APA YANG DIMAKSUD DENGAN IKLAN, SLOGAN DAN POSTER?

pengertianartidefinisidari.blogspot.com, - Iklan, Slogan dan Poster merupakan teks persuasif yang isinya mengandung pesan kepada khalayak.


Teks persuasi adalah paragraf yang berisi pernyataan untuk mendorong seseorang mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis. Teks persuasi bersifat ajakan, maka pernyataannya cenderung untuk mempromosikan sesuatu.


Isi dari teks-teks Iklan, Slogan dan Poster tersebut berfungsi dalam membujuk khalayak supaya berbuat sesuatu, entah membeli atau menurutinya.


Secara umum, dalam membujuk isinya juga disertakan gambar menarik yang memberitahukan suatu ide dan hal penting terhadap organisasi atau masyarakat.


Oleh karenanya, dalam membuat Iklan, Slogan dan Poster maka diperlukan unsur-unsur pendukungnya.


Sebelum mengetahui unsur-unsur pendukung Iklan, Slogan dan Poster, ada baiknya ketahui terlebih dahulu pangertian arti definisi dari ketiga kategori periklanan tersebut

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/


APA PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI POSTER, SLOGAN DAN IKLAN?

POSTER

Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak. Apa yang dimaksud dengan iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.


Pada umumnya iklan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.


Agar pesan tersampaikan kepada khalayak maka diperlukan unsur-unsur pembentuk iklan.


Unsur-unsur

Adapun unsur-unsur dalam membuat Iklan yang Baik untuk Menarik Minat Masyarakat agar mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis diantaranya adalah:
  1. Nama Produk. Hal penting yang harus ada dalam sebuah iklan adalah nama produk. Alasannya, agar produk tersebut memiliki identitas diri. Umumnya, nama produk harus terlihat menonjol dan memiliki keunikan. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mudah dikenali oleh khalayak umum atau masyarakat. Jadi, nama suatu produk harus dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik.
  2. Gambar Produk. Dengan fungsi menambah daya tarik iklan bisa dilakukan dengan gambar produk. Tujuannya, supaya maksud dan makna sebuah iklan bisa tersampaikan dengan baik. Oleh sebab itu, saat membuat iklan produk disarankan untuk menggunakan variasi gambar, teks ataupun video.
  3. Kalimat Deskriptif. Dalam KBBI, deskriptif adalah memiliki sifat deskripsi, artinya dapat menggambarkan dengan jelas dan terperinci. Dalam iklan mesti menggunakan kalimat yang menggambarkan kelebihan dan keunggulan produk dengan jelas dan terperinci. Hal ini bertujuan agar khalayak, pembaca atau pembeli produk cenderung dapat memahami kelebihan dan kegunaan dari produk tersebut.
  4. Kalimat Persuasif. Kalimat Teks persuasi adalah paragraf yang berisi pernyataan untuk mendorong seseorang mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis. Teks persuasi bersifat ajakan, maka pernyataannya cenderung untuk mempromosikan sesuatu.
  5. Menarik Perhatian untuk mempromosikannya. Untuk mempromosikan sesuatu agar mendapatkan perhatian khalayak, pembaca atau pembeli, Iklan harus dibuat dengan menggunakan ide-ide yang kreatif. Artinya, jika iklan sebuah produk terlihat unik dan menghibur, maka akan banyak pembaca atau pembeli yang memberi perhatian dan atensi terhadap promosinya.



SLOGAN

Slogan adalah kata atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan. Slogan lebih mengutamakan kepadatan makna dan kehematan kata-kata.


Pada umumnya Slogan disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.


Agar pesan tersampaikan kepada khalayak atau masyarakat maka diperlukan unsur-unsur pembentuk Slogan.


Unsur-unsur

Adapun unsur-unsur dalam membuat Slogan yang Baik untuk Menarik Minat Masyarakat agar mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis diantaranya adalah:
  1. Kata-katanya singkat, menarik, dan mudah diingat;
  2. Disajikan dalam bentuk frasa, klausa, teks atau kalimat; dan
  3. Merupakan semboyan suatu organisasi atau masyarakat.


Baca: APA PERBEDAAN ANTARA IKLAN KOMERSIAL DAN NON-KOMERSIAL

POSTER

Poster adalah plakat yang terdiri dari kata-kata dan gambar yang memberitahukan suatu ide dan hal penting terhadap masyarakat.


Pada umumnya Poster disampaikan melalui media massa, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet.


Agar pesan tersampaikan kepada khalayak maka diperlukan unsur-unsur pembentuk Poster.


Unsur-unsur

Adapun unsur-unsur dalam membuat Poster yang Baik untuk Menarik Minat Masyarakat agar mengikuti apa yang diinginkan oleh penulis diantaranya adalah:
  1. Bahasa yang digunakan jelas. Hal ini penting agar informasi yang ada di dalam poster bisa tersampaikan pada khalayak ramai. Jika bahasa yang digunakan berbelit-belit dan tidak jelas, maka isi informasi mungkin tidak akan tersampaikan. Pesan dalam poster harus dapat merepresentasikan keseluruhan informasi yang ingin disampaikan.
  2. Memiliki sasaran. Sebuah poster harus memiliki target dan sasaran yang jelas. Sasaran ini digunakan untuk mengidentifikasi target audiens yang ingin dituju, contohnya untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, warga perkotaan, dan sebagainya.
  3. Menggunakan jenis huruf yang mudah dibaca. Sebagai media visual, tentu sebuah poster harus bisa menarik agar orang tidak bosan melihatnya. Jenis huruf yang digunakan harus terlihat menarik, namun tetap jelas sehingga mudah dibaca. Ukurannya pun harus sesuai dan harus dipastikan tetap bisa dibaca.
  4. Memilih warna yang menarik. Poster memang harus bisa menarik. Salah satu caranya adalah dengan pemilihan warna yang tepat. Menggunakan warna mencolok jadi salah satu opsi, meski harus diperhatikan juga dari sisi estetikanya. Unsur warna ini memengaruhi audiens secara subjektif, sehingga penting untuk bisa memilih warna yang tepat dan tidak asal pilih.
  5. Mengkombinasi dengan gambar pendukung. Adanya gambar pendukung akan lebih memudahkan khalayak memahami informasi poster. Selain itu adanya gambar akan menambah daya tarik poster.
  6. Perlu logo dan nama perusahaan. Hal ini cukup penting agar poster menjadi jelas dan khalayak bisa mengetahui siapa yang menghasilkan produk barang maupun jasa tersebut sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pembaca.


Baca: PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI REKLAME, IKLAN, EMBALASE, SPANDUK, POSTER DAN CONTOHNYA

APAKAH IKLAN, SLOGAN DAN POSTER SAMA ATAU BERBEDA?

Persamaan

Baik iklan, slogan dan poster merupakan teks persuatif yang isinya mengandung pesan kepada khalayak. Iklan, slogan dan poster adalah sama-sama berfungsi dalam membujuk khalayak supaya berbuat sesuatu, entah membeli atau menurutinya untuk berbuat sesuatu.


Perbedaan

Iklan:

  • berupa pemberitahuan tentang produk yang akan dijual ke masyarakat
  • bentuknya yaitu video, audio atau bisa juga tulisan di media cetak
  • selalu menonjolkan kelebihan produk yang dipromosikan
  • sebisa mungkin merayu penonton agar membeli produk yang dipromosikan



Slogan:

  • bentuknya berupa kata atau kalimat
  • bisa ditampilkan dimana saja tanpa adanya batasan media
  • bisa ditaruh di poster dan iklan sebagai pelengkap
  • terdiri dari kalimat yang singkat dan memiliki makna yang menarik



Poster:

  • dipasang di tempat umum yang bisa dilihat banyak khalayak
  • bentuknya yaitu kertas berukuran besar
  • ditampilkan dengan gambar dan tulisan yang menarik
  • berupa ide, gagasan atau pesan penting yang isinya mengandung pesan kepada khalayak lain.



Jadi itulah penjelasan ketiga kategori periklanan tersebut di pengertianartidefinisidari.blogspot.com.

Post a Comment for "APA YANG DIMAKSUD DENGAN IKLAN, SLOGAN DAN POSTER?"