DEFINISI SERTA FUNGSI SISTEM KANBAN

Pengertianartidefinisidariblogspotcom Kanban - Menurut Ohno, kanban adalah suatu alat untuk mengendalikan produksi yang digunakan dalam mengendalikan setiap aliran material melalui sistem produksi JIT dengan menggunakan kartu-kartu untuk memerintahkan suatu work center memindahkan dan menghasilkan material atau komponen tertentu.


Istilah kanban merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang yang yang memiliki arti serupa dengan visible record or signal. Kanban adalah suatu alat untuk mencapai produksi Just In Time (JIT) dan kanban ini umumnya digunakan untuk mengontrol inventory dari perusahaan sehingga mengurangi pemborosan maupun penumpukan dalam satu area produksi di sebuah perusahaan manufacturing.


Sistem kanban adalah suatu sistem informasi yang secara serasi mengendalikan jumlah produksi dalam setiap proses. Dalam penerapan kanban system, umumnya kanban menggunakan kartu, dan kartu tersebut terdiri dari dua jenis yaitu kanban perintah produksi dan kanan pengambilan. Menurut Moden, 1995 bahwa kanban pengambilan menspesifikasikan jenis dan jumlah produk yang harus diambil dari proses terdahulu ke proses berikutnya, sementara kanban produksi menspesifikasikan jenis dan jumlah produk yang harus dihasilkan oleh proses terdahulu.


Sedangkan menurut Gasper, 2004, bahwa kanban adalah sistem yang digunakan sebagai tanda atau signal kepada stasiun pemasok bahwa stasiun pengguna sedang membutuhkan material, sehingga stasiun pemasok harus segera mengirim material itu sesuai dengan kebutuhan yang tertera dalam kartu kanban tersebut. Dalam penerapan lean manufacturing kanban system ini diterapkan karena memiliki banyak fungsi terutama pada area produksi.


Fungsi Sistem Kanban

Dalam menerapkan sistem kanban sudah tentu perusahaan mengharapkan manfaat dari kanban tersebut, dan fungsi dari penerapan kanban dalam suatu perusahaan sebagai berikut:
Definisi Serta Fungsi Sistem Kanban



Sebagai Perintah

Seperti diketahui dari pengertian kanban adalah visual berbentuk kartu informasi dan memiliki 2 jenis kartu, yaitu kartu kanban perintah dan kartu kanban produksi. Jadi kanban berlaku sebagai alat perintah antara produksi dan pengiriman. Sebuah komponen perlu diambil, atau perintah pengangkutan dikeluarkan, dengan menginformasikan proses sebelum tempat penyimpanan komponen yang telah diolah, dan menginformasikan proses sesudah tempat komponen yang dibutuhkan.


Pengendalian Melalui Visual Management

Mengendalikan inventory menggunakan sistem kanban sebagai alat untuk pengendalian visual karena bukan saja memberikan informasi numerik, akan tetapi juga sebagai alat informasi fisik dalam bentuk kartu kanban.



Mencegah Produksi Berlebihan

Setiap proses harus dikendalikan secara otonom, untuk memastikan bahwa tiap proses hanya memproduksi produk sesuai dengan permintaan pelanggan. Pengendalian otonom ini menjamin bahwa produksi tidak berlangsung dalam kecepatan produksi yang berlebihan, sehingga akan menimbulkan produksi berlebih maupun inventory dan stok. Sistem kanban juga merupakan mekanisme pengendalian diri sehingga memungkinkan tiap proses melakukan penyesuaian terhadap pasokan untuk jadwal produksi.


Memperbaiki Proses dan Operasi Manual

Sebuah perusahaan menerapkan sistem kanban, yang ditujukan agar dapat membantu perbaikan operasi dalam meningkatkan produktivitas melalui perbaikan berkelanjutan (kaizen) untuk memberikan serta mengurangi pembiayaan produksi yang berlebih baik itu dari sumberdaya meupun material serta area penyimpanan.


Pengurangan Biaya Pengelolaan

Sifat sistem tarik kanban yang dirangkaikan dengan aliran informasi penjualan, berlaku sebagai petunjuk kapan dan berapa banyak bahan yang diperlukan, sehingga tidak diperlukannya atau berkurangnya ketergantungan perusahaan terhadap tenaga ahli peramal yang mengakibatkan meningkatnya cost produksi.


Kesimpulan pengertianartidefinisidari.blogspot.com: Menurut Ohno, bahwa kanban berfungsi untuk memberikan informasi pengambilan dan pengangkutan, memberikan informasi produksi, mencegah kelebihan produksi atau kelebihan pengangkutan, berlaku sebagai perintah kerja yang ditempelkan langsung pada komponen, mencegah produk cacat dengan mengenali proses yang membuat cacat, mengungkapkan masalah yang ada, dan mempertahankan pengendalian persediaan, Sehingga 7 pemborosan dalam penerapan lean maufacturing dapat diminimalisir.

Post a Comment for "DEFINISI SERTA FUNGSI SISTEM KANBAN"