PENGERTIAN ISRA MI'RAJ, TUJUAN SERTA HIKMAHNYA

Pengertian, Definisi Arti - Isra Mi'raj (Arab: الإسراء والمعراج‎, al-’Isrā’ wal-Mi‘rāj) adalah perjalanan yang dilakukan oleh Rasulullah Nabi Muhammad Saw di satu malam hari. Gambaran sejarah secara singkat dapat dilihat di Al-Quran, yaitu Surah Al-Isra karena disana terdapat ayat mengenai peristiwa penting bagi umat Islam ini.


Secara bahasa dan Istilah sebenarnya kata Isra Mi'raj merupakan dua hal yang berbeda. Dimana Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad saw dari Masjidil Haram (Mekah) ke Masjid Al-Aqsa Aqsa (Yerusalem-Palestina/Israel), kemudian dilanjutkan menuju langit ke Sidratul Muntaha atau disebut Mi'raj, dengan tujuan menerima wahyu Allah Swt. Menurut tradisi, perjalanan ini dikaitkan dengan Lailat al Mi'raj, sebagai salah satu tanggal paling penting dalam kalender Islam.


Dari Pengertian Isra Mi'raj, saya coba untuk menulis tentang Tujuan dan Hikmahnya, terutama bagi kita sebelum memperingati Isra Mi raj 2018. Agar lebih bermakna dan bermanfaat, simak ulasan pengertianartidefinisidari.blogspot.com:


Tujuan Isra Mi'Raj

Ada beberapa maksud dan tujuan utama kenapa ada peristiwa Isra Mi'raj yang kemudian diperingati oleh seluruh umat Islam di dunia termasuk Indonesia. Adapun tujuan utamanya:


1. Memuliakan Rosulullah

Isra’ dan Mi’raj bertujuan memuliakan Rasulullah serta meperlihatkan kepadanya beberapa keajaiban ciptaan Allah, sebagaimana firman Allah dalam Al-Qura'an

Artinya: "Agar Kami memperlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda kebesaran Kami" (Q.S. Al-Isra': 1)

Oleh karena itu proses ini tidak serta merta tanpa tujuan, karena proses-proses terjadinya isra mi'raj seperti diungkapkan diatas peristiwa isra mi'raj tidak secara singkat ada proses terlebih dahulu, seperti contoh mulai dari Isra kemudian dilanjutkan ke Mi'raj.


Pengertian Isra Mi'raj, Tujuan serta Hikmahnya

2. Mengokohkan Ketauhidan

Ini merupakan babak baru bagi baginda nabi Muhammad SAW dalam mengokohkan tauhid umat beliau termasuk dirinya. Seperti diketahui sebelum terjadinya peristiwa Isra Mi'raj, Nabi besar Muhammad SAW ditinggal oleh orang-orang yang sangat mendukungnya dalam dakwah Islamiyah.


Allah SWT hendak mempersiapkan babak baru bagi rasul-Nya dalam perjalanan dakwah dengan kondisi tauhid yang prima, dimana keadaan kejiwaan kokoh dan terfokus hanya kepada Allah SWT. Itulah sebabnya Allah berfirman dalam ayat Al-Qur’an:

Artinya:” Adapun musibah yang terjadi itu semua dengan izin Allah. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Allah membimbing hatinya. Dan Allah atas segala sesuatu Maha Kuasa”. (Q.S. At-Taghabun: 11)

Inilah mengapa ayat al quran tentang Isra Mi'raj diatas menegaskan bahwa tiada tempat untuk berserah diri serta ikhlas selain kepada Allah SWT.


3. Menerima Wahyu saat Mi'raj

Ketika Nabi Muhammad SAW berada di atas Sidrat al-Muntaha beliau mendengar kalam Allah yang dzati azali dan abadi, bukan berupa bahasa, huruf dan suara selain Wahyu. Di antara wahyu yang beliau terima ketika itu adalah:
  • Kewajiban sholat 50 kali dalam sehari semalam bagi umatnya. Kemudian terjadilah dialog dengan Nabi Musa yang menganjurkan agar Nabi meminta keringanan kepada Allah dan akhirnya diwajibkan bagi ummat Islam hanya lima kali sholat dalam sehari semalam, namun nilai sekali sholat tersebut sebanding dengan sepuluh kali sholat sehingga lima kali sholat sebanding dengan lima puluh kali sholat. Secara konsep jika dilihat dari peristiwa ini, seharusnya menerima manfaat isra mi'raj sebagai rasa syukur kita bahwa sebagai umat kita diberi keringanan dalam hal ini shalat wajib menjadi 5 waktu.
  • Bahwa Allah akan mengampuni dosa besar yang dilakukan oleh ummat Nabi Muhammad SWA, bagi orang-orang dikehendaki oleh Allah. Sedangkan selain itu, tidak akan pernah diampuni. Dengan begitu sebenarnya kita bisa mengambil Manfaat isra mi'raj ini agar menjadikan hidup lebih berguna serta bermanfaat lagi.
  • Amal kebaikan akan dicatat 10 kebaikan walaupun belum melakukannya (niat). Tetapi apabila seseorang berniat melakukan keburukan dan kemudian melakukannya maka dicatat satu keburukan untuknya. Oleh karena itu makna isra mi'raj akan sangat bermakna terutama bagi umat Islam dalam makna yang lebih spesifik.



Dari 3 tujuan diatas semestinya kita mampu mendalami manfaat memperingati isra mi'raj, karena manfaat-manfaat peringatan Isra Mi raj sebagai tujuan bermakna isra mi'raj dalam kehidupan.

https://pengertianartidefinisidari.blogspot.com/

Hikmah Isra Mir'aj

Hikmah di balik kisah perjalanan Isra Mi'raj nabi Muhammad SAW sebenarnya terdapat banyak hikmah-hikmahnya. Diantaranya:

1. Secara mutlak kita memerlukan petunjuk, bimbingan dan pertolongan dari Allah SWT

Petunjuk, bimbingan dan pertolongan tersebut harus kita minta. Untuk meminta petunjuk, bimbingan dan pertolongan kepada Allah swt. kita harus menghadap dengan cara yang telah ditetapkan dan direstui oleh Allah SWT, yaitu dengan mendirikan shalat menurut ajaran agama Islam.


Salah satu tujuan dari Isra Mi'raj yaitu dapat di ambil kesimpulan sederhana bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan-Nya, ini ditunjukkan dari tujuan-tujuan isra mi'raj yang dilakukan oleh baginda Nabi.


2. Wajib Mengikuti Syariat Islam

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari agar lebih bermakna, kita wajib menta'ati peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh hukum syariat agama Islam. Sejarah singkat isra mi'raj mengajarkan bahwa setiap kebaikan akan mendapatkan pahala yang setimpal begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban untuk mengikuti ajaran Islam.



3. Pentingnya Sebuah Kesehatan

Jika dilihat dari sejarah singkat tentang perayaan isra mi'raj Nabi Muhammad SAW.  Dimana ketika beliau melakukan shalat berjama'ah di masjid Al Aqsha, sebelum naik ke dalam kendaraan interplanet yang akan mengantarkan beliau ke suatu tempat yang telah ditentukan oleh Allah SWT, baginda rosulullah disodori tiga macam minuman oleh malaikat Jibril, yaitu: arak, air dan puan (susu).  Kemudian beliau memilih susu, yang kemudian pilihan beliau tersebut dibenarkan oleh malaikat Jibril.


Hal ini memberi pelajaran kepada kita sekalian, bahwa untuk menjaga stabilitas ketenangan dan ketenteraman jiwa yang menjadi faktor penentu bagi kebahagiaan hidup yang hakiki, seseorang dituntut oleh agama Islam agar selalu menjaga dirinya dengan makanan dan minuman yang halal dan bagus bagi kesehatan tubuh, sebagaimana susu yang halal menurut ajaran agama Islam dan bagus menurut ahli kesehatan karena padat gizi.



Keimpulan Pengertian Isra Mi'raj, Tujuan serta Hikmahnya

Sebaiknya sebelum memperingati Isra Mi'raj dengan membuat sebuah konsep dan tema yang terbaru ada baiknya dalam peringatan Isra Mi'raj juga memberikan sedikit gambaran sejarah singkat isra mi'raj.


Tema-tema tentang mempertebal iman dengan konsep pendekan diri kepada Allah SWT, sebagaimana ayat al quran tentang isra mi'raj mengambarkannya. Tema Isra Mi raj yang mengusung tujuan serta hikmah dalam pembelajaran perjalanan Nabi Muhammad SAW akan lebih bagus di jadikan sebagai manfaat memperingati isra mi'raj.


Bahkan proses terjadinya isra mi'raj tersebut menjadi proses-proses perbaikan diri dalam makna sesungguhnya bagi kita semua. Terutama pada konteks zaman sekarang, banyak sekali manfaat selain dari 3 manfaat memperingati isra mi'raj yang saya sebutkan diatas.


Oleh sebab itu, menjadikan makna memperingatinya bukan sekedar bicara khutbah jumat tujuan isra mi raj. Akan setapi lebih dalam dari makna itu sendiri terhadap diri masing-masing. Maka tidak perlu lagi bertanya "apa makna isra mi'raj bagi umat Islam untuk konteks zaman sekarang?" apabila muslim memahami tujuan yang dijadikan hikmah dari Isra mi'raj


Demikianlah artikel pengertianartidefinisidari.blogspot.com, semoga bermanfaat!

2 comments for "PENGERTIAN ISRA MI'RAJ, TUJUAN SERTA HIKMAHNYA"

  1. Terimakasih fatwanya,sgt bagus sekali ,semoga kita semua dpt memetik hikmahnya,Aamiin yra

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas ilmunya .sukses selalu.

    ReplyDelete