pengertianartidefinisidari: penggunaan Ralitas Virtual. pengertianartidefinisidari.blogspot.com, - Ketika kita berbicara tentang Virtual Reality (VR), banyak dari kita berpikir tentang film fiksi ilmiah terbaik seperti 'Avatar' (2009). Namun, kenyataannya adalah bahwa saat ini, teknologi ini benar-benar menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari. Video game, kedokteran, pendidikan... Virtual Reality akan tetap ada. Tapi apa itu sebenarnya?
Virtual Reality menciptakan lingkungan simulasi yang membuat pengguna tenggelam dengan menggunakan headset atau helm tertentu, jadi baca terus penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com
Meskipun ini mungkin tampak sangat futuristik, asal-usulnya tidak sebaru yang kita kira. Faktanya, banyak orang menganggap bahwa salah satu perangkat Virtual Reality pertama disebut Sensorama, mesin dengan kursi built-in yang memutar film 3D, mengeluarkan bau dan menghasilkan getaran untuk membuat pengalaman sejelas mungkin. Penemuan ini sudah ada sejak pertengahan 1950-an. Perkembangan teknologi dan perangkat lunak berikutnya selama tahun-tahun berikutnya membawa serta evolusi progresif baik dalam perangkat maupun dalam desain antarmuka.
Perbedaan utama antara keduanya adalah VR membangun dunia di mana kita membenamkan diri melalui headset tertentu. Ini sepenuhnya imersif dan semua yang kita lihat adalah bagian dari lingkungan yang dibangun secara artifisial melalui gambar, suara, dll. Di sisi lain, dalam Augmented Reality (AR), dunia kita sendiri menjadi kerangka di mana objek, gambar, atau sejenisnya ditempatkan. Semua yang kita lihat ada di lingkungan nyata dan mungkin tidak sepenuhnya perlu memakai headset. Contoh paling jelas dan paling umum dari konsep metaverse ini adalah Pokemon Go.
Baca: PENGERTIAN NFT DAN METAVERSE PADA DUNIA VIRTUAL
Namun, ada juga kombinasi dari kedua Reality (Baca: realitas) yang disebut realitas campuran. Teknologi hybrid ini memungkinkan, contohnyanya, untuk melihat objek virtual di dunia nyata dan membangun pengalaman di mana fisik dan digital praktis tidak bisa dibedakan.
Perusahaan teknologi besar sudah bekerja untuk mengembangkan headset yang tidak memerlukan kabel dan yang memungkinkan gambar dilihat dalam HD. Mereka sedang mengembangkan headset Virtual Reality dalam 8K dan dengan prosesor yang jauh lebih kuat. Bahkan ada pembicaraan bahwa dalam beberapa tahun ke depan mereka bisa mengintegrasikan Artificial Intelligence. Standar 5G terbaru juga dapat memberikan skenario yang sangat menarik untuk evolusi VR. Standar ini akan memungkinkan lebih banyak perangkat dan komunitas pengguna yang besar untuk terhubung. Selain itu, latensinya yang hampir tidak terlihat akan memungkinkan konsumen menerima gambar secara real time, hampir seolah-olah mereka melihatnya dengan mata kepala sendiri.
Semua ini berarti bahwa Virtual Reality bukan lagi fiksi ilmiah. Teknologi ini terintegrasi ke dalam masa sekarang kita dan di tahun-tahun mendatang, itu akan mengarah pada kemajuan yang akan membentuk masa depan.
Virtual Reality menciptakan lingkungan simulasi yang membuat pengguna tenggelam dengan menggunakan headset atau helm tertentu, jadi baca terus penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com
APA ITU VIRTUAL REALITY?
Virtual Reality (VR) adalah lingkungan yang dibuat oleh komputer dengan pemandangan dan objek yang tampak nyata, membuat pengguna merasa tenggelam dalam lingkungannya. Lingkungan ini dirasakan melalui perangkat yang dikenal sebagai headset atau helm Virtual Reality. VR memungkinkan kita membenamkan diri dalam video game seolah-olah kita adalah salah satu karakternya, mempelajari cara melakukan operasi jantung atau meningkatkan kualitas pelatihan olahraga untuk memaksimalkan kinerja.Meskipun ini mungkin tampak sangat futuristik, asal-usulnya tidak sebaru yang kita kira. Faktanya, banyak orang menganggap bahwa salah satu perangkat Virtual Reality pertama disebut Sensorama, mesin dengan kursi built-in yang memutar film 3D, mengeluarkan bau dan menghasilkan getaran untuk membuat pengalaman sejelas mungkin. Penemuan ini sudah ada sejak pertengahan 1950-an. Perkembangan teknologi dan perangkat lunak berikutnya selama tahun-tahun berikutnya membawa serta evolusi progresif baik dalam perangkat maupun dalam desain antarmuka.
PERBEDAAN DENGAN AUGMENTED REALITY
Meskipun merupakan teknologi yang berasal dari beberapa dekade yang lalu, banyak orang yang masih asing dengan konsep Virtual Reality. Hal ini juga cukup umum untuk membingungkan istilah Virtual Reality dengan Augmented Reality.Perbedaan utama antara keduanya adalah VR membangun dunia di mana kita membenamkan diri melalui headset tertentu. Ini sepenuhnya imersif dan semua yang kita lihat adalah bagian dari lingkungan yang dibangun secara artifisial melalui gambar, suara, dll. Di sisi lain, dalam Augmented Reality (AR), dunia kita sendiri menjadi kerangka di mana objek, gambar, atau sejenisnya ditempatkan. Semua yang kita lihat ada di lingkungan nyata dan mungkin tidak sepenuhnya perlu memakai headset. Contoh paling jelas dan paling umum dari konsep metaverse ini adalah Pokemon Go.
Baca: PENGERTIAN NFT DAN METAVERSE PADA DUNIA VIRTUAL
Namun, ada juga kombinasi dari kedua Reality (Baca: realitas) yang disebut realitas campuran. Teknologi hybrid ini memungkinkan, contohnyanya, untuk melihat objek virtual di dunia nyata dan membangun pengalaman di mana fisik dan digital praktis tidak bisa dibedakan.
PENGGUNAAN UTAMA VIRTUAL REALITY
Teknologi ini sudah cukup tentang teori yang memproyeksikan kita ke masa depan. Sektor mana yang sebenarnya digunakan Virtual Reality saat ini? Kedokteran, budaya, pendidikan dan arsitektur adalah beberapa bidang yang telah memanfaatkan teknologi ini. Dari kunjungan museum yang dipandu hingga pembedahan otot, VR memungkinkan kita melintasi batas yang sebelumnya tidak terbayangkan.Makan
Sekarang kita dapat melakukan perjalanan hampir ke tempat yang berbeda dan membenamkan diri dalam lingkungan tertentu sambil mencicipi hidangan dari lokasi tersebut.Obat
Dewan Riset Nasional Spanyol telah berhasil mengurangi efek Parkinson pada beberapa pasien dengan menerapkan pengobatan yang menggunakan VR.Media
Jurnalisme imersif membawa pengguna ke tempat-tempat di mana peristiwa telah terjadi dengan streaming langsung video 360°.Pendidikan
Di ruang kelas, penggunaan VR memungkinkan siswa untuk mempertahankan pengetahuan dengan lebih baik dan membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar.Hiburan
Pengguna dapat memasuki adegan dalam video game atau berlatih olahraga ekstrim tanpa bergerak dari sofa mereka.Arsitektur
RV membantu arsitek untuk membayangkan ruang dengan lebih baik dan mempresentasikan proyek kepada klien mereka.Industri
Digital Twins adalah salinan digital persis dari objek fisik yang dapat dipraktikkan dan diuji oleh pekerja pabrik di dunia virtual.Budaya / Seni
Beberapa museum dan galeri menawarkan kunjungan virtual atau pengalaman mendalam untuk membantu memahami sejarah dan budaya yang terkait dengan setiap karya. Termasuk dalam NFT. NFT dalam singkatan kata atau istilah yang merupakan kepanjangan dari Non-Fungible Token. NFT adalah suatu sertifikat karya atau aset seperti foto, video atau gambar dalam bentuk virtual.MASA DEPAN VIRTUAL REALITY
Virtual Reality adalah salah satu teknologi dengan proyeksi potensi pertumbuhan tertinggi. Strategi VR dan RA saat ini, banyak pasar menuntut aplikasi maupun penggunaan yang melampaui rekreasi, pariwisata atau pemasaran dan lebih terjangkau bagi pengguna. Antarmuka virtual juga perlu ditingkatkan untuk menghindari cacat seperti kliping, yang membuat benda padat tertentu tampak seolah-olah dapat dilewati. Atau untuk meminimalkan efek yang dihasilkan VR pada manusia, di antaranya mabuk perjalanan, yang terdiri dari pusing yang disebabkan oleh ketidaksesuaian antara gerakan tubuh kita dengan apa yang dilihat di dunia maya.Perusahaan teknologi besar sudah bekerja untuk mengembangkan headset yang tidak memerlukan kabel dan yang memungkinkan gambar dilihat dalam HD. Mereka sedang mengembangkan headset Virtual Reality dalam 8K dan dengan prosesor yang jauh lebih kuat. Bahkan ada pembicaraan bahwa dalam beberapa tahun ke depan mereka bisa mengintegrasikan Artificial Intelligence. Standar 5G terbaru juga dapat memberikan skenario yang sangat menarik untuk evolusi VR. Standar ini akan memungkinkan lebih banyak perangkat dan komunitas pengguna yang besar untuk terhubung. Selain itu, latensinya yang hampir tidak terlihat akan memungkinkan konsumen menerima gambar secara real time, hampir seolah-olah mereka melihatnya dengan mata kepala sendiri.
Semua ini berarti bahwa Virtual Reality bukan lagi fiksi ilmiah. Teknologi ini terintegrasi ke dalam masa sekarang kita dan di tahun-tahun mendatang, itu akan mengarah pada kemajuan yang akan membentuk masa depan.
Post a Comment for "APA ITU VIRTUAL REALITY (VR)?"