TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 7 Bab 4. berikut adalah Rangkuman untuk jawaban soal teks laporan hasil observasi tersebut di pengertianartidefinisidari.blogspot.com, teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu.


Adapun Kriteria-kriteria yang dimaksud adalah:
  • Isi yang dibahas adalah ilmu tentang suatu objek/konsep.
  • Objek yang dibahas bersifat umum sehingga menjelaskan ciri umum.
  • Bertujuan menjelaskan dari sudut pandang ilmu.
  • Objek atau hal dibahas secara sistematis dari sudut ilmu.
  • Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berfungsi untuk memberiakn informasi tentang sutu objek atau situasi, setelah diadakannya investigasi/penelitian secara sistematis.
  • Teks laporan hasil observasi menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa adanya lalu dikelompokkan dan dianalisis secara sistematis.
  • Teks laporan hasil observari biasanya dengan fakta fakta yang bias dibuktikan secara ilmiah.



Selain jenis-jenis berdasarkan kriteria sesuatu Struktur juga perlu didefinisikan sebagaimana Struktur-Struktur berikut.
  • pernyataan umum (klasifikasi dan definisi), deskripsi bagian, simpulan.
  • Pernyataan umum berisi definisi, kelas/kelompok, keterangan umum, atau informasi tambahan tentang subjek yang dilaporkan.
  • Deskripsi bagian berisi perincian bagian bagian hal yang dilaporkan.
  • Simpulan berisi ringkasan umum hal yang dilaporkan (boleh ada dan tidak ada).



Adapun teks yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi) memiliki ciri-Ciri umum adalah sebagai berikut:
  • Mengandung fakta.
  • Bersifat objektif.
  • Ditulis sempurna dan lengkap.
  • Tidak memasukkan unsur-unsur yang menyimpang, mengandung prasangka atau pemihakan mengandung prasangka, atau pemihakan.
  • Disajikan secara menarik, tatas bahasa jelas, isinya berbobot, dan susunan logis.
  • Teks laporan sering dimulai dg kalimat definisi tentang penggolongan atau klasifikasi. seperti contoh: (a) Mamalia adalah binatang yang menyusui. atau (b) “Kucing besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging.
  • Dalam laporan observasi sering digunakan kelompok nomina (kata benda) dengan penjenis dan kelompok nomina dengan pendeskripsi.
  • Kelompok nomina dengan penjenis tidak bisa disisipi oleh kata apa pun. Kedua kata itu harus saling berdekatan.
  • Kelompok nomina dengan pendeskripsi dapat disisipi, misalnya dengan kata penyangat, seperti sangat atau terlalu dan kata pewatas seperti yang disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis. (Baca: PENGERTIAN KATA BAKU, KATA TIDAK BAKU, DAN KATA SERAPAN BESERTA CONTOHNYA)



Setelah menjawab soal ciri-ciri teks laporan hasil observasi tersebut, lalu bagaimana Langkah-langkah penyusunan teks laporannya, agar lebih mudah, silahkan baca penjabarannya di pengertianartidefinisidari.blogspot.com;

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Langkah-langkah penyusunan teks laporan hasil observasi

Untuk membuat teks laporan hasil observasi agar lebih mudah, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Melakukan observasi objek penelitian yang akan dijadikan judul laporan.
  2. Menentukan judul laporan yang baik dan benar sesuai dengan pengamatan yang dilakukan.
  3. Menusun kalimat pembuka.
  4. Menusun isi laporan yang berisi gagasan atau ide pokok dan saran yang disertai alasan terhadap laporan hasil pengamatan.
  5. Menulis kalimat penutup.



Selain Langkah-langkah teks laporan hasil observasi untuk penyusunan atau pembuatannya setiadaknya anda harus melihatkan 5W + 1 H dengan uraian pengertianartidefinisidari sebagai berikut:
  • What (apa) berkaitan dengan peristiwa/observasi yang terjadi.
  • Who (siapa) berkaitan dengan pelaku peristiwa/observasi.
  • When (kapan) berkaitan dengan waktu peristiwa/observasi terjadi.
  • Where (dimana) berkaitan dengan tempat di mana peristiwa/observasi terjadi.
  • Why (mengapa) berkaitan dengan latar belakang terjadinya peristiwa/observasi.
  • How (Bagaimana) berkaitan dengan proses terjadinya peristiwa.



Agar lebih mempermudah, sebagai contoh observasi dalam teks laporan hasil siswa Pelajaran Kelas 7 SMP/MTS tentang peristiwa/observasi tentang sampah di lingkungan sekolah sebagai berikut.


Contoh Teks Laporan Hasil Observasi tentang sampah di lingkungan sekolah

Sampah

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah dapat bersumber dari alam, manusia, konsumsi, nuklir, industri, dan pertambangan. Sampah di bumi akan terus bertambah selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh baik alam maupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia mencapai 11.330 ton per hari. Sampah dapat dibedakan berdasarkan sifat dan bentuknya.


Berdasarkan sifatnya, sampah bibagi menjadi dua, yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang dapat diuraikan atau degradable.


Contoh sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah menjadi kompos. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah diuraikan atau undegradable


Contoh sampah anorganik adalah sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik, kayu, kaca, kaleng, dan sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry untuk mengurangi jumlah sampah serta dijadikan sebagai peluang usaha. Berdasarkan bentuknya, sampah dapat dibedakan menjadi sampah padat, cair, alam, konsumsi, manusia dan radioaktif.


Sampah padat adalah sampah yang berwujud padat. Sampah padat dapat berupa sampah rumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas dan lain-lain. Sampah organik dan anorganik termasuk sampah padat. Sampah ini dapat dibedakan berdasarkan kemampuan diurai oleh alam atau biodegrability menjadi sampah padat biodegradable (sampah yang dapat diuraikan oleh proses biologi) dan sampah padat non-biodegradable (tidak dapat diuraikan oleh suatu proses biologi. Sampah padat non-biodegradable ada dua jenis yaitu recyclable (dapat diolah kembali) dan non-recyclable (tidak dapat diolah kembali).


Sampah Cair adalah bahan cairan yang telah digunakan dan tidak diperlukan lagi seperti limbah. Limbah adalah sampah cair yang dihasikan dari aktivitas industri. Limbah dapat dibagi menjadi dua yaitu limbah hitam dan limbah rumah tangga. Limbah hitan adalah sampah cair yang mengandung patogen berbahaya yang berasal dari toilet, sedangkan limbah rumah tangga adalah sampah cair yang dihasiklan dari dapur, kamar mandi, dan tempat cucian.


Sampah alam merupakan sampah yang diproduksi oleh alam dan diuraikan melalui proses daur ulang alami. Contoh dari sampah alam adalah daun kering di hutan yang terurai menjadi tanah. Sampah manusia adalah istilah yang digunakan terhadap hasil-hasil pencernaan manusia, seperti feses dan urin. Sampah manusia dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia karena dapat dikatakan sebagai sarana perkembangan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.


Sampah konsumsi merupakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan konsumsi manusia dan dibuang ke tempat sampah. Jumlah sampah konsumsi sampai sekarang tidak melebihi jumlah sampah industri. Limbah radioaktif adalah sampah nuklir yang merupakan hasil dari fusi nuklir dan fisi nuklir yang menghasilkan uranium dan thorium. Limbah radioaktif berbahaya bagi lingkungan sekolah dan kehidupan manusia karena menghasilkan radiasi yang berdampak buruk terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu sampah nuklir disimpan ditempat-tempat yang tidak berpotensi tinggi.




Demikianlah simpulan Apa yang dimaksud dengan teks laporan hasil observasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas 7 Bab 4 Menyibak Ilmu dalam laporan Hasil Obeservasi sebagai Rangkuman untuk jawaban soal teks laporan hasil observasi tersebut di artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com, jadi sudah siapkan kamu melakukan beragam observasi-observasi dalam menyelesaikan tugas sekolah kamu?

Post a Comment for "TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI"