APA ITU TANTRUM TEMPER DAN JENISNYA

Mengutip dari wikipedia.org, Arti tantrum adalah ledakan emosi. pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Temper tantrum dapat dialami oleh semua orang baik itu dewasa maupun anak-anak. Tantrum temper selalu dikaitkan dengan kesulitan emosional dengan ditandai sikap yang keras kepala, menjerit, menangis, membangkang, marah, resistensi terhadap upaya untuk menenangkan dirinya.


Orang yang mengalami tantrum temper biasanya akan lepas kendali bahkan berantakan, hal ini disebabkan karena tidak terpenuhi keinginannya. Biasanya untuk melampiaskan rasa frustasinya, dengan mengamuk, sehingga menimbulkan banyak ketegangan.


Pengidap tantrum kerap kali melakukan cara menjerit sambil menangis dengan sekuatnya, berguling bahkan bergerak liar, memukul, menendang dan lainnya. Pelampianan inilah yang kemudian menjadikan tantrum temper yang dialami seseorang harus benar-benar diawasi serta diatasi, agar tantrum yang dialami oleh orang tersebut dapat berkurang.


Tantrum yang terjadi jika dibiarkan akan sangat membahayakan orang lain bahkan dirinya sendiri, jadi sangat penting perang keluarga maupun orang sekelilingnya dalam membantu mengontrol tantrum temper yang terjadi pada seseorang.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Definisi Tantrum Temper Berdasarkan Usia

Tantrum pada anak.

Tantrum yang terjadi dimulai pada anak merupakan perilaku bermasalah, akan tetapi akan cenderung menurun dalam frekuensi dan intensitas ketika anak tumbuh. Frekuensi serta intensitas menurun ketika tantrum anak diarahkan dan dibimbing melalui parenting yang tepat, akan tetapi hal ini tidak berlaku jika anak tentrum temper dibiarkan begitu saja tanpa mendapat pendidikan serta bimbingan orangtua.

Jika dilihat dari penyebab tantrum temper pada anak, karena ada hal yang membuatnya frustasi, seperti:
  • Tidak mendapat perhatian dari orang sekitarnya temasuk orangtua.
  • Tidak mengetahui apa yang diinginkannya.
  • Tidak mampu menjelaskan apa yang diinginkannya.
  • Menginginkan oranglain melakukan sesuatu, akan tetapi orang tersebut tidak memenuhinya.
  • Anak merasa bosan.
  • Anak dalam keadaan sakit.
  • Meniru yang dilihat dari lingkungannya dalam melampiaskan amarah.
  • Dan lain sebagainya.

Tantrum pada orang dewasa.

Biasanya tantrum temper pada orang dewasa kerapkali terjadi ketika seseorang mengalami ketidakpuasan terhadap dirinya, yang kemudian dilampiaskan melalui amarah yang sangat meledak-ledak. Ketidakpuasan terhada apa yang didapatnya bisa berupa ketampanan maupun kecantikan ataupun hal-hal terkait yang diinginkan orang tersebut.


Jenis Temper Tantrum


Ada 3 Jenis tantrum temper, dan jenisnya adalah:

1. Manipulative Tantrum.

Manipulative tantrum terjadi apabila seorang anak maupun seseorang tidak memperoleh apa yang diinginkannya, dan perilaku ini akan berhenti saat keinginannya terpenuhi atau dituruti.

2. Verbal Frustration Tantrum.

Tantrum temper ini terjadi apabila anak tahu apa yang ia inginkan akan tetapi dia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan keinginannya secara jelas. Pada kejadian seperti ini anak akan mengalami frustasi.
Tantrum dengan jenis ini akan menghilang sejalan dengan peningkatan kemampuan komunikasi anak, karena dalam masa pertumbuhan serta perkembangan anak, dia akan melewati masa ini ketika kemampuan anak dalam berkomunikasi meningkat.

3. Tempramental Tantrum.

Tempramental tantrum kerap terjadi ketika tingkat frustasi anak maupun seseorang mencapai tahap yang sangat tinggi, sehingga orang tersebut sangat tidak terkontrol dan sangat emosional. Pada tantrum jenis ini, anak maupun orang dewasa akan sulit untuk berkonsentrasi untuk dapat mengontrol dirinya sendiri.


Demikian artikel tentang apa yang dimaksud dengan tentrum temper dan jenis-jenisnya dalam penjelasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "APA ITU TANTRUM TEMPER DAN JENISNYA"