PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI ALUR PEMBELAJARAN (AP) PADA KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK
Alur Pembelajaran (AP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP (Capaian Pembelajaran).Pada Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak, Capaian Pembelajaran (CP) berarti kompetensi yang diharapkan dapat dicapai oleh siswa di akhir fase. CP terdiri dari 6 fase (A-F) atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA). Fase tersebut adalah: Fase A (kelas 1 –2), Fase B (kelas 3 –4), Fase C (kelas 5-6), Fase D (kelas 7-9), Fase E (kelas 10), dan Fase F (kelas 11 –12).
Alur Pembelajaran disusun untuk menjadi rangkaian tujuan pembelajaran sejak awal hingga akhir setiap fase dari suatu Capaian Pembelajaran. Alur ini menjadi panduan guru dan siswa untuk mencapai CP (Capaian Pembelajaran) di akhir fase tersebut. Dalam penyusunan tujuan pembelajaran harus disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu.
Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Pendidik dan satuan pendidikan dapat menggunakan berbagai strategi untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pada kurikulum sekolah penggerak dalam penerapan Kurikulum merdeka.Untuk penerapan TP dan ATP pada kurikulum sekolah penggerak, maka alur-alur yang dipetakan mesti memenuhi kriteria sebagai berikut:
- Tujuan Pembelajaran yang ideal terdiri dari dari 2 komponen berikut:
- Kompetensi yaitu kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemonstrasikan oleh peserta didik yang menunjukkan peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
- Konten yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami di akhir satu unit pembelajaran.
- Kriteria Alur Tujuan Pembelajaran:
- Menggambarkan urutan pengembangan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik
- ATP dalam satu fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang linear dari awal hingga akhir fase.
- ATP pada keseluruhan fase menggambarkan cakupan dan tahapan pembelajaran yang menggambarkan tahapan perkembangan kompetensi antarfase dan jenjang.
Catatan pengertianartidefinisidari.blogspot.com:
- Guru berhak untuk menyusun alur pembelajaran masing-masing, yang terdiri dari rangkaian tujuan pembelajaran.
- Pemerintah menyediakan beberapa set alur untuk digunakan sebagai contoh pengembangan kurikulum yang siap digunakan satuan pendidikan, dan panduan untuk penyusunan perangkat ajar.
- Alur tujuan pembelajaran harus mencakup kompetensi, konten dan variasi. Adapun yang dimaksud kompetensi adalah kemampuan yang dapat didemontrasikan atau dikuasi oleh peserta didik. Konten adalah materi atau konsep utama yang perlu dipahami peserta didik di akhir satu unit pembelajaran. Sedangkan yang dimaksud variasi adalah keterampilan berpikir yang perlu dikuasai siswa untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Contoh ATP
Berikut merupakan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada pelajaran Bahasa Indonesia Fase E kelas 10.Capaian Pembelajaran(CP):
Pelajar memahami ide pokok dan ide perinci serta mengenali akurasi informasi dalam paparan lisan, menjelaskannya kembali, menganalisisnya, serta menyampaikan pendapatnya menggunakan pengetahuan yang diperolehnya dari informasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Pelajar juga membaca dengan fasih dan memahami kata-kata baru dalam konteks yang spesifik, serta mengenali akurasi informasi dalam bacaan. Pelajar menuliskan tanggapannya terhadap bacaan menggunakan Pengetahuan yang diperolehnya dari bacaan lain. Pelajar menulis riset sederhana terkait topik yang dikenali menggunakan rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan dan metodologi sederhana.Tujuan Pembelajaran (TP):
TP 10.1:Pelajar menemukan ide pokokdan ide perinci serta menjelaskan kembali isi / informasi dengan kata-kata sendiri setelah menyimak diskusi dan paparan lisan orang lain terkait dengan topik yang dikenali.
TP 10.2:
Pelajar mengidentifikasi dan menjelaskan arti kata-kata jarang muncul (low-frequency words) dan kata-kata baru dalam bacaan, serta menggunakan kata-kata tersebut dalam konteks yang spesifik yang dikenali
TP 10.3:
Pelajar menerapkan norma kesopanan (sikap), dan menggunakan kata-kata / diksi sesuai konteks budaya dan konteks bahasa lisan, serta menghargai penjelasan lawan bicara pada saat berdialog atau berdiskusi untuk menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
TP 10.4:
...........................DST
Demikianlah artikel tentang Tujuan Alur Pembelajaran pada implementasi kurikulum sekolah penggerak untuk penerapan Kurikulum Merdeka yang dapat dibagikan pengertianartidefinisidari.blogspot.com!!!
Post a Comment for "ALUR PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK"