukan Prapaskah secara berbeda; menggunakan renungan harian sederhana dan tindakan kedermawanan sebagai cara untuk mengutamakan orang lain selama persiapan Paskah.


Hari Minggu selama Prapaskah sangat penting bagi orang Kristen di seluruh dunia dalam pengertianartidefinisidari sebenarnya. Di mana hari Senin hingga Sabtu dari masing-masing dari enam minggu berkaitan dengan puasa dan pantang, hari Minggu adalah simbol perayaan kebangkitan Kristus. Alih-alih berpuasa, orang Kristen mengadakan pesta untuk mengenang pengorbanan Kristus. Hari Minggu keempat dan keenam sangat penting di Indonesia - yang keempat karena itu adalah Hari Ibu (Mothering Day) dan hari keenam karena Hari Minggu Palma.


APA YANG DIMAKSUD HARI MINGGU PALMA

pengertianartidefinisidari Minggu Palma adalah hari peringatan dalam liturgi gereja Kristen yang selalu jatuh pada hari Minggu sebelum Paskah. Itulah sebabnya Minggu Palma disebut pembuka pekan suci, yang berfokus pada pekan terakhir Yesus di kota Yerusalem.


Perayaan Minggu Palma ini adalah sebuah peristiwa iman yang sangat istimewa bagi umat Katolik. Banyak yang mengatakan dalam tradisi gereja Katolik, perayaan Minggu Palma untuk pengertianartidefinisidari.blogspot.com ini adalah sebuah peristiwa iman yang sangat istimewa karena sebagai pembuka pekan suci sebelum Yesus mati dan bangkit dari kematian-Nya di kayu salib.


Dalam catatan sejarah Sejak abad ke-5 (menurut Egeria) sudah dipraktekan liturgi palma ini. Liturginya dilakukan siang hari di Bukit Zaitun dalam suatu liturgi sabda dan sore harinya dilakukan prosesi menuju kota Yerusalem. Sejak itu, Gereja Barat mentransfer tradisi tersebut hingga hari ini. Bahkan Pada tahun 600-an di Spanyol sudah ada tradisi penggunaan daun palma ini dalam liturgi tetapi tanpa prosesi.


Daun palma memiliki kekuatan apotropaic untuk “tolak bala”, untuk melindungi dan mencegah rumah, kebun, ternak dari gangguan iblis dan roh-roh jahat.


Kepercayaan pada daun palma ini kemudian hari dikristianisasi/ ditransvaluasi. Daun palma bermakna kemenangan atas maut. Suatu ungkapan penghormatan pada penebus yang mengalahkan maut.


Kepercayaan terhadap daun palma itu semakin diperkuat justru bagi orang katolik karena adanya ritus pemberkatan daun palma tersebut. Pada masa kini prosesi daun palma itu dipahami sebagai ekspresi/ungkapan iman, harapan dan kasih pada Kristus. Saat mengungkapkan glorifikasi akan kemenangan Kristus.


MENGAPA 40 HARI MASA PRAPASKAH DIMULAI DENGAN RABU ABU SAMPAI HARI MINGGU PALMA?

Rabu Abu mulai Prapaskah di pengertianartidefinisidari.blogspot.com. Hari ini mendapatkan namanya dari restu tradisional abu yang diambil setelah pembakaran ranting pohon palem (atau salib yang terbuat dari daun palem) dari perayaan Minggu Palem tahun sebelumnya. Di beberapa gereja abu digunakan untuk menggambar salib di kepala orang untuk menandai awal puasa mereka. Gambar salib sering dilakukan sambil mengulangi kata-kata "Bertobat dan percaya kepada Injil" (Markus 1:15) atau "Ingatlah bahwa Anda adalah debu, dan menjadi debu Anda akan kembali" (Genesis 3:19).

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

APA ITU PEKAN SUCI?

Hari Minggu Palma menandai awal Pekan Suci: minggu terakhir Prapaskah menjelang Paskah. Pada hari Minggu Palma, orang-orang Kristen di mana pun mengingat kedatangan Yesus yang penuh kemenangan di Yerusalem. Ibadah Gereja sering kali mencakup prosesi ranting-ranting pohon palem, simbolis dari yang diletakkan di kaki Yesus ketika dia berkuda ke kota. Salib sawit juga akan dibagikan pada hari ini, untuk disimpan sampai Rabu Abu tahun berikutnya sebagai pengingat kematian dan kebangkitan Yesus.


Cabang-cabang palem bisa sangat mudah dijumpai dalam iklim tropis seperti di Indonesia.


Ketika Pekan Suci semakin dekat dan Paskah mendekat, kita mengadakan Rabu Suci untuk memperingati niat Yudas Iscariot untuk mengkhianati Yesus; Kamis Putih, untuk memperingati Perjamuan Terakhir, Yesus berbagi dengan para muridnya di mana ia memperkirakan pengkhianatannya dengan penyangkalan berikut oleh Peter; dan Jumat Agung, hari di mana orang-orang Kristen di seluruh dunia mengingat penyaliban dan penguburan Yesus.

Dengan berakhirnya Jumat Agung, orang-orang Kristen menanti-nantikan Minggu Paskah, hari di mana Yesus bangkit dari kuburnya.


Ketika mereka memasuki makam, mereka melihat seorang pria muda mengenakan jubah putih duduk di sisi kanan, dan mereka terkejut. "Jangan khawatir," katanya. “Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan. Dia telah bangkit! Dia tidak disini. Lihat tempat mereka membaringkannya. Tetapi pergi, beri tahu murid-muridnya dan Petrus, ‘Ia akan mendahului kamu ke Galilea. Di sana Anda akan melihat dia, seperti yang dia katakan kepada Anda. "Markus 16: 5-7". Demikian tulisan blog Pra-Paskah di pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat

KESIMPULAN APA ITU MASA PRAPASKAH? KAPAN MASA PRAPASKAH DIMULAI? DAN APA YANG HARUS DILAKUKAN SELAMA PRAPASKAH? EVENT DI PENGERTIANARTIDEFINISIDARI.BLOGSPOT.COM

Menutup tulisan tentang Pra-paskah sebagai kesimpulan, pengertianartidefinisidari.blogspot.com mengutip kata-kata bijak Uskup Agung Fulton Sheen sebagai inspirasi Prapaskah dan Paskah:
Sulit bagi kita untuk melihat dalam musibah-musibah dan jalan kehidupan, dalam penyakit, dalam kehilangan, dalam kerugian finansial, dalam tubuh kanker dan anggota tubuh kusta, Tujuan Ilahi apa pun. Itulah sebabnya Tuhan kita yang terberkati harus menanggung penderitaan atas diri-Nya, untuk menunjukkan kepada kita bahwa itu adalah Piala Bapa. Setiap air mata, kekecewaan, dan hati yang berduka adalah cek kosong. Jika kita menuliskan nama kita di atasnya, itu tidak berharga. Jika kita menandatanganinya dengan nama Kristus, nilainya tak terbatas. Dalam kemakmuran, Kristus memberi Anda karunia-Nya; dalam penderitaan dengan iman, Dia memberi Anda diri-Nya.