ARTI, UNSUR, TUJUAN DAN MANFAAT DARI ORGANISASI

Pengertian dan Definisi Organisasi - Menurut Stoner, Organisasi adalah suatu pola hubungan orang-orang yang berada di bawah pengarahan manajer/pimpinan untuk mengejar tujuan bersama. Dan berdasarkan James D. Mooney, arti organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Organisasi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

  1. Organisasi Formal. Merupakan kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar, serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
  2. Organisasi Informal. Adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terlibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak SD dan lain-lain.

Berdasarkan dari pengertian organisasi formal dan informal diatas, dapat disimpulkan bahwa organisasi formal lebih memiliki kecenderungan dilakukan atas dasar kesadaran, akan tetapi organisasi informal adalah sebaliknya.

Unsur-unsur Organisasi

Sekumpulan dua orang atau lebih bisa dikatakan berorganisasi dapat dilihat dari ciri-cirinya, dan ciri tersebut harus memenuhi beberapa unsur, seperti:

1. Tempat maupun wadah untuk bekerjasama.

Organisasi merupakan suatu wadah, dimana dua orang atau lebih berkumpul bersama dalam pencapaian suatu tujuan yang telah ditetapkan, dan melalui organisasi inilah setiap orang yang tergabung didalamnya saling bahu-membahu serta melakukan kerjasama antara satu dengan lainnya dalam hal kerjasama untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut.

2. Proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.

Dalam suatu organisasi, selain dijadikan suatu wadah untuk melakukan kerjasama antara satu orang dengan lainnya sehingga terjadi aktivitas team work dalam suatu organisasi. Seiring dengan perjalanan waktu, organisasi tentunya dapat berubah, baik itu dari segi tempat kejasama dan juga dari prosesnya.

Ketika hubungan antara dua orang atau lebih, maka harus didukung dengan satu pandangan terhadap organisasi yang berjalan. Organisasi dapat dikatakan sukses dalam penerapannya, maka yang diperlukan visi dan misi organisasi.

3. Kedudukan harus jelas secara tugasnya.

Ketika akan melakukan ataupun merubah mindset dalam organisasi, maka sangat diperlukan tugas dan tanggung jawab dalam mempersiapkan suatu organisasi. Hal ini HARUS dilakukan untuk menghindari penumpukan pekerjaan ataupun ketidakseimbangan terhadap pembagian tugas dan tanggung jawab, yang akhirnya akan menimbulkan ketidakpercayaan anggota dari organisasi terhadap kepemimpinan maupun kebijakan yang diterapkan.

4. Memiliki tujuan jelas.

Visi dan misi sebuah organisasi harus dapat diukur dan hal ini berfungsi untuk memastikan bahwa perencanaan yang dibuat berdasarkan tujuan dari organisasi dan tidak menyebar ataupun kurang fokus. Tolak ukur sebuah tujuan organisasi melalui key performence indikator (KPI) dan KPI harus dirancang oleh stakeholder maupun pucuk dari level organisasi, yang kemudian rancang sebuah perencanaan yang bertujuan untuk pencapaian dari goal organisasi tersebut.

Pentingnya mengikutsertakan anggota dari organisasi dalam mengeksekusi serta mendukung perencanaan yang dibuat berdasarkan tujuan dari organisasi, akan terlihat sangat jelas untuk setiap anggota. Dan hal ini akan membuat kepercayaan diri anggota dari organisasi terjaga bahkan meningkat, apabila tujuan dari organisasi perusahaan dibuat sejelas mungkin, dengan perencanaan yang matang dan timeline yang telah ditentukan.

Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai, dan tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network), kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan (regulation) yang telah ditetapkan.


Manfaat Organisasi

Sebuah organisasi tidak hanya harus memiliki tujuan, akan tetapi juga harus memiliki manfaat terutama bagi anggotanya. Salah satu manfaat yang bisa di dapat dari sebuah organisasai adalah membentuk mental individu yang berani dalam mengungkapkan pendapat di depan umum, bertukar pikiran, kerjasama dalam sebuah tim untuk dapat tercapai tujuan dari organisasi tersebut.

Adapun manfaat yang didapat dari sebuah organisasi, adalah melatih leadership, memperluas relasi dan pergaulan, pembelajaran kerja yang sesungguhnya, pembentukan terhadap karakteristik seseorang, peningkatan terhadap wawasan serta pengetahuan seseorang, mampu menghadapi segala tekanan yang diberikan, serta mampu mendesain serta menciptakan management waktu.

Post a Comment for "ARTI, UNSUR, TUJUAN DAN MANFAAT DARI ORGANISASI"