Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka yang digagas Kemendikbudristek, kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran adalah dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Adapun pencapaiannya mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
Ada banyak hal yang perlu diketahui dibalik pengertian capaian pembelajaran (CP). Oleh karena itu dalam upaya mempertegas pengertian tersebut pengertianartidefinisidari.blogspot.com akan mencoba memberikan pengertian capaian pembelajaran menurut pendapat para ahli.
Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.
Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran.
Dari definisi diatas dapat dikatakan bahwa pada hakekatnya Capaian pembelajaran (learning outcomes) adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
Ada banyak hal yang perlu diketahui dibalik pengertian capaian pembelajaran (CP). Oleh karena itu dalam upaya mempertegas pengertian tersebut pengertianartidefinisidari.blogspot.com akan mencoba memberikan pengertian capaian pembelajaran menurut pendapat para ahli.
1 Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran (CP) Capaian pembelajaran secara umum bisa diartikan sebagai pengganti KI - KD di Kurikulum 2013 akan tetapi capaiannya dikelompokkan per Fase. Untuk jenjang fase pada tingkatan SD/MI di bagi kedalam tiga fase yaitu Kelas 1 dan 2 Fase A, Kelas 3 dan 4 Fase B Serta Kelas 5 dan 6 Fase C. Untuk jenjang fase pada tingkatan SMP/MTs di bagi kedalam satu fase yaitu Kelas 7, 8, dan 9 Fase D. Sementara Untuk jenjang fase pada tingkatan SMA/MA di bagi kedalam dua fase yaitu Kelas 10 Fase E Serta Kelas 11 dan 12 Fase F.1.1 Pengertian Capaian Pembelajaran Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah definisi Capaian pembelajaran menurut para ahli. Antara lain;1.1.1 Platform Merdeka Mengajar (2022)
Menurutnya, memberikan pengertian bahwa Capaian Pembelajaran adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai murid pada setiap fase perkembangan, yang dimulai dari fase Fondasi pada PAUD. Capaian Pembelajaran (CP) mencakup sekumpulan kompetensi dan lingkup materi, yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi.Capaian Pembelajaran untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) terdiri atas satu fase, yaitu fase Fondasi.
Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah terdiri dari 6 fase (A–F), atau tahapan yang meliputi seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SDLB, SMPLB, SMALB, Paket A, Paket B, dan Paket C). Capaian Pembelajaran untuk pendidikan dasar dan menengah juga disusun untuk setiap mata pelajaran.
1.1.2 Butcher dan Highton (2006)
Menurutnya, definisi Capaian Pembelajaran, bersama dengan kriteria penilaian, dapat menentukan persyaratan untuk pemberian kredit.1.1.3 Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012
Peraturan Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, pasal 1 ayat (2), menjelaskan bahwa capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, ketrampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.1.1.4 Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022
Menurutnya, arti Capaian pembelajaran dalam kurikulum merdeka adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase, dimulai dari Fase Fondasi pada PAUD. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, disusun setiap mata pelajaran.1.1.5 UNESCO Institute of Statistics
Arti Capaian pembelajaran dengan mendukung strategi nasional untuk pencapaian pembelajaran dan mengembangkan indikator dan alat metodologis yang sebanding secara internasional untuk mengukur kemajuan menuju target utama Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 4.The Global Alliance to Monitor Learning (GAML) is designed to improve learning outcomes by supporting national strategies for learning assessment and developing internationally-comparable indicators and methodological tools to measure progress towards key targets of Sustainable Development Goal 4
Dari definisi diatas dapat dikatakan bahwa pada hakekatnya Capaian pembelajaran (learning outcomes) adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar. Capaian pembelajaran adalah kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja.
Post a Comment for "5 Pengertian Capaian Pembelajaran Menurut Para Ahli"