TEKS DESKRIPSI - DEFINISI, STUKTUR TEKS, KARAKTERISTIK TEKS, CONTOH DAN LATIHAN TEKS DESKRIPSI

Teks Deskripsi pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Definisi Teks Deskripsi. Teks deskriptif adalah sebuah teks atau paragraf yang mengatakan seperti apa seseorang atau sesuatu itu. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan orang, tempat, atau benda tertentu.


Baca: PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP - MENENTUKAN CIRI ISI DAN TUJUAN TEKS DESKRIPSI

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


Stuktur Teks (Struktur Elemen)

Teks Deskripsi memiliki aturan tersendiri dalam penulisannya, termasuk dalam struktur atau komposisinya yang harus ditulis secara berurutan. Jika Anda diminta dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk membuat teks Deskripsi, pastikan strukturnya seperti berikut:


1. Identifikasi

Bagian ini di paragraf pertama - tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sesuatu yang akan dijelaskan atau digambarkan. Penjelasannya mudah, Identifikasi berfungsi untuk mengenalkan pembaca tentang objek atau sesuatu yang telah kita gambarkan sebelum kita menceritakan tentang propertinya. Tujuannya bukan untuk mendapatkan salah satu dari pembaca tersebut.

2. Deskripsi

Bagian ini di paragraf kedua dan seterusnya - berisi isi tulisan yang melekat pada sesuatu yang sudah Anda perkenalkan kepada pembaca di paragraf pertama.


Karakteristik Teks Deskripsi

Ciri-ciri ini penting untuk Anda perhitungkan agar penulisan teks deskriptif tidak salah. Jadi pastikan Anda menggunakan elemen berikut saat menggunakan genre akan menulis teks Deskripsi:


1. Menggunakan kalimat seolah-olah melihat sendiri situasi objek tersebut.

Mengapa Menggunakan kalimat seolah-olah melihat sendiri situasi objek tersebut? ini karena kita akan menggambarkan fakta atau kebenaran yang melekat pada sesuatu atau seseorang. Dan salah satu fungsi melihat sendiri situasi objek tersebut adalah untuk mengilustrasikan sebuah fakta atau kebenaran (misalnya fakta - matahari itu panas). Oleh karena itu, Anda harus selalu menggunakan bentuk pertama dari kata kerja melihat sendiri situasi objek tersebut. Contoh Anda akan mengilustrasikan properti mobil baru Anda - Warna mobil saya hitam, bisa melaju hingga 300 km / jam.


2. Teks berisi penggambaran atau melukiskan sebuah objek, baik suatu tempat ataupun seseorang.

Karena fungsinya untuk mendeskripsikan sesuatu dengan menjelaskan isinya, maka dalam teks akan banyak dijumpai kata sifat deskriptif (penggambaran atau melukiskan sebuah objek, baik suatu tempat ataupun seseorang), seperti ganteng, cantik, tinggi, kecil, besar, atau jika kata sifat tersebut berasal dari kata sifat.


3. Teks deskripsi juga menceritakan detail fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, hingga ukuran objek yang diceritakan.

Dalam teks deskriptif sering kita temukan menceritakan detail fisik objek secara rinci. Dari mulai warna, tekstur, bentuk, hingga ukuran objek yang diceritakan. ini seperti pada ciri nomor 1. Dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai "melukiskan". Karena tujuan atau fungsi teks deskriptif adalah untuk mendeskripsikan, maka pasti kita akan sering menemukan kata seperti, misal, ciri. Namanya pengertianartidefinisi, tingginya 120 cm.


Contoh Teks Deskripsi

Contoh dalam Pelajaran sekolah Kelas 9 SMP dengan Mapel Bahasa Indonesia - Teks deskripsi tentang ibu inspirasiku

(Identifikasi)

Ibuku adalah seorang yang terhebat dalam hidupku. Ia tak pernah mengenal lelah dan tak pernah marah. Dalam hidupku ibuku adalah seorang yang sangat berjasa, ibuku paling mengerti dan selalu memberi motivasi-motivasi yang dapat membangkitkan semangat yang pernah hilang dalam hidupku.

(Deskripsi)

Ibuku adalah wanita yabg rela mengorbankan hidupnya untuk keluarga. Rela bangun awal dan tidur paling akhir dalam hidupnya. Ibuku rela bekerja untuk membantu keuangan dalam keluargaku agar kami dapat bersekolah dan dapat hidup dengan sejahtera.


Ibuku engkau adalah inspirasiku, aku ingin kelak apabila aku sudah besar ingin sepertimu dan ingin sekali membahagiakanmu.


RANGKUMAN TEKS DESKRIPSI - DEFINISI, STUKTUR TEKS, KARAKTERISTIK TEKS, CONTOH DAN LATIHAN TEKS DESKRIPSI

Teks deskripsi adalah sebuah teks atau paragraf yang penyampaian gagasan utamanya dilakukan secara jelas, seperti tempat, objek, dan peristiwanya, sehingga pembaca seolah-olah mengetahui dan merasakan langsung kejadian dalam teks tersebut. Dalam permbuatan teks deskripsi, terdapat beberapa unsur-unsur penting yang harus dipenuhi, seperti judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Dimana pembahasan Teks Deskripsi pengertianartidefinisidari.blogspot.com - Definisi Teks Deskripsi. Teks deskripsi adalah sebuah teks atau paragraf yang penyampaian gagasan utamanya dilakukan secara jelas, seperti tempat, objek, dan peristiwanya, sehingga pembaca seolah-olah mengetahui dan merasakan langsung kejadian dalam teks tersebut. Dalam permbuatan teks deskripsi, terdapat beberapa unsur-unsur penting yang harus dipenuhi, seperti judul, kalimat topik, deskripsi, dan kesimpulan. Selain itu, teks deskripsi memiliki beberapa ciri-ciri, seperti contoh.
  1. Paragraf yang menggabarkan sesuatu;
  2. Paragraf dijelaskan sangat jelas dan detail oleh teks-teks yang menyusunnya;
  3. Pembaca akan seoah-olah merasakan apa yang sedang dibahas di paragraf tersebut;
  4. Paragraf dalam teks deskripsi selalu menggabarkan objek, tempat, dan keadaan secara detail;



Baca: PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 7 SMP - APA CIRI TEKS DESKRIPSI DARI SEGI TUJUAN DAN OBJEK YANG DISESKRIPSIKAN?


Dari ciri-ciri diatas, secara singkat dapat dirangkum bahwa Teks deskriptif adalah sebuah teks atau paragraf yang mengatakan seperti apa seseorang atau sesuatu itu. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan orang, tempat, atau benda tertentu, demikian tulisan pelajaran sekolah di pengertianartidefinisidari.blogspot.com semoga bermanfaat!

Post a Comment for "TEKS DESKRIPSI - DEFINISI, STUKTUR TEKS, KARAKTERISTIK TEKS, CONTOH DAN LATIHAN TEKS DESKRIPSI"