PERTANIAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN ARTI DEFINISI DARI PERTANIAN

pengertianartidefinisidari.blogspot.com, Jakarta: Pertanian atau agriculture berasal dari kata ager dan cultura. Ager artinya tanah, atau ladang, atau lapangan. Pertanian adalah kegiatan manusia dalam pemanfaatan sumber daya hayati untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Dan Pengertian Pertanian dalam arti luas adalah semua yang mencakup kegiatan pertanian (tanaman pangan dan hortikultura), perkebunan, kehutanan, dan peternakan, perikanan.Pertanian dalam arti sempit adalah suatu budidaya tanaman kedalam suatu lahan bertujuan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Berikut adalah pengertian arti definisi dari pertanian menurut persepsi para pakar dan ahli agriculture yang dirangkum pengertianartidefinisidari.blogspot.com:

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

ARTI PERTANIAN MENURUT MOSHER (1966)

Mosher berpendapat bahwa pertanian adalah suatu bentuk produksi yang khas, yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan dalam suatu usaha tani, dimana kegiatan produksi merupakan bisnis, sehinggga pengeluaran dan pendapatan sangat penting artinya.


ARTI PERTANIAN MENURUT VAN AARSTEN (1953)

Aarsten bahwa Pertanian atau agriculture adalah digunakannya kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan atau hewan yang pada mulanya dicapai dengan jalan sengaja menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam guna mengembangbiakkan tumbuhan dan atau hewan tersebut.


ARTI PERTANIAN MENURUT DAVID RAY GRIFFIN

David Ray Griffin berpendapat bahwa pertanian adalah masalah yang paling disalahpahami, rumit, terabaikan, dan tidak diinginkan


ARTI PERTANIAN MENURUT Y.W. WARTAYA WINANGUN

Pendapat Y.W. Wartaya Winangun tentang definisi dari pertanian adalah adalah hal yang substansial dalam pembangunan, yaitu sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan mentah untuk industri, penyedia lapangan kerja, dan penyumbang devisa negara


ARTI PERTANIAN MENURUT MOSHER

Mosher berpendapat bahwa pengertian arti definisi dari pertanian adalah suatu bentuk produksi yang khas, yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan dalam suatu usaha tani, dimana kegiatan produksi merupakan bisnis, sehinggga pengeluaran dan pendapatan sangat penting artinya.


ARTI PERTANIAN MENURUT SPEDDING

Spedding mengungapkan pendapatnya mengenai pertanian, dimana ia mendefinisikan pertanian berarti dalam pandangan modern merupakan kegiatan manusia untuk manusia dan dilaksanakan guna memperoleh hasil yang menguntungkan sehingga hams pula meliputi kegiatan ekonomi dan pengelolaan di samping biologi.


ARTI PERTANIAN MENURUT INDIANTO MU'IN

Indianto Mu’in berpendapat bahwa pengertian arti definisi dari pertanian adalah kegiatan ekonomi utama penduduk Indonesia, sebab lebih dari 80% penduduk bekerja pada sektor pertanian.


ARTI PERTANIAN MENURUT SRI SULESTARI

Sri Sulestari berpendapat bahwa pertanian memiliki pengertian arti definisi dari adalah jenis usaha yang menenkankan pada pengolahan tanah dan tanaman yang ditanam berupa tanaman pangan.


ARTI PERTANIAN MENURUT WORLD BANK

World Bank, berpendapat bahwa pertanian merupakan pemakai air terbanyak yang mempunyai andil peda terjadinya kelangkaan air. Pertanian merupakan salah satu pelaku utama dalam pengurasan air tanah, polusi agrokimia, keletihan tanah, dan perubahan iklim global, serta penyumbang hingga 30% dari emisi gas rumah kaca.


ARTI PERTANIAN MENURUT KARWAN A. SALIKIN

Salikin berpendapat bahwa pertanian adalah bagian agroekosistem yang tak terpisahkan dengan subsistem kesehatan dan lingkungan alam, manusia dan budaya saling mengait dalam suatu proses produksi untuk kelangsungan hidup bersama.


Demikianlah artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com terkait Pertanian atau agriculture yang berasal dari kata ager dan cultura. Tentu banyak sekali persepsi ahli-ahli lebih lengkap yang bisa dijadikan referensi pengunjung blog pengertian arti definisi dari, namun semoga ini dapat mewakilinya.

Post a Comment for "PERTANIAN MENURUT PARA AHLI"