Pengertian Literasi dan Numerasi

Menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature'dan bahasa inggris 'letter'


Pengertianartidefinisidari.blogspot.com-Literasi dan Numerasi adalah dua istilah yang familiar bagi banyak insan pendidikan. Literasi Numerasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang.

Baca juga: Pengertian Literasi

Menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature'dan bahasa inggris 'letter'. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)."


Sejalan dengan pendapat di atas, Tim Usaid Prioritas (2015:3) menyatakan bahwa literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya.


Selanjutnya, Kemdikbud dalam modul belajar literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar (2021) mengartikan literasi secara sempit, yaitu literasi sebagai kemampuan membaca dan menulis dan Numerasi sebagai kemampuan mengaplikasikan konsep dan kaidah matematika dalam situasi nyata sehari-hari. Hal ini sejalan dengan pendapat Grabe & Kaplan (1992) dan Graff (2006) yang mengartikan literacy sebagai kemampuan untuk membaca dan menulis (able to read and write).


Itulah pambahasan tentang paradigma literasi numerasi dan yang saat ini diimplementasikan pada kurikulum merdeka untuk Mewujudkan Karakter Pelajar Pancasila, sebagaimana program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).


Ayo tingkatkan literasi dan numerasi sebagai budaya mencerdaskan generasi bangsa


(Penulis Admin, pengertianartidefinisidari.blogspot.com)

Sumber: berbagai sumber

Post a Comment for "Pengertian Literasi dan Numerasi"